PENERAPAN EMPLOYER BRANDING DALAM SUATU PERUSAHAAN : STUDI BEBERAPA LITERATURE

Andi Batary Citta, Nurdin Brasit, Nurdjanah Hamid, Ria Mardiana Yusuf

Sari


Employer branding pada dasarnya adalah sebuah konsep yang bisa diterapkan di dalam sebuah perusahaan untuk membuat para pekerja atau karyawan nyaman dan merasa perusahaan tesebut adalah tempat yang baik untuk bekerja. Dalam hal ini, perusahaan harus memberikan keuntungan lebih kepada karyawan atau fasilitas yang dapat mendorong karyawan agar merasa seperti tinggal dirumah sendiri. Employer branding sendiri sebenarnya memiliki dua tujuan. Pertama, employer branding dilakukan untuk membuat karyawan yang bekerja merasa senang bekerja di perusahan tersebut dan yang kedua bertujuan untuk proses seleksi karyawan baru agar lebih mudah menemukan kandidat terbaik serta mempertahankannya. Jadi dengan memanfaatkan employer branding maka perusahaan menjadi lebih baik dimata karyawan begitu juga akan ada banyak calon karyawan baru yang berminat bekerja di perusahaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian case studi yang bertujuan untuk mengeksplorasi branding perusahaan dan efeknya terhadap kinerja organisasi.
Keywords : Branding Perusahaan, Kinerja Organisasi

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Amstrong,philp, kotler. (2008). Prinsip - prinsip pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Backhaus, & Tikoo. (2004). Conceptualizing and researching employer branding. Career Development International, 9(5), 501–517. https://doi.org/10.1108/13620430410550754

Barney. (1991). Firm Resource and Sustained Competitive Advantage. Journal of Manajement, 99–120.

Alimuddin, M., Gunawan, B. I., & Munir, A. R. (2016). The Influence of Technical Marketing Training toward International Trade Access at BP3ED Department of Commerce and Industry of South Sulasesi Province. Jurnal Mirai Management, 1(2), 527-532.

Ayu, A. R., & Gunawan, B. I. (2017). The influence of Education, Training, and Motivation on Employee Performance of The Public Relations and Protocol at The Regional Secretariat Soppeng Regency. Jurnal Mirai Management, 1(2), 287-300.

Barrow, S. and M. (2005). The Employer Brand: Bringing the Best of Brand Management to People at Work,.

Boxall, P. (1998). Achieving competitive advantage through human resource strategy: Towards a theory of industry dynamics. Human Resource Management Review, 8(3), 265–288. https://doi.org/10.1016/s1053-4822(98)90005-5

COUNCIL®, C. L. (2010). A NEW SYNTHESIS ON EMPLOYEE POTENTIAL. Retrieved from www.clc.executiveboard.com%0A

Heilmann, P., Saarenketo, S., & Liikkanen, K. (2013). Employer branding in power industry. International Journal of Energy Sector Management, 7(2), 283–302. https://doi.org/10.1108/IJESM-03-2012-0003

Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.

Love, L. F., & Singh, P. (2011). Workplace Branding: Leveraging Human Resources Management Practices for Competitive Advantage Through “Best Employer” Surveys. Journal of Business and Psychology, 26(2), 175–181. https://doi.org/10.1007/s10869-011-9226-5

Mahoney, J. T., & Pandian, J. R. (1992). RBV.pdf. 13(April 1991), 363–380. https://doi.org/10.2307/2486455

Martin, Beaumont, P. B., Doing, R. ., & Pate, J. . (2005). “Branding: a new performance discourse for HR?” European Management Journal, 23, 76–88.

Priem, R. L., & Butler, J. E. (2001). Tautology in the Resource-Based View and the Implications of Externally Determined Resource Value: Further Comments. Academi Of Management, 26, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.5465/amr.2001.4011946

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV,.

Sullivan,J, O. (2017). Employer Branding – A Valuable Tool for Attraction and Retention In Irish Organisations? Retrieved from http://trap.ncirl.ie/2822/1/jeyaseelieosullivan.pdf

Urbanhire. (2017). No Title. Retrieved from https://www.urbanhire.com/blog/tag/akhir-tahun-2017/


Article Metrics

Sari view : 76 times
Download PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.1234/mirai.v5i1.604

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics