Determinan Minat Beli Produk Halal Facial Wash Ponds Pada Generasi Milenial

Megayani Megayani, Rama Chandra, Joko Bagio Santoso, Ginanjar Syamsuar, Dwi Larasati

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertisement, celebrity endorsement, kualitas produk, dan islamic branding terhadap minat beli facial wash ponds . Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial yang tinggal di wilayah Jakarta Pusat. Pengumpulan data dengan cara mendistribusikan kuesioner menggunakan Google Form via Whatspp, dan analisis yang digunakan adalah SEM-PLS Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertisement, celebrity endorsement dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli. Sedangkan islamic branding tidak berpengaruh terhadap minat beli.
Kata Kunci: Advertisement, Celebrity Endorsement, Kualitas Produk, Islamic Branding, Minat Beli.

ABSTRACT
This research aims to determine the influence of advertisements, celebrity endorsements, product quality, and Islamic branding on interest in buying facial wash ponds. The population in this study is the millennial generation who live in the Central Jakarta area. Data were collected by distributing questionnaires using Google Form via Whatspp, and the analysis used was SEM-PLS. The results of the research show that advertisements, celebrity endorsements and product quality influence buying interest. Meanwhile, Islamic branding has no effect on purchasing interest.
Keywords: Advertisement, Celebrity Endorsement, Product Quality, Islamic Branding, Purchase Intention

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Afifah Alifia Anggraeni. (2021). Pentingnya Celebrity Endorser Bagi Dunia Bisnis.Kompasiana.Com,https://www.kompasiana.com/afifahalifiaanggraeni/6071531cd541df5137525392/pentingnya-celebrity-endorser-bagi-dunia-bisnis

Alserhan, B. A. (2016). The Priciples Of Islmaic Marketing (2nd ed.), England : Gower Publishing Limited

Amala, S., & Budimansyah, B. (2021). Pengaruh Penggunaan iklan dan citra merek terhadap minat beli konsumen pada produk kecantikan halal Safi dalam perspektif ekonomi Islam (studi pada toko TopShop kota Bandar Lampung). Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 141–154, ISSN : 2829-2944, https://doi.org/10.24042/revenue.v2i2.9622

Atila, A. (2021). Fungsi Iklan Dalam Bisnis Dan Pemasaran. PT. Jojo Nomic Indonesia. https://www.jojonomic.com/blog/apa-fungsi-iklan/

Citra, D. A., & Oktavani, F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare EverwhiteDi Kota Bandung. EProceedings of Management, 9(3), 1491, ISSN : 2355 - 9357

Damanik, S. W. H., & Purba, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Minat Beli Konsumen Produk Bedak Tabita Skincare. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 335–340, ISSN : 2597-8829, https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.158

Damayanti, R., Husen, Z., & Mesar, Z. S. H. S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli dengan Electronic Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening pada Produk Skincare Emina. Jurnal Mitra Manajemen, 5(6), 390–398, ISSN : 2599 - 087X, https://doi.org/10.52160/ejmm.v5i6.505

Darrell Blaine Lucas, S. H. B. (2015). Measuring Advertising Effectiveness: McGraw Hill Series In Marketing And Advertising, Literary Licensing, LLC

Durianto. (2013). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (10th ed.), Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Faizi, L. (2022). Agama Warga Negara Amerika Serikat dan Persentasenya. International.Sindonews.Com,https://international.sindonews.com/read/793175/45/agama-warga-negara-amerika-serikat-dan-persentasenya-1654762004

Febriati, I., & Respati, N. N. R. (2020). The effect of celebrity endorser credibility and product quality mediated by brand image on purchase intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(3), 464–470, ISSN : 2378 - 703X

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Edisi 5), Semarang : Badan Universitas Diponegoro

Firdaus, J., & Hermawan, A. (2022). The Effect of Celebrity Endorsements on Purchase Intention through Brand Image and Brand Awareness: Study on Scarlett Whitening Skincare consumers. International Journal Of Economics, Management, Business, And Social Science (Ijembis), 2(2), 299–305, ISSN : 2774 - 5376

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran ( Dasar dan Konsep ), Cv.Qiara Media

Ghozali, I., Latan, H. (2020). Partial Least Squares Konsep. Teknik, dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0 (2nd ed.). Semarang : Universitas Diponegoro.

Girsang, N. M., Rini, E. S., & Gultom, P. (2020). The effect of brand image and product quality on re-purchase intention with customer satisfaction as intervening variables in consumers of skincare oriflame users–a study on students of north sumatra university, faculty of economics and business. European Journal of Management and Marketing Studies, 5(1), ISSN : 2501-9988, http://dx.doi.org/10.46827/ejmms.v0i0.726

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarsted, M. (2014). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). Sage Publishing.

Handayani, S., & Ambardi, A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Bodylotion Merek Scarlett (Studi Kasus Pada Follower Instagram Ria Ricis). JUEB: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(3), 74–81, ISSN : 2828-8858, https://doi.org/10.55784/jueb.v1i3.267

Hasan, A. (2014). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan, Caps. Yogyakarta

Hasibuan, L. (2018). Maudy Ayunda, si Ratu Endorse Produk Bermerek Nusantara. Cnbcindonesia.Com.https://doi.org/https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20180316171244-33-7561/maudy-ayunda-si-ratu-endorse-produk-bermerek-nusantara

Hermawan, A. (2019). Komunikasi Pemasaran (A. Mulana (ed.)), Jakarta : Erlangga

Industrial-tourism.com. (2019). PT Unilever Indonesia, https://www.industrial tourism.com/industrial/pt-unilever-indonesia-walls-ice-creamfactoryindex. htm

Islamiah, N., Tasrif, T., & Irham, I. (2021). Pengaruh Iklan Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah Di Kelurahan Penanae Kota Bima. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 8(1), 84–92, ISSN : 2774 - 0240

Jannah, F. W., Karnadi, K., & Harisandi, Y. (2022). Kualitas Produk Dan Celebrity Endorser Dalam Menentukan Minat Beli Produk Ms Glow Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening Di Hanaa Beauty Store Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (Jme), 1(3), 493–507, ISSN: 2964 - 8750, https://doi.org/10.36841/jme.v1i3.1982

Kesumahati, E., & Febrianti, F. (2022). The Influence Of Advertising, Celebrity Endorsement, Brand Awareness, And Brand Image On Purchase Intention Of Local Skincare Products. Combines-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, 2(1), 289–303, ISSN : 2776 - 5644

Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management (15e ed.), New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Kusuma, A. M., Hikmah, M. A., & Marom, A. (2020). Pengaruh Islamic Branding, Kualitas Produk, dan Lifestyle terhadap Minat Pembelian Produk Skincare pada Generasi Millenial di Kabupaten Kudus. Bisnis: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 289–302, ISSN: 2477 - 5533 https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.9165

Laraswanti, N., & Setyawati, H. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust dan Variety of Selection Terhadap Minat Beli Body Lotion Scarlett Whitening: Studi Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 4(1), 97–111, ISSN : 2721-2777, https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i1.67

Mardiana, N. R. (2019). Analisa Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Emina. Jurnal Online Internasional & Nasional, 53(9), 1689–1699, ISSN : 2502 - 3632

Mayla, P. (2021). Penyebab Muncul Jerawat di Usia 20an dan 30an. Kompas.Com, https://www.kompas.com/parapuan/read/532730097/penyebab-muncul-jerawat-di-usia-20an-dan-30an

Megayani, & Marlina, E. (2019). The Influence Of Celebrity Endorsment On Purchase Intention Through Brand Image (Case Study On Geprek Bensu in Rawamangun Periode 2018). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 175–193, ISSN 1693-8364

Mundir, A., Nizar, M., Mustaqimah, A. R., & Faujiah, A. (2021). Pengaruh Iklan, Brand Image Dan Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Santriwati Pada Produk Kecantikan Kosmetik Wardah Menurut Presfpektif Ekonomi Islam Di Asrama I Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan. Ekosiana: Jurnal Ekonomi Syariah, 8(2), 1–28, ISSN : 2598 - 4276, https://doi.org/10.47077/ekosiana.v8i2.184

Muryati, M., & Zebua, A. J. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 748–753, ISSN : 2549 - 4236 https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1536

Ponds.co.id.(2023).SejarahPonds,https://www.ponds.com/id/tentangponds/sejarah-ponds.html

Prabantoro, G., & Hardiyanti. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, Citra Merek ( Brand Image ), Dan Bintang Iklan ( Celebrity Endorser ) Terhadap Minat Beli Kosmetik Focallure “Studi Kasus : PT Hexindo Adi Perkasa, Tbk.” 1–19.

Pratiwi, A. A. E., Purwanto, H., & Sidanti, H. (2022). The effect of halal awareness and religiosity on purchase decisions with purchase intentions as intervening variables. Asia Pacific Journal of Business Economics and Technology, 2(04), 1–9, ISSN : 2809-2279, https://doi.org/10.98765/apjbet.v2i06.65

Qonita, A., & UST, A. F. E. (2018). Analisis Pengaruh Iklan, Celebrity Endorser, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Wardah Kosmetik (Survei Pada Calon Konsumen Wardah Kosmetik Complek Pondok Pesantren Mulungan Wetan, Mlati, Sleman, DIY). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(8), 121-131, ISSN : 2656 - 4149

Ramlawati, R., & Lusyana, E. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Wardah Pada Mahasiswi Hpmm Cabang Maiwa Di Makassar. Jurnal Manajemen & Organisasi Review (Manor),2(1),65–75. ISSN: 2657-0130 https://doi.org/10.47354/mjo.v2i1.181

Riadi, M. (2023). Kualitas Produk (Pengertian, Manfaat, Dimensi, Perspektif Dan Tingkatan).Kajianpustaka.Com.https://www.kajianpustaka.com/2020/02/kualitas-produk-pengertian-manfaat-dimensi-perspektif-dan-tingkatan.html

Rizkiany, R. F., & Millanyani, H. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Merek Ponds Terhadap Brand Authenticity Dengan Variabel Antara Clarity Of Positioning. EProceedings of Management, 8(6), 7892, ISSN : 2355-9357

Sekaran, Uma, R. B. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian (6th ed.). Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Sf Syed Alwi, T. M. (2018). Islamic Marketing and Branding, T. C. Melewar

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi (7th ed.), Jakarta : Salemba Empat

Subastian, D. V., & Firsa, E. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Celebrity Endorser Raffi Ahmad Terhadap Minat Beli Produk Skincare MS. Glow. Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 1–10, ISSN : 2829 - 2944, https://doi.org/10.24042/revenue.v2i1.7691

Sucofindo.co.id. (2023). Pentingnya Sertifikasi Halal Produk Bagi Perusahaan. https://www.sucofindo.co.id/artikel-1/perdagangan-besar-dan eceran/sertifikasi-5/mengapa-sertifikasi-halal-produk-penting-bagi-perusahaan/

Sudana, I Made, R. H. S. (2018). Metode penelitian bisnis dan analisis data dengan SPSS. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung ; Cv Alfabeta.

Suleha, Y. (2018). Alasan Mengapa Wanita Mengejar Kecantikan. Medcom.Id, https://www.medcom.id/rona/kesehatan/yNLdDQ9N-alasan-mengapa-wanita-mengejar-kecantikan

Suryana, A. (2017). Komunikasi Pemasaran (3rd ed.), Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Suryani, H. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta : Prenada Media Group.

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran Jasa prinsip, penerapan, penelitian, Yogyakarta: Andi Offset

Umi Narimawati, Jonathan Sarwono, Dadang Munandar, M. B. W. (2020). Metode Penelitian dalam Implementasi Ragam Analisis: untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi (1st ed.). Yogyakarta : Andi.

Warnadi, A. T. (2019). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Cv Budi Utama

Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai Mediasi (Studi Pada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 74–97,ISSN:2598-9618, http://doi.org/10.25273/capital.v2i2.3984

Widyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu (Edisi 1), Jakarta: Universitas Pancasila

Wijaya, T. (2018). Manajemen kualitas jasa (2nd ed.), Jakarta : PT Indeks

Yanti, N. D., & Darwanto, D. (2021). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Dan Digital Selling Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(01), 1–22, ISSN: 2614-8838 http://dx.doi.org/10.30868/ad.v4i01.1144

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori Dan Strategi (Edisi 1), Lombok Tengah : Forum Pemuda Aswaja




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.7246

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics