Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Serta Persepsi Risiko Terhadap Niat Menggunakan Aplikasi Mobile Banking BRIMO Di Bandar Lampung

Visca Pasha Angeli, Roslina Roslina, Nurul Husna

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan serta persepsi risiko terhadap niat menggunakan mobile banking BRImo di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diperoleh langsung dari responden menggunakan penyebaran kuisioner google form kepada 120 responden dengan indikator skala likert 5 poin. Penelitian ini menggunakan alat analisis SPSS. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel persepsi manfaat dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap niat menggunakan nasabah mobile banking BRImo, sedangkan variabel persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan nasabah mobile banking BRImo. Pengujian simultan menunjukkan hasil semua variabel secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat nasabah.
Keywords: Persepsi manfaat, persepsi kemudahaan, persepsi risiko, niat menggunakan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Andriyano, Y., & Rahmawati, D. (2016). Kebermanfaatan , Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Kasus Pada Nasabah Cimb Niaga Daerah Istimewa. Jurnal Profita, 1, 16.

Ariningsih, E. P., Wijayanti, W., & Prasaja, M. G. (2022). Intention to Use E-wallet Dilihat dari Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Security, dan Trust. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(2), 227. https://doi.org/10.30588/jmp.v11i2.916

Cannon, W., & Jerome. (2008). Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global (p. 8).

Dewi, P. D. S., & Santika, I. W. (2018). Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Niat Beli Ulang Online di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(8), 4124–4152. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i08.p4

Donabella, B. C., & Manzilati, A. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Platform Digital Bank. Contemporary Studies in Economic, Finance and Banking, 1(2), h 219.

Fachreza et al. (2022). Effect Of Perceived Usefulness And Perceived Ease Of Use On Intention To Use Mobile Banking ( Brimo ) With Attitude As Intervening Variable ( Study At Lubuk Basung Sub- Branch Office Of Pt . Bank Rakyat Indonesia ). Enrichment: Journal of …, 12(3), 1552–1561. https://www.enrichment.iocspublisher.org/index.php/enrichment/article/view/616

Ghozali. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9.

Ghozali, I. (2018b). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.

Hibur, G. N., Fanggidae, R. P. C., Merlyn Kurniawati, Y., & Benu, yohanes R. (2020). PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ( TAM ) TERHADAP MINAT BELI DI MARKETPLACE FACEBOOK ( STUDI PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA KUPANG ) The Effect of Technology Acceptance Model on Buying Interest in the Marketplace Facebook ( Study on the Millennial Gen. Glory: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 169–187.

I’tishom, M. F., Martini, S., & Novandari, W. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko Dan Persepsi Harga Terhadap Sikap Serta Keputusan Konsumen Untuk Menggunakan Go-Pay. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(4), 514–532.

Lailani, E. O., & Regina, T. (2021). Penggunaan Mobile Banking Sebagai Upaya Memperlancar Transaksi Elektronik Nasabah Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 10(1), 24–33. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol10no01.83

Malik, A. N. A., & Annuar, S. N. S. (2021). The Effect of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Reward, and Perceived Risk toward E-Wallet Usage Intention. Eurasian Studies in Business and Economics, 17, 115–130. https://doi.org/10.1007/978-3-030-65147-3_8

Mowen, john c, & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen.

Nuryakin. (2022). Memahami Perilaku Konsumen. 1–42.

Pranoto, M. O., & Setianegara, R. G. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran. Keunis, 8(1), 1. https://doi.org/10.32497/keunis.v8i1.2117

Rizkitasari, F., & Nugroho, D. A. (2013). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Online Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Koreabuys.Com). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 17.

Sati, R. A. S., & Ramaditya, M. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card). Management, 1–20.

Souisa, W. (2023). Economos :Jurnal Ekonomi dan Bisnis The Influence of Gender In Using Mobile Payments. Economos : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 75–81.

Styarini, F., & Riptiono, S. (2020). Analisis Pengaruh Customer Trust Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Melalui Perceived Risk dan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 670–680. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.590

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif. Kualitatif dan R&D.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen.

Wardhana, O. H. P. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Wulandari, W., Japarianto, E., & Tandijaya, T. N. B. (2022). Penerapan Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Perilaku Konsumen Mobile Banking Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), 126–132. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.126-132

Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 7(3), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.7115

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics