PENGARUH MARKETING EXPERIENCE DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PELANGGAN PT. DAYA MUDA AGUNG MAKASSAR

Rosnaini Daga, Frengky Pollii

Sari


Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT. Daya Muda Agung Makassar yang berupa Apotik-apotik, sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode accidental sampling sehingga diperoleh 75 orang koresponden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa marketing experience berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, customer value berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, marketing experience dan customer value berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kemudian hasil estimasi regresi menunjukkan kemampuan prediksi dari 2 variabel bebas tersebut terhadap kepuasan konsumen sebesar 20,4% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya adjusted R square sebesar 20,4% sedangkan sisanya 79,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel-variabel independen yang belum dimasukkan dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Marketing Experience”

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Andreani, F. 2007. Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.

Gunawan, B. I. (2017). Perbandingan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 di SMAN 1 Sinjai Utara. Jurnal Mirai Management, 1(1), 1-9.

Syah, A., Mattalatta, M., & Ilyas, G. B. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Mutasi, Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Distrik Navigasi Kelas I Makassar. Jurnal Mirai Management, 2(2), 215-230.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Jakarta: Erlangga

Rachelia, E. D., & Widayanto, W. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Taksi Konvensional (Studi Kasus pada Pelanggan Taksi Kosti Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), 138-149.

Rini, Ending Sulistya. 2009. Menciptakan Pengalaman Konsumen dengan Experiental Marketing. Jurnal manajemen bisnis. Vol II, No 1, h. 15-20

Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.

R.Daga. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Tabunganku Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Sulselbar Kantor Cabang Belopa. Akmen Jurnal Ilmiah Vol. 16 No.1 2019, 110-121. STIE Nobel Indonesia

R.Daga (2018) “The Influence Of Quality Product To Value Of Customer And Customer Satisfaction Recycle Product In Makassar” First International Conference on Materials Engineering and Management-Management Section (ICMEMm 2018)

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertasi:Himpunan. Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Senjaya, V. 2013. Pengaruh Customer Experience Quality Terhadap Customer Satisfaction & Customer Loyalty Di Kafe Excelso Tunjungan Plaza Surabaya: Perspektif B2C. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1).


Article Metrics

Sari view : 143 times
Download PDF - 1 times

DOI: https://doi.org/10.1234/mirai.v5i1.608

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics