Pengaruh Kompetensi profesional dan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 12 Bitung

Suparni Katili, Shelty D.M Sumual, Harol R Lumapow

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kompetensi profesional dan motivasi kerja guru terhadap hasil belajar siswa, sekaligus melihat pengaruh kedua elemen tersebut secara bersamaan terhadap hasil belajar peserta didik. Data primer dalam penelitian ini diperoleh secara langsung dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bitung. Kemudian data tersebut dikumpulkan, diolah dan disajikan oleh peneliti. Data sekunder adalah data yang telah dahulu dikumpulkan dan dilaporkan orang atau instansi di luar peneliti berupa hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini akan dilaksanakan pada seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Bitung selama 3 (tiga) bulan. Populasi yang dipilih peneliti adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bitung yang berjumlah 523 orang dengan jumlah sampel 182 peserta didik keterwakilan dari 14 kelas yang ada. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, sebagai jawaban atas rumusan permasalahan dan tujuan penelitian, maka kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kompetensi profesional berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa. Dengan mengasah selalu kemampuan guru untuk bekerja profesional maka akan memberikan kontribusi yang positif terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya, motivasi kerja guru dalam pengembangan dirinya berpengaruh positif terhadap terhadap hasil belajar siswa.
Guru yang termotivasi untuk selalu bekerja tanpa pamrih dalam menunjang prestasi belajar anak akan membawa dampak bagi siswa dan memberikan semangat bagi anak didik untuk turut meraih prestasi. Sikap professional guru saat mengajar sangat membantu siswa didalam memahami pembelajaran yang berakibat positif terhadap hasil belajar mereka. Hal secara bersama sama mendukukung hasil belajar siswa yang dibarengi dengan motivasi kerja guru untuk selalu mendorong para siswa berprestasi.

Kata Kunci : Kompetensi professional, motivasi kerja guru, hasil belajar siswa, SMP Negeri 12 Bitung.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ambarita, Alben. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ardana, Komang. Dkk. 2008, Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, sudarwan. 2011. Pengantar Pendidikan. Bandung : ALFABETA

Daryanto. 2013, Standar Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional (Yogyakarta: Gava Media, 2013).

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Fathurrohman Pupuh dan Aa Suryana, 2012. Guru Profesional, Bandung: Refika Aditama,

Hamzah B Uno. 2007, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif (Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Hamzah B Uno. 2008. Orientasi baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu S.P. 2001. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Iqbal, Abu Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam (Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuan Muslim). Yogyakarta: Pustaka pelajar

Kadir, Abd dan Hanun Asrohah, 2014, Pembelajaran Tematik. Jakarta: Raja Wali Pers.

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Marintis Yamin. 2006, Profesionalisasi Guru Dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Jakarta: Gaung Persada Press

Mulyasa, 2013, Pengembangan dan implentasi pemikiran kurikulum. Badung; Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2003. Managemen Berbasis Sekolah. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Rofa’ah 2016, Pentingnya Kompetensi Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Dalam Persepktif Islam. Yogyakarta: Deeppublish.

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina, 2006, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Kencana

Sedarmayanti. 2001. Sumber daya manusia dan produktivitas kerja. Bandung: C.V Mandar Maju

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2018. Belajar dan Faktor Faktor yang mempengaruhi. Jakarta Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru,

Sudjana.2002 Metoda Statistika. Bandung:Tarsito.

Sudirman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT. Grafindo Indonesia

Sugiyono.2018 Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani dan Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.

Suprihatiningrum Jamil,2014. Guru Profesional (Pedoman Kinerja, Kualifikasi Dan Kompetensi Guru). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syah, Muhibbin. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta PT Raja Grafindo Persada, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.5978

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics