Pengaruh Program Kampus Mengajar Terhadap Kasus Perundungan Pada Murid Kelas V SD Inpres Bung Kota Makassar

Dewi Asyuri, Mulyadi Mulyadi, Abrina Maulidnawati J

Sari


Penelitian ini mengkaji pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap kasus perundungan pada murid kelas V di SD Inpres Bung, Kota Makassar. Dilaksanakan dari Februari hingga April 2024, penelitian ini melibatkan 63 siswa dan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan teknik statistik Chi-Kuadrat. Hasil menunjukkan bahwa Program Kampus Mengajar dinilai positif oleh 46% siswa, dengan 51% siswa menilai kasus perundungan berada dalam kategori baik. Analisis Chi-Kuadrat mengungkapkan nilai Chi-Kuadrat hitung sebesar 14,96, yang melebihi nilai Chi-Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5%, dan koefisien kontingensi sebesar 0,6618, menandakan adanya hubungan signifikan antara program dan pengurangan kasus perundungan. Dengan demikian, Program Kampus Mengajar terbukti efektif dalam mengurangi perundungan di sekolah tersebut, serta meningkatkan kondisi pendidikan secara keseluruhan.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Budi, A. M. S., & Apud, A. (2019). Peran Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) Gontor 9 dan Disiplin Pondok dalam Menumbuhkembangkan Karakter Santri. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 1–10.

Cahya Rahmadhani, Erwin Nurdiansyah, & Mulyadi S. 2023. Implementasi Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas III di SD Inpres Tabaringan. Universitas Islam Makassar: Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan. vol. 1 no. 4 1194-1210.

Coloroso, Barbara. 2007. Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2024). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

Hasibuan, A. Z., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen pendidikan karakter di sma (studi pada sman dan man di jakarta). Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen.

Mashar dkk (2011). Bullying di Sekolah. Edukasi Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan Volume 3 Nomor 6, Magelang Juli 2011.

Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214.

Sejiwa, Y. S. (2008). Mengatasi Kekerasan Dari Sekolah dan Lingkungan Anak . Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.7124

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics