Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Sebuah Kajian Literatur

Rony Uncok Cahyadi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara sistematis mengenai peranan Tata Kelola Perusahaan dalam manajemen laba pada suatu perusahaan. Variabel pengukuran Tata Kelola Perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepemilikian institusional, kepemilikan manajerial dan komite audit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode naratif reviu dan deskriptif reviu dengan pendekatan kajian literatur. Secara garis besar hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Tata Kelola Perusahaan yang baik dengan variabel kepemilikan institusional dan komite audit tidak berpengaruh terhadap kemungkinan terjadinya manajemen laba dalam suatu perusahaan, sedangkan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap terjadinya manajemen laba, atau memiliki kemungkinan lebih besar untuk terjadinya manajemen laba. Hal ini terjadi karena efektivitas Tata Kelola Perusahaan dalam suatu perusahaan ternyata belum mampu untuk menghindari terjadinya manajemen laba

Kata Kunci: Kajian Literatur, Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Laba.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Gusti Ayu Elsa Permata Sari1, N. P. N. A. , P. K. R. (2022). ENGARUH BRAND IMAGE , BRAND TRUST DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PADA VISA AGENT BALI, CANGGU. Jurnal EMAS, 3(2774–3020).

Hamzah, F. F. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Untuk Produk Indiehome Pada PT. Telekomunikasi Indonesia TBK Kota Makassar. Center of Economic Student Journal, 1(1).

Pramezwary, A., Winata, J., Tanesha, R., Armando, T., & Pariwisata, F. (2021). Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 19(1). https://doi.org/10.31294/jp.v17i2

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer (288 hlm.: ill.,lamp.,tab.; 25 cm xv, Ed.; Ed. 1, cet. 1). Alfabeta : Bandung., 2017.

Rizan, M., Handayani, K. L., & RP, A. K. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie dan Mie Sedap). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.07

Sugiyono, Prof. Dr. (2017). Metode Penelitian Bisnis (M. si Sofia Yustiyani Suryandari, S.E., Ed.; 3 ed.). Alfabeta.

Supangkat, A. H. & S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako Supriyatin. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Dan, U., Barat, B., Yasrie, A., & Rahman, A. (2021). ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE , BRAND TRUST DAN BRAND AFFECT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN CLEO PURE WATER DI KOTA BANJARMASIN ( STUDI PADA KONSUMEN DI KECAMATAN BANJAMASIN.

Devanny, I., Tertia, N. S., Afifah, R. B., Meliana, V., Manajemen, ), Teknologi, I., Kalbis, B., Pulomas, J., Kav, S., & 22, J. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Content Marketing, Customer Engagement, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian UMKM Zisallection. STREAMING Jurnal Manajemen, 1(2), 1–9.

Empati, J., Sukamdewi, R. A., & Prihatsanti, U. (2017). HUBUNGAN ANTARA BRAND TRUST DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT PADA MAHASISWI PENGGUNA WARDAH KOSMETIK. 6(Nomor 4), 131–136.

Gantasari, P. A. & Yuliati, A. L. (2019). Pengaruh Threat Emotion Dan Brand Trust Terhadap Keputusan The Effects Of Threat Emotion And Brand Trust On Purchase. 6(2), 4531–4537.

L Limandono, J. A. (2017). Pengaruh content marketing dan event marketing terhadap customer engagement dengan sosial media marketing sebagai variabel moderasi di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.

Magdalena, M., & Fauzis, M. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada PT. Hayati Pratama Mandiri Padang. Jurnal Economica, 2(2), 630-640.2. ejournal.45mataram.ac.id/index.php/economina

Maghfiroh, K. (2019). Pengaruh harga, kualitas produk dan word of mouth terhadap kepuasan konsumen serta implikasinya pada keputusan pembelian smartphone Xiaomi. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 2(2), 34-44.

Pradana, D., & Hudayah, S. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor The influence of price of product quality and brand image of brand image on motor purchasing decision. 14(1), 16–23.

Rahmadhan, M. D., & Widyastuti, D. A. (2023). Analisis Jalur Menentukan Dampak Content Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Repurchase Intention. 05(04), 225–250.

Wong, T. V., & Sijabat, R. (2022). Pengaruh Brand Image , Customer Engagement , dan Brand Reputation Terhadap Kinerja UMKM Dimediasi Keunggulan Bersaing. 6(1).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6135

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics