Penggunaan Metode Coaching dan Mentoring untuk Meningkatkan Kinerja Tim Promosi di Yayasan Pandhega Jaya, Sidoarjo

Cory Febrina U.R.P, Budi Haryono, Januar Heryanto

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan metode coaching dan mentoring yang bertujuan meningkatkan kinerja staf tim promosi di Yayasan Pandhega Jaya, Sidoarjo. Subyek penelitian berjumlah 3 orang tim promosi Yayasan Pandhega Jaya. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus, di mana setiap siklusnya terdiri dari 4-5 sesi coaching-mentoring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode coaching-mentoring terbukti dapat meningkatkan kinerja staf dari segi kehadiran, kualitas kerja, kuantitas kerja, keterampilan komunikasi, kerjasama tim, kemampuan adaptasi dan kemampuan perencanaan kerja. Pada siklus pertama, 2 dari 3 subyek berhasil mencapai kategori baik pada lembar evaluasi kinerja, dan ketiga subyek mencapai nilai di atas 60% pada checklist pekerjaan. Pada akhir siklus kedua, ketiga subyek berhasil mencapai kategori baik pada lembar evaluasi kinerja, dan mengalami peningkatan persentase pada checklist pekerjaan.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arsendatama, A. (2016). Melampaui Batas Leadership dengan Coaching. Jakarta Selatan : Alkemis Dikse Tee

Kemmis dkk. (2014). The Action Research Planner – Doing Critical Participatory Action Research. Singapore : Springer

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mathis, R. L., & J. H. Jackson. (2016). Human Resource Management. Edisi 10 Jilid 3. Jakarta : Salemba Empat

Rivai, & Basri. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Press

Saparso. (2021). Marketing Process : Menciptakan Nilai Bagi Pelanggan. Jakarta : Ukrida Press

Slamet, Rochmad. (2023). Manajemen Kinerja. Jakarta : Sekolah Tinggi Manajemen IMMI

Whitmore, J. (2009). Coaching for Performance: Growing Human Potential and Purpose—The Principles and Practice of Coaching and Leadership. 4th Edition. London : Nicholas Brealey Publishing

Wilson, Carol. (2007). Best Practice in performance Coaching. London : Kogan Page

Agustine, Ine. (2022).”Analisis Peran Media Sosial Dalam Strategi Marketing di Era Pandemi Covid-19”. Vol 16 No 2 (2022): TRANSPARANSI Jurnal Ilmu Administrasi

Almubarok, M. Farizi. (2019).” Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Karyawan melalui Konflik Kerja pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Malang”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Vol 7 no 2

Aziz, Nur dan Dewanto, Joko. (2022). “Model Penilaian Kinerja Karyawan dengan Personal Balanced Scorecard (Studi Kasus Universitas Tangerang Raya)”. MAMEN (Jurnal Manajemen) Vol. 1 No. 2 (2022) 168 – 177

Hilali, dkk. (2020). “Coaching and Mentoring. Concepts and Practices in Development of Competencies: A Theoretical Perspective”. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences Vol. 10 (1), pp. 41–54

Hutahaean, dkk. (2023). “Analisis Coaching dan Mentoring Terhadap Kinerja Pegawai dengan Mediasi Motivasi Kerja”. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) Vol. 12 No. 02, Juni 2023

Lalitaratri, Titah. (2023).” Pengaruh Coaching, Mentoring, dan Coworker Support Terhadap Job Performance Pada Pegawai PT. Pegadaian (Persero) Cabang Nganjuk”. SINOMIKA JOURNAL VOLUME 2 NO.1 2023

Katherin dan Bernarto, Innocentius. (2021). Coaching, Mentoring, dan Konseling Karier Sebagai Faktor yang Mempengaruhi Kinerja PNS Badan Kepegawaian Negara”. Civil Service VOL. 15, No.2, November 2021 : 81 – 93

Khonsa, Zanuba Arrasyi dan Palupi, Majang. (2023). “Program Pengembangan Kompetensi Karyawan Melalui Coaching dan Mentoring Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan: Kasus pada Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia”. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3 Nomor 4 Tahun 2023 Page 7989-8002

Moen, F., & Allgood, E. (2009). Coaching and the effect on self-efficacy. Organization Development Journal

Nazifah, Lisa. (2021).”Pengaruh Coaching dan Mentoring Terhadap Kualifikasi Kelulusan Pelatihan Dasar CPNS Guru SD”. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD Volume V No. 1 Mei 2021

Nugroho, dkk. (2021). “Manager as Coach: Ekskalasi Kinerja Pegawai melalui Managerial Coaching”. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 6 Tahun 2021

Pangestu, dkk. (2022).” Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan: Perencanaan, Kualitas dan Kepemimpinan (Literature Review Manajemen Kinerja)”.Jurnal Ilmu Manajemen Terapan Vol. 4, No. 2, November 2022

Sugiarti, Sri. (2024). “Penerapan Coaching dan Mentoring untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran”. Adi Karsa: Jurnal Teknologi Komunikasi Pendidikan Volume 15, Number 1, 2024

Wulansari, Femmy dan Fauzi, Achmad. (2023). “Pengaruh Coaching dan Mentoring Terhadap Kinerja Pegawai”. JURNAL JAMAN Vol 3 No.1 April 2023

Zeng, dkk. (2020). “How Does Mentoring Affect Protégés’ Adaptive Performance in the Workplace: Roles of Thriving at Work and Promotion Focus”. Frontiers in Psychology 11 (September)

Serrat, Olivier. (2009). coaching and mentoring. Diakses pada tanggal 13 Maret 2024 dari https://www.researchgate.net/publication/318018824_Coaching_and_Mentoring




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6982

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics