Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Persepsi Awal Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Di Smp Negeri 6 Bitung

Angelina Wurangian, Jeffry Sony Junus Lengkong, Marthinus Krowin

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah dari obyek dan subyek penelitian dan melakukan analisis penggunaan media pembelajaran dan mengetahui persepsi awal perserta didik berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP Negeri 6 Bitung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara pada bulan Juni - Oktober 2023 dan selanjutnya dilakukan persiapan untuk menganalisis data dan menulis laporan hasil penelitian. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 6 Bitung tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah populasi sebanyak 170 orang dan diambil jumlah sampel 105 perserta didik. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan selalu mengasah kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran untuk lebih kreatif maka akan memberikan kontribusi yang positif terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 6 Bitung. Selanjutnya, persepsi awal peserta didik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini juga berarti semakin baik persepsi awal peserta didik, semakin baik dan meningkat pula hasil belajar peserta didik. Kemudian, penggunaan media pembelajaran dan persepsi awal peserta didik secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa jika penggunaan media pembelajaran dan persepsi awal peserta didik cenderung baik maka akan baik pula hasil belajar Bahasa Inggris siswa di SMP Negeri 6 Bitung. Berdasarkan kesimpulan dalam penelitian ini penulis dapat memberikan beberapa saran yaitu guru mata pelajaran hendaknya berkreasi dan lebih inovatif untuk menggunakan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar dikelas, sekolah perlu menyediakan media pembelajaran yang sesuai untuk dapat menunjang proses belajar mengajar di dalam kelas, sekolah sebaiknya melakukan penyaringan terhadap peserta didik yang akan memasuki SMP untuk melihat persepsi awal yang dimilikinya khususnya terkait dengan mata pelajaran bahasa Inggris.
.
Kata kunci : Penggunaan Media, Persepsi Awal Peserta Didik, Smp Negeri 6 Bitung

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


A. Nurhadi, Mulyani, 2013, Administrasi Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Kartika Wilis

Achmad Tabrani, Rusyan, dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

AECT (Association for Educational Communication and Technology). Evaluating Media Programs District and School, Washington, D.C : The Association, 1976.

Ahmad Rivai & Nana Sudjana. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Amir, M. Taufik. 2009. Inovasi pendidikan melalui Problem Based Leraning.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). Taxonomy for learning, teaching and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. New York, NY: Longman.

Arif S. Sadiman, dkk. (2014). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Ary H. Gunawan.(1996). Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Makro). Jakarta: Rineka Cipta.

Bain, Ken, author. (2012). What the best college students do. Cambridge, Massachusetts :The Belknap Press of Harvard University Press,

Benson, P. (2011). Teaching and researching autonomy in language learning. Routledge

Darling-Hammond, L. (2010). Teacher Education and the American Future. Journal of Teacher Education, 61, 35-47.

Darwis, A. Sulaiman. 1989. Pengantar Kepada Teori dan Praktek Pengajaran. Semarang: IKIP Press.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, B.S., dkk (2002), Strategi Belajar Mengajar. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Drucker, P. (1999) Knowledge Worker Productivity: The Biggest Challenge. California Management Review, 41, 79- 94

Dweck, C. S. (2006). Mindset: The new psychology of success.

Fattah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fink, L.D. (2003) Creating significant learning experiences: An integrated approach to designing college courses. Jossey-Bass, San Francisco.

Gardner, R. C. (1985). Social psychology and second language learning: The role of attitudes and motivation. Edward Arnold

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hamalik, Umar. Media Pendidikan. Cet. ke-3, Bandung: Alumni, 1982. Kartowisastro. Psikologi Perkembangan. Jakarta: C.Sinar Baru, 1989.

Haryanti (2019), laporan penelitian,Pengaruh Media Pembelajaran Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Peserta didik

Hasan, Chalijah, 1994, Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan, (Surabaya: alIhklas

Hasibuan, Malayu. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara: Jakarta.

Hattie, John. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. 10.4324/9780203887332.

Horwitz, E. K. (1988). The beliefs about language learning of beginning university foreign language students. The Modern Language Journal, 72(3), 283-294.

Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom’s taxonomy: An overview. Theory intoPractice, 41(4), 212-218.

Laras Ayu Shima (2020), laporan penelitian,Pengaruh Persepsi Tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Sma Muhammadiyah Se-Banjarsari Surakarta

Lenny Marlina dan Sumaryoto (2022),Tesis,“Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Sikap Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan”.

Mayer, R. E. (1992). Cognition and instruction: Their historic meeting within educational psychology. Journal of Educational Psychology, 84(4), 405–412. https://doi.org/10.1037/0022-0663.84.4.405

Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mustofa, Agung (2021) Pengaruh media pembelajaran dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta didik Kelas VIII pada mata pelajaran IPS selama pandemi covid-19 di MTs Al-Hamid Malang

National Education Association . 1969 . Audiovisual Instruction Departemen , New Media and Collage Teaching . Washington,D.C : NEA

Nunan, D. (1989). Designing tasks for the communicative classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Ovi Monita, Muchlas Suseno, Robinson Situmorang (2022) , Tesis, dengan judul: ”Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 1 Kereng Bangkirai Palangkaraya”

Refien Khouni Silva Rawung, Harol R. Lumapow, Verry Ronny Palilingan, Jeffry S. J Lengkong (2023) International Journal of Information Technology and Education (IJITE) 2(2), (March 2023) 1-18

Richardson, V. (1996). The role of attitudes and beliefs in learning to teach. Handbook of Research on Teacher Education, 102-119

Rohiat.2010. Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54-67.)

S. Nurseptiani , A. M. Oesman (2022), laporan penelitian,Persepsi Peserta didik Terhadap Media Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Video Youtube

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Snelbecker, G. E. (1974). Learning Theory Instructional Theory and Psychoeducational Design. New York : Mc Graw Hill Book Co

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wiggins, Grant & McTighe, J. (2005). Understanding by Design. United States of America: ASCD Publications. https://doi.org/10.1097/00006199-195506000- 00009

Yeane Koyongian, Henny N Tambingon, Fientje J A Oentoe, Jeffry SJ Lengkong (2022). Structural Model of Student Learning Motivation Advent High School In North Sulawesi Province. Journal Eduvest. Vol 2




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5977

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics