Pengaruh Program Gratis Ongkir, Discount, dan Flash Sale Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pengguna TikTok Shop Pada Masyarakat Di Dusun Pembangunan I Desa Sekip Lubuk Pakam)

Kaniya Oktavyana, M. Dani Habra, Mhd. Hilman Fikri, Horia Siregar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gratis Ongkir, Discount dan Flash Sale TikTok Shop terhadap impulse buying konsumen di Dusun Pembangunan I Desa Sekip Lubuk Pakam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang pernah melakukan pembelian minimal satu kali di aplikasi TikTok Shop. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner. Dalam penelitian ini, variabel Gratis Ongkir, Discount dan Flash Sale sebagai variabel independen dan variabel Impulse Buying sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan purposive sampling yang menggunakan beberapa kriteria. Analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji t & Uji f) dan Uji Koefisien Determinasi R2 dengan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa secara persial (uji t) variabel Gratis Ongkir dan Discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Dan variabel flash sale berpengaruh negatif terhadap impulse buying. Secara simultan (uji f) variabel Gratis Ongkir, Discount dan Flash Sale berpengaruh terhadap impulse buying.
Kata Kunci:
Gratis Ongkir, Discount, Flash Sale dan Impulse Buying

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ade Kafa Bih, A. W. (2023). Pengaruh gaya hidup berbelanja, electronic word of mouth dan flash sale terhadap pembelian impulsif pada social commerce Tiktok Shop (Studi kasus pada mahasiswa pengguna tiktok shop di kota Malang). E-Jurnal Riset Manajemen.

Alyasinta Viela Tusanputri. (2021a). Pengaruh Iklan Dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-Commerce Tiktok Shop. Jurnal Feb Unmul, 23(4), 633.

Alyasinta Viela Tusanputri, A. (2021b). pengaruh iklan dan program gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian di platform e-commerce tiktok shop. Fakultas Ekonomi Ban Bisnis Universitas Dian Nusantoro, Semarang.

Amanah Dita dan Stephany P. Pelawi. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) Terhadap Impulsive Buying Produk Matahari Plaza Medan Fair). Jurnal Quanomic, 3(2).

Andi Rusni, A. S. (2022). Pengaruh motivasi belanja hedonis, diskon harga dan tagline “gratis ongkir” terhadap keputusan pembelian impulsif secara online di shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis.

Andina Wulandari, D., & Primasatria Edastama. (2022). Pengaruh Gratis Ongkir, Flash Sale, Dan Cashback Atas Pembelian Impulsif Yang Dimediasi Emosi Positif. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 29–36. https://doi.org/10.30640/jumma45.v1i2.320

Andriany, D., & Arda, M. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. Prosiding FRIMA, 428–433.

Ardin, W. N. (2021). Pengaruh Flash Sale dan Tagline “ Gratis Ongkir ” Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online. Jurnal ILMU ADMINISTRASI BISNIS.

Baskara, I. B. (2018). PENGARUH POTONGAN HARGA (DISCOUNT) TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA (IMPULSE BUYING) (studi pada pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Manajemen Bisnis.

Dermawansyah Darwipat, A. S. (2020). Pengaruh program flash sale terhadap perilaku impulsive buying konsumen marketplace. Journal of Economic Education and Enterpreneurship Studies.

Dwi Padmasari, W. W. (2022). Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, dan Sales promotion terhadap impulse buying pada pengguna e-commerce. Jurnal Ilmu Manajemen.

Ermy Wijaya, Y. O. (2019). Faktor yang mempengaruhi impulse buying pada hodshop bengkulu. Jurnal Ekonomi Bisnis.

Erna Umi Fatmawati, R. K. (2022). Pengaruh diskon harga dan kualitas produk terhadap pembelian impulsif secara online (Studi pada pengguna shopee di kalangan mahasiswa kampus swasta UNISMA dan UMM). JLAGABI.

Firmansyah, L. M. (2021). Mengenal social commerce dalam bisnis: arti dan manfaat. Diambil kembali dari Fortuneidn.com: https://www.fortuneidn.com/tech/luky/mengenal-social-commerce-dalam-bisnis-arti-dan-manfaat.

Fitria, D. F., & Istiyanto, B. (2024). Pengaruh Flash Sale, Discount Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pengguna Shopee Di Soloraya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 712–723. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i2.1031

Geofakta Razali, D. A. (2022). Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia.

Hussein, A. (2021). Pengaruh shopping enjoyment dan price discount terhadap impulsive buying pada market place shopee (studi pada mahasiswa FEB UMSU).

Imam Ghazali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Indah Respati Kusumasari. (2022). PENGARUH FLASH SALE, DISKON, DAN SUBSIDI GRATIS ONGKIR TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF ADMINISTRASI BISNIS UPN “VETERAN” JAWATIMUR). Jurnal Bisnis Indonesia, 2(18).

Indrajit, R. E. (2017). Elektronic Commerce, strategi dan konsep bisnis di dunia maya. Gramedia.

Jannah, M. (2021). Pengaruh diskon flash sale, rating dan gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee.

Kotler, P., & Keller, K. LKotler, P., & Keller, K. L. (2015). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.

Kusumasari, I. R. (2020). Pengaruh flash sale. diskon, dan subsidi gratis ongkir terhadap perilaku impulse buying pengguna marketplace shopee (Studi pada mahasiswa aktif administrasi bisnis UPN “Veteran” Jawa Timur).

Laura Pandan Wangi, S. A. (2021). Pengaruhu flash sale dan cashback terhadap perilaku impulse buying pada pengguna shopee. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.

Marpaung, I. (2022). Pengaruh Iklan, Sistem COD, Dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktokshop ( Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Sumatera Utara ). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 9(3).

Melina, & Kadafi, M. A. (2020). Pengaruh Price Discount Dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen, 1(4).

Muri Yusuf. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.

Nighel, S., & Sharif, O. O. (2022). Pengaruh Flash Sale terhadap Pembelian Impulsif E-Commerce Shopee di Jawa Barat. E-Proceeding of Management, 9(3), 1335-`1344.

Nirta Vera Yustanti. (2022). Dampak Tagline Gratis Ongkos Kirim dan Program Flash Sale pada Marketplace Shoppe untuk Mendorong Impulsive Buying secara Online. Ekonomi Bisnis, 1(2).

Novian, M. H. (2022). FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING PADA MASA. CIDEA JOURNAL, 5.

Owen de Pinto Simanjuntak. (2022). Pengaruh Flash Sale Promotion dan Discount Terhadap Online Impulsif Buying, dalam Ekonomi dan Bisnis.

Populix. (2022). populix. Diambil kembali dari info.populix.co: https://info.populix.co/articles/free-ongkir-adalah/#:~:text=Seperti%20yang%20telah%20dijelaskan%20di,tidak%20menanggung%20biaya%20alias%20gratis.

Putra, N. B., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2020). Pengaruh Diskon Dan Pemberian Hadiah Terhadap Pembelian Impulsif Pada Fashion Retail (Survei Online Pada Konsumen Matahari Department Store Di Malang Town Square). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(4), 1–9.

Rahmadani, W. (2021). Pengaruh diskon dan kualitas produk terhadap impulse buying pada online shop Tokopedia (studi pada mahasiswa UMSU).

Razaq, A. (2021). Fenomena Flash Sale pada Era Digital. Diambil Kembali Dari Kumparan.Com: Https://Kumparan.Com/Annafirazaq/Fenomena-Flash-Sale-Pada-Era-Digital-1wSuv2x6z3k/1.

Renita. (2022). Pengaruh Program Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Dan Shopping Enjoyment Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(2).

Rhani Nastiti, & Edi Suswardji Nugroho. (2020). The Effect Of Flash Sale And Discount Towards Impulsive Buying (Study On Shopee Users). Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 22(4), 1–8.

Riadi, M.(2021). Diskon (Pengertian, Tujuan, Jenis, Indikator dan faktor yang mempengaruhi). ). Diambil Kembali Dari Kajianpustaka.Com: Https://Www.Kajianpustaka.Com/2021/02/Diskon.Html.

Saebah, N. (2020). Pengaruh Promosi Gratis Ongkir Terhadap Impulse Buying dengan Flash Sale Sebagai Variable Intervening Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 11.

Sarah, E. M., & Sitanggang, K. M. (2022). Pengaruh Flash Sale Promotion Dan Discount Terhadap Online Impulsive Buying Di Universitas Sari Mutiara Indonesia. Journal Business Economics and Entrepreneurship, 4(1), 62–64.

Sari, v. n. (2019). pengaruh gratis ongkos kirim,diskon dan iklan shopee terhadap keputusan pembelian konsumen pada mahasiswa jurusan manajemen. Manajemen Bisnis.

Setiaji, B. (2015). Jalan Mudah Ke Analisis Kuantitatif Dilengkapi dengan Tutorial SPSS. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Simamora, B. (2018). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, KualitatifF, Dan R&D. Alfabeta.

Syauqi, A., Lubis, F. A., & A. (2022). Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2, 734–749.

Syofian Siregar. (2018). Statistik Parametric Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Akhsara.

Vernandi, P. R. (2023). PENGARUH CASH ON DELIVERY, PROMO GRATIS ONGKIR DAN CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA SITUS MARKETPLACE SHOPEE DI WILAYAH KOTA TANGERANG. 2(5).

Waty, E., Ningrum, D. agustya, Setyobudi, Haryanti, C. S., Yuliandhari, W. S., & Suarni, A. (2023). Buku Ajar Teori Akuntansi (Efitra (ed.); Pertama). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wulan Nabila Ardin. (2020). Pengaruh Flash Sale Dan Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee di Universitas Sumatera Utara). Akuntansi Ekonomi.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.7271

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics