FINANCIAL LITERACY AND MOTIVATION : SMME PEFORMANCE

Mira Mira, Syarthini Indrayani

Sari


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk melakukan pengujian dan menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang ada di Kota Makassar dan mengetahui, apakah motivasi berpengaruh terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan penggunakan pendekatan kausalitas (eksplanatory), dimana data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara dengan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang ada di Kota Makassar. Adapun alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan SPSS 24.0 for windows dengan tahapan uji deskriptif, kualitas data, Asumsi klasik dan analisis MRA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah hal inid karenakan memiliki pengetahuan literasi keuangan serta harga jual keuangan dan aplikasi keuangan tidak menjamin kinerja yang baik dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah, karena pengetahuan harus diwujudkan dalam bentuk tindakan dengan mencoba memanfaatkan produk keuangan yang ada untuk meningkatkan performance perusahaan, bukan hanya berdiam diri menunggu sumbangan pemerintah. Motivasi berpengaruh negative signifikan terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menegah. Literasi keuangan berpengaruh terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah di moderasi Motivasi

Kata kunci : Literasi Keuangan , Motivasi, Kinerja UMKM

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abor, J., dan P. Quartey. 2010. Issues in SME development in Ghana and South Africa. International Research Journal of Finance and Economics. 39 (6). 219–227.

Anggraeni, B,D. 2016. Pengaruh tingkat literasi keuangan pemilik usaha terhadap pengeloaan keuangan. Studi kasus: UMKM Depok. Jurnal Vokasi Indonesia, 4(1).

Aribawa,D. 2016. Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Fakultas Hukum UII, 20(1), 1-13.

Eke, E., dan Raath, C. 2013. SMME Owners’ Financial Literacy and Business Growth. Journal of Social Sciences MCSER Publishing, Rome-Italy, Vol. 4, 397-406.

Gavigan, K. 2010. Show me the money resources: Financial literacy for 21st century learners. Library Media Connection 28(5):24-27.

Ghalib, N., & Gunawan, B. I. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Sekolah terhadap Kompetensi Guru Madrasah di Kecamatan Somba Opu Kabupaten G. Jurnal Mirai Management, 1(1), 42-49.

Ghozali, I. 2012. Aplikasi AnalisisMultivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.

Kasenda, B,S. & Wijayangka, C. 2019. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 153-160.

Mutegi, H. K., Njeru, P. W., dan Ongesa, N. T. 2015. Financial Literacy And Its Impact On Loan Repayment By Small And Medium Entreprenurs. International Journal of Economics, Commerce and Management, Vol. 3( Issue 3), 1-28.

Lamsah,L. 2018. Pengatuh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja UKM.At-Tadbir:jurnal ilmiah manajemen, 2018, 2(2).

Rahayu, A. Y., dan Musdholifah.2017.Pengaruh Literasi keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlanjutan UMKM di Kota Surabaya.Jurnal Ilmu Managemen .Volume 5 nomor 3

Rancangan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.2016. Peningkatan literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa keuangan untuk Konsumen dan/atau Masyarakat . Jakarta

Remund, D. 2010. Financial literacy explicated: The Case for a clearer definition in an increasingly complex economy. Journal of Consumer Affairs, 44 (2): 276–295.

Sarda, A., Ilyas, G. B., & Kadir, I. (2018). Pengaruh kepemimpinan, beban kerja dan kondisi kerja terhadap stres perawat di uptd kesehatan puskesmas Palanro Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. YUME: Journal of Management, 1(3).

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis,Bandung : CV . Alfabeta. Sunyoto.(2011). Analisis Regresi untuk Uji Hipotesis. Yogyakarta:Caps.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008.Usaha Mikro, Kecil dan Menengah,4 Juli 2008.Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 93,Jakarta

Wickham, P. 2006. Strategic Entrepreneurship.4th edition. Harlow: Pearson Education Ltd.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i1.707

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics