Penerapan Supervisi Akademik Di SD Katolik St. Theresia Rumengkor

Olvian Taroreh, Herry Sumual, Victory N.J. Rotty, Jeffry Sony Junus Lengkong

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui lebih dalam tentang penerapan supervisi akademik yang di laksanakan di SD Katolik St. Theresia Rumengkor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Adapun tempat penelitian yang dipilih adalah Kepala SD Katolik St. Theresia Rumengkor. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah tindakan, kata-kata orang, kondisi nyata, dan informasi yang peneliti peroleh melalui observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, kepala tata usaha dan beberapa siswa. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui data-data penunjang dalam bentuk sumber-sumber tertulis berupa dokumen resmi seperti rencana pengembangan sekolah (RPS), program sekolah, laporan hasil supervisi, profil sekolah, laporan tahunan, rekaman, dokumen pribadi, foto, serta data-data lainnya yang sesuai dengan dan menunjang penelitian. Beberapa hal yang menjadi kesimpulan dalam penelitian ini yaitu : 1). Supervisi senantiaasi diwawali dengan memberikan informasi kepada para guru supaya para guru dapat mengetahuinya. 2). Supervisi dilaksanakna secara langsung berkunjung ke kelas pada saat para guru mengajar. 3). Tindak lanjut kegiatan supervisi dimana Guru guru senantiasa untuk memperbaiki cara mengajar yang kurang tepat.
Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, SD Katolik St. Theresia Rumengkor

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adam, H.F dan Dickley F.G. 1959.Basic Principles of Supervision. New York: American Book Company.

Agus, D. 2001. Manajemen Supervisi. Jakarta: Grafindo.

Bafadal, I. 2006. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Dalam Kerangka Memajukan Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Burton, W.H dan Bruckner, L.J. 1953.Supervision. New York: Appleten Century.

Dedih, A. 2000.Supervisi Sebagai Kebijakan Kendali Mutu. Suara Guru, No. 11. Thn VII.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Departemen Pendidikan Nasional.2007. Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Denzin, N.K dan Lincoln, Y.S. 2009.Handbook of Qualitative Research. New Delhi: Sage Publication. Pvt. Ltd.

Faisal, S. 2001. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gay, L.R dan Airasian, P. 2000.Educational Research. USA: Prentice Hall New Jersey.

Glickman, C.D., Gordon, S.P dan Ross-Gordon, J.M. 2010. Supervision And Instructional Leadership: A Development Approach. London: Oxford University Press.

Indrafachrudi, H.R.S dan Tahalele, J.F. 2006.Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kambey, D.C. 2006. Landasan Teori Administrasi/Manajemen. Sebuah Intisari. Manado: Yayasan Tri Ganesha Nusantara.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Supervisi Akademik. Materi Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Masidjo, I. 1997. Tugas Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Dan Supervisor. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Mautang, T. 2009. Pedoman Praktis Metodologi Penelitian. Universitas Negeri Manado: Argym Press.

Moleong, L.J. 2000.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslim, S.B. 2010. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Nasution, S. 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito

Nawawi, H. 1983. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung.

Oliva, P.F. 2008.Supervision For Today’s School. New York: Thomas J. Crowell Company.

Pidarta, M. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, N. 2005.Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sahertian, P.A. 2008. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, P.A dan Mataheru, F. 1982. Prinsip Dan Teknik Supervisi Akademik. Surabaya: Usana Offset.

Sahertian, P.A dan Sahertian, I.A. 1992.Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta.

Sergiovani, T.J. 1982. Supervision of Teaching. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

----------- . 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi dan Syah, D. 2010.Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Diadit Media.

Tilaar, H.A.R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undap, A.P.P. 1988. Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian. Manado: FIP-IKIP

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6623

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics