PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KINERJA BISNIS WARUNG KOPI DI KOTA MAKASSAR

Muhammad Hidayat, Citra Citra

Sari


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kewirausahaad, orientasi pasar dan motivasi berwirausaha, terhadap kinerja bisnis warung kopi di Kota Makassar, penelitian ini dilaksanakan pada pengusaha warung kopi di Kota Makassar dengan mengambil 80 pelaku usaha warung kopi sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial terbukti jika kompetensi kewirausahaa, orientasi pasar dan motivasi berwirausaha berpengaruh terhadap kinerja bisnis warung kopi. Penelitian ini juga membuktikan secara simultan kompetensi kewirausahaan, orientasi pasar dan motivasi berwirausaha berpengaruh terhadap kinerja bisnis warung kopi di Kota Makassar Penelitian ini juga menghasilkan nilai r square sebesar 0,924 atau 92,4%. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 92,4% variabel kinerja bisnis warung kopi (Y) dipengaruhi oleh variabel bebas X1, X2, dan X3 sedangkan sisanya sebesar 7,6% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.

Kata kunci : “Kompetensi, motivasi , pasar, kinerja”

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ali Hasan. (2008). Marketing. Penerbit MedPress : Yogyakarta.

Ardiana, Brahmayanti, Subaedi., 2010. Kompetensi SDM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. V(12),42-55.

Ating Tedjasutisna. (2005). Memahami kewirausahaan SMK Tingkat I. ARMICO, Bandung.

Basuki Rachmat. (2007). Orientasi Pelanggan, Orientasi Pasar dan Inovasi Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Bisnis Hotel Berbintang Tiga Di Indonesia. Jurnal Akreditasi No.55a/DIKTI/Kep/2006 Fakultas Ekonomi Univ. Putra Bangsa Surabaya UNUD, ISSN, 1411-0393.

Beerli. A. & Martin. J. D. (1995)., Factors Influencing Destination Image. Annals Of Tourism Research, 313, 657-681.

Budner, S. (1982). Intolerance of ambiguity as a personality variable. Journal of Personality, 30, 29-50.

Campbell, John P. (2002). Modeling the Performance Prediction Problem in Industrial and Organizational Psychology, Handbook of Industrial and Organizational Psychology, Volume 1, ed. Marvin D. Dunnette and Leaette M. Hough. Mumbai: Jaico Publishing House.

Jurnal Mirai Management Terakreditasi Nasional

e-ISSN : 2597 - 4084, Volume 5 No.1 2019

Available Online at: https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai

pg. 254


Article Metrics

Sari view : 166 times
Download PDF - 1 times

DOI: https://doi.org/10.1234/mirai.v5i1.616

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics