Pengaruh Sarana Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 1

Friska F. Liando, Orbanus Naharia , Jeffry Sony Junus Lengkong

Sari


Identifikasi permasalahan pendidikan yang dihadapi SMP Negeri 1 Kakas adalah kurangnya ketersediaan sarana pembelajaran, penggunaan media pembelajaran yang belum optimal, dan kurangnya motivasi membuat peserta didik mengikuti proses pembelajaran dengan tidak efektif. Untuk melaksanakan penelitian ini, peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survey mencari fakta-fakta dan keterangan-keterangan/informasi mengenai pengaruh sarana pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 1 Kakas, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara dengan jumlah peserta didik sebanyak 285 peserta didik dan proses penelitian ini berlangsung dari Juni sampai dengan November 2023. Sampel yang digunakan berjumlah 74 peserta didik. Berdasarkan analisis data, pengujian hipotesis serta hasil pembahasan yang telah dikemukakan peneliti, dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sarana pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik, hal ini memberikan arti bahwasanya sarana pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Selanjutnya, terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik, hal ini memberikan gambaran bahwasanya motivasi belajar dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan hasil belajar peserta didik. Terakhir, terdapat pengaruh yang signifikan sarana pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik, artinya sarana pembelajaran dan motivasi belajar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci : Sarana Pembelajaran, Motivasi belajar, hasil belajar, SMP Negeri 1 Kakas

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta

Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Dalyono, M. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineke Cipta

Ghozali, Iman. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS

Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hamalik, O. 2015. Kurikulum Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara

Hujair, AH Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, Yogyakarta:

Kaubaka

Karwati, E. Priansa, D.P. 2015. Manajemen Kelas (Classroom Management)

Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta

Kusworo & Soenarto. 2016. Factors Affecting SMP/MTS Student’s Motivation

To Go Into Vocational School in Sleman District. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23 (2), 163-174.

Rahmawati, T. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik.

Yogyakarta: Gava Media

Riduwan dan Engkos Ahmad Kuncoro. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai

Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta

Sitepu, B.P. 2014. Pengembangan Sumber Belajar, Jakarta : RajaGranfindo

Persada.

Sugiono dan Eri Wibowo. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:

Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung CV: Alfabeta

Suyono & Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Wahidmurni. 2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta:

Nuha Letera

Diambil dari internet sepanjang tahun 2023

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang 8 Standar Nasional

Pendidikan. Diakses pada :

http://www.academia.edu/download/3540811/MU-03_PP_19-2005_JADI_111208.pdf




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6110

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics