CORPORTE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS DAN HUKUM ISLAM

Andi Wawo, Amiruddin Amiruddin

Sari


Tujuan artikel ini untuk memberikan gambaran kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dipandang dari perpektif etika bisnis dan hukum islam khususnya maslahah dan mursalah. Sehingga diharapkan pelaksanaan CSR oleh pengusaha tidak sekedar dipandang sebagai kegitan rutin belaka tetapi sebagai kegiatan ibadah. Kegiatan CSR yang merupakan wujud tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya baik manusia maupun alam. Namun sebagai umat islam perlu mengetahui apakah kegiatan CSR sudah sesuai dengan etika bisnis islam dan hukum islam jika dilihat dari maslahah dan mursalahnya.

CSR jika dipandang dari persepektif etika bisnis islam maka sudah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis islam yaitu Siddiq, Amanah, Fathonah dan Tabliq. Sedangkan dari sudut pandang hukum islam yaitu maslahah dan mursalah juga sudah memenuhi. Jadi pelaksanaan CSR sudah sesuai dengan ajaran islam baik dari segi etika bisnis muapun dari segi hukum maslahah mursalah.

Keyword: Corporate Social Responsibility, Etika Bisnis Islam, hukum islam dan maslahah mursalah

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Al-Qur’an dan Terjemahannya

Ali, Mohammad Daud (1988) Sistem Ekonomi Islam Zakat dan Wakaf, UI Press. Jakarta.

Amalia, F. (2012). Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Di Bazar Madinah Depok. Prosiding Seminas 1.2 (2012).

Badjuri, A. (2011). Faktor-Faktor fundamental, mekanisme coorporate governance, pengungkapan coorporate social responsibility (CSR) perusahaan manufaktur dan sumber daya alam di Indonesia. Dinamika Keuangan dan Perbankan 3.1, 38-54.

Carroll. A. B. 1991. The Pyramid of Corporate Social Responsibility: Toward the Moral management of Organizational Stakeholders. Business Horizon, 39 – 48.

Carroll. A. B. 1999. Corporate Social Responsibility, Evolution of a Definitional Construct. Business and Society, 38, 268 – 295.

Eldine, A. (2007). Etika Bisnis Islam. Jurnal Khazanah 3.3.

Fajar, Mukti. (2010) “Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia Studi tentang Penerapan Ketentuan CSR pasa Perusahaan Mulitinasional, Swasta Nasional dan BUMN di Indonesia.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauroni, L. (2008). Etika Bisnis dalam al-Qur'an. Pustaka Pesantren.

Fauzia, I. Y. (2013). Etika Bisnis dalam Islam. PhD Thesis kencana.

Frederick, W.C. 1960. The Growing Concern over Business Responsibility. California Management Review, 2, 54-61

Fritzche, D. J. (1997). Business Ethics, A Global and Managerial Perspective. Mc Graw Hill Companies.

Mahmud, Amir. (2010) Bank Syari’ah Teori, Kebijakan dan Studi Empiris di Indonesia, Erlangga. Jakarta.

Morris, T. (2010). Magical Leadership. Bandung: Nuansa.

Pincus, H. L. (1998). Perspective in Business Ethics. Irvin Mc Graw Hill.

Rudito, B., & Famiola, M. (2007). Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perushaan di Indonesia. Rekayasa Sains. Bandung

Saifullah, M. (2011). Etika bisnis Islami dalam praktek bisnis Rasulullah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19.1, 127-156.

Siroz, A. Malthuf. (2013). Paradigma Ushul Fiqh Negosiasi Konflik Antara Maslahah dan Nash. Pustaka Ilmu. Yogyakarta

Stewart David, D. (1966). Business Ethic. McGraw Hill Companies, Inc.

Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i2.714

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics