Analisis Prediksi financial Distress Perusahaan Industri Kimia Dasar

Muhammad Riko Yohansyah Zulfahmi, Jerry Heikal

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis rasio keuangan terhadap financial distress. Financial distress merupakan variabel dependen yang diukur dengan interest coverage ratio. Variabel independen dalam penelitian ini diukur dengan debt-equity rasio, return on asset, return on equity, dan net profit margin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri kimia dan dasar yang terdaftar di Idx.co.id pada bulan November 2022. Berdasarkan metode purposive sampling, diperoleh 95 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Idx.co.id pada perusahaan manufaktur sektor kimia dan industri dasar pada bulan November 2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi Binary Logistic. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap financial distress. Dari 35 perusahaan tersebut dalam kondisi baik, 5 perusahaan mengambil risiko dan 57 perusahaan diprediksi bangkrut.

Kata Kunci: Financial distress, financial Rasio, Binary Logistic

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Altman, Edward. 1968. Financial Ratio, Discriminant Analysis and The Prediction of Corporate Bankruptcy. Jurnal of Finance Vol. 23, No. 4:589-609.

Altman, Edward, dan Edith Hotchkiss. 2006. Corporate Financial Distress and Bankruptcy, Third Edition. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Аlmiliа, Luciаnа Spicа dаn Kristijаdi. 2003. Аnаlisis Rаsio Keuаngаn untuk Memprediksi Kondisi Finаnciаl Distress Perusаhааn Mаnufаktur yаng Terdаftаr di Bursа Efek Jаkаrtа. Jurnаl Аkuntаnsi dаn Аuditing Indonesiа (JААI). Volume 7.

Аlmiliа, Luciаnа Spicа. 2006. Prediksi Kondisi Finаnciаl Distress Perusаhааn Go Public dengаn Menggunаkаn Аnаlisis Multinominаl Logit. Jurnаl Ekonomi dаn Bisnis. Volume XII.

Hаnаfi, Mаmduh M. 2003. Mаnаjemen Keuаngаn. Yogyаkаrtа: BPFE. Hаnifаh, Oktitа. 2013. Pengаruh Struktur Corporаte Governаnce dаn Finаnciаl Indicаtors Terhаdаp Kondisi Finаnciаl Distress. Jurnаl Mаksi Undip, h. 25-53.

Wаrdhаni, Rаtnа. 2006. Mekаnisme Corporаte Governаnce dаlаm Perusаhааn yаng Mengаlаmi Permаsаlаhаn Keuаngаn. Jurnаl Аkuntаnsi dаn Keuаngаn Indonesiа,Vol. 4, No. 1, hаl. 95-114

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Universitas Dipenegoro. 42

Hosmer, D.W., dan Lemeshow, S. 2000. Applied Logistic Regression. John Wiley & Sons, Inc. New York.

Widarjono, Agus. 2010. Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6560

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics