Pengaruh Intensitas Komunikasi Guru Terhadap Tingkat Pemahaman Pelajaran Akuntansi Kelas XII IIS di SMA Negeri 11 Makassar

Ghina Azhzhahra Dhiyaulrizq, Samirah Dunakhir

Sari


Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh intensitas komunikasi guru terhadap pemahaman pelajaran akuntansi pada siswa kelas XII IIS di SMA Negeri 11 Makassar. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, penelitian ini melibatkan 45 siswa yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket berbasis skala Likert untuk menilai intensitas komunikasi guru dan tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi guru berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 74%, sementara tingkat pemahaman siswa juga tinggi, yaitu rata-rata 78%. Analisis regresi linear sederhana mengungkapkan pengaruh positif dan signifikan dari intensitas komunikasi guru terhadap pemahaman siswa, dengan koefisien regresi 0,955 dan nilai signifikansi 0,003. Koefisien determinasi sebesar 18,9% menunjukkan kontribusi intensitas komunikasi guru terhadap pemahaman siswa, sedangkan 81,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulannya, komunikasi guru yang efektif berperan penting dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran akuntansi.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Baralihan, F. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan, 3(2), 45-60.

Chaplin, J. P. (2000). Dictionary of Psychology. New York: Harper & Row.

Devito, J. A. (2013). The Interpersonal Communication Book. Boston: Pearson.

Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Komunikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyana, D. (2012). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda Karya.

Purwanto, M. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rukajat, A. (2018). Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.7272

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics