PENGARUH DISIPLIN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Munir Munir, Muhammad Fachmi, Amar Sani

Sari


Upaya meningkatkan kinerja pegawai pada instansi pemerintahan telah banyak mendapat perhatian oleh para pakar dengan melakukan berbagai riset pada beberapa instansi pemerintahan di Indonesia. Meskipun sebagian riset memperoleh temuan yang sama, namun beberapa riset juga justru memperoleh temuan yang berbeda. Studi ini menganalisis pengaruh disiplin dan kompensasi terhadap kepuasan dan kinerja pegawai untuk mengisi kesenjangan yang terjadi. Secara khusus, kepuasan kerja diusulkan sebagai variabel mediasi dari disiplin dan kompensasi terhadap kinerja pegawai. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang pegawai yang bestatus PNS yang ada di Kabupaten Soppeng. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan analisis jalur melalui bantuan program AMOS.
Hasil penelitian mengkonfirmasi bahwa disiplin dan komunikasi secara signifikan berdampak terhadap peningkatan kepuasan kerja. Selain itu, pengaruh komunikasi dan kepuasan kerja juga ditemukan signifikan pengaruhnya terhadap kinerja pegawai. Akan tetapi, pada pengaruh disiplin terhadap kinerja pegawai ditemukan berpengaruh tidak signifikan. Adapun ketika kepuasan kerja berperan sebagai mediasi, ditemukan bahwa disiplin dan komunikasi secara signifikan berdampak secara tidak langsung terhadap kinerja melalui kepuasan kerja pegawai.

Kata Kunci : Disiplin Kerja, Komunikasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adha, S., Wandi, D., & Susanto, Y. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Pandeglang. Jurnal Ekonomi Vokasi, 2(1), 61-72.

Agatha, S., Suddin, A., & Sriwidodo, U. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pusat Pada Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kabupaten Ponorogo. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 14.

Geralt, F. E. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt Bringin Karya Sejahtera. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(2).

Kurniawan, H., & Heryanto, H. (2019). Effect of Work Discipline and Work Environment on Employee Performance with Work Motivation as an Intervening Variable in Department of Tourism, Youth and Sport of Padang District. Archives of Business Research, 7(7), 88-101.

Malka, A. E. I., Mus, A. R., & Lamo, M. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. CESJ: Center Of Economic Students Journal, 3(1), 73-89.

Massie, M. R., Senduk, V., & Laloan, C. (2020). Pengaruh Koordinasi Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Langowan Barat. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2).

Octarina, A. (2013). Pengaruh Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Sarolangun. Manajemen S-1, 1(1).

Pangarso, A., & Susanti, P. I. (2016). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di biro pelayanan sosial dasar sekretariat daerah provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(2).

Pratama, R. (2020). PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(2), 312-312.

Priyatno, P. N., Adolfina, A., & Dotulong, L. O. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI DAN LEARNING ORGANIZATION TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SULAWESI UTARA. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1).

Shaufi, M., Arifin, J., & Subadi, W. (2020). PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN BANUA LAWAS KABUPATEN TABALONG. JAPB, 3(1), 319-331.

Sinaga, S. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KOTA MEDAN. Jurnal Ilmiah METADATA, 2(1), 78-92.

Syahputra, M. E., Bahri, S., & Rambe, M. F. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Tarukim Labura. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 110-117.

Utami, N. D., & Ferdinand, A. T. (2019). Analisis Peningkatan Minat Berkunjung Kembali Pada Wisatawan Melalui Citra Wisata dan Nilai Budaya (Studi Pada Kota Kuningan, Jawa Barat). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 17(3), 207-221.

Yanti, B. (2019). Pengaruh Komunikasi dan Tanggung Jawab terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. Manajemen dan Kewirausahaan, 10(1), 38-48.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i3.705

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics