Implementasi Mesin Samsat Digital Mandiri Dan Samsat Drive Thru Sebagai Bentuk Inovasi Dari Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil inovasi pelayanan pajak kendaraan bermotor melalui implementasi mesin SAMSAT Digital Mandiri dan SAMSAT Drive Thru di Terminal Leuwi Panjang, Kota Bandung. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis implementasi inovasi tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mesin SAMSAT Digital Mandiri dan SAMSAT Drive Thru memberikan kemudahan, kecepatan, dan efisiensi dalam proses pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Namun, penelitian juga menemukan beberapa kekurangan yang perlu diatasi untuk mencapai optimalisasi penuh dari layanan ini. Keterbatasan informasi, ketergantungan pada teknologi, keterbatasan jenis pembayaran, dan keterbatasan jangkauan wilayah pelayanan adalah tantangan yang harus diatasi oleh pihak terkait. Ketidakmampuan sebagian wajib pajak untuk mengakses atau memahami teknologi ini, serta risiko gangguan teknis, menjadi perhatian utama yang harus ditangani melalui edukasi yang lebih baik dan peningkatan infrastruktur teknologi. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat serta peningkatan fasilitas pendukung untuk mengoptimalkan penggunaan layanan ini.
Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Pajak Kendaraan Bermotor, SAMSAT Digital Mandiri
ABSTRACT
This research aims to analyze the results of motor vehicle tax service innovation through the implementation of the SAMSAT Digital Mandiri and SAMSAT Drive Thru machines at the Leuwi Panjang Terminal, Bandung City. This research approach uses a case study method with a qualitative approach to analyze the implementation of this innovation. Data was collected through interviews, observation and documentation studies. The research results show that the use of the SAMSAT Digital Mandiri and SAMSAT Drive Thru machines provides convenience, speed and efficiency in the motor vehicle tax payment service process. However, the research also found several shortcomings that need to be addressed to achieve full optimization of this service. Limited information, dependence on technology, limited types of payment, and limited service area coverage are challenges that must be overcome by the relevant parties. The inability of some taxpayers to access or understand this technology, as well as the risk of technical glitches, is a major concern that must be addressed through better education and improved technological infrastructure. This research provides recommendations for increasing outreach and education to the community as well as improving supporting facilities to optimize the use of this service.
Keywords: Service Innovation, Motor Vehicle Tax, SAMSAT Digital Mandiri
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Aisyah, N. (2023). Sistem informasi pengolahan data inventory barang pada toko penta komputer. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (Jnkti), 6(4), 460-468. https://doi.org/10.32672/jnkti.v6i4.6365
Ajzen, I. (1985). “From Intentions To Actions: A Theory Of Planned Behavior. Action Control”. Springer-Verlag Berlin Heidelberg, pp. 11-39.
Ajzen, I. (2005). “Attitudes, Personality and Behavior”.
Ambarwati, A., & Nurbaeti, A. (2024). Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Provinsi Dki Jakarta Tahun 2020–2022. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 4(2), 189-198.
Bela, M. S., & Singgih, R. P. (2022). Inovasi Layanan Drive Thru Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor SAMSAT Kota Bekasi. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 36-44.
Budiharto, T. (2024). Insentif Pajak Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pajak Di Indonesia: Telaah Fungsi Redistribusi Pada Masa Pandemi. Jurnal Hukum Progresif, 12(1), 32-44.
Filial, A. S. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Drive Thru Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Roda Empat Di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan= Effectiveness Of The Application Of The Drive Thru Method In Tax Payment Of Four Wheel Vehicles In The Revenue Agency Of South Sulawesi Province (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Firdaus, M. (2023). Peningkatan tata kelola administrasi berbasis google drive pada gerakan pemuda ansor pimpinan anak cabang perak jombang. Bhakti Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(02), 086-091. https://doi.org/10.33367/bjppm.v2i02.4199
Hakim, L. (2023). Inovasi pelayanan SAMSAT Drive Thru pada pusat pengelolaan pendapatan daerah Kota Bandung III Soekarno Hatta (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Handayani, A., & Fitria, A. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Pajak Drive Thru Unit Pelayanan Cepat (UPC) Pada SAMSAT Rajabasa Lampung.
Iqbal, M., & Kariyani, L. N. (2023, August). Analisis Pelayanan Adminitrasi Menuggal Satu Atap Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik (Studi Kantor SAMSAT Kabupaten Sumbawa). In Proceeding Of Student Conference (Vol. 1, No. 5, pp. 543-551).
Maulida, S., Marundha, A., & Khasanah, U. (2023). Akses pajak, Sosialisasi Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Sistem SAMSAT Drive Thru dan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(3), 241-251.
Nurhayati, N. (2023). Pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan pajak, sanksi perpajakan dan akuntabilitas pelayanan publik pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor (Doctoral dissertation, Universitas Islam" 45" Bekasi).
Peraturan Daerah (PERDA) Provinsi Jawa Barat Nomor 9 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah..
Prayitna, S., & Witono, B. (2022). Pengaruh Sistem SAMSAT Drive Thru, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Pengetahuan Perpajakan Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib pajak SAMSAT Kota Surakarta). Ikraith-Ekonomika, 5(1), 134-141.
Putri, R. I., & Zulkarnaini, Z. (2022). Inovasi Pelayanan Drive Thru di Polres Kabupaten Rokan Hilir. JURNAL Hukum, Politik Dan Ilmu Sosial, 1(4), 88-96.
Ramadi, K. A. D., & Sandiasa, G. (2024). Inovasi Pelayanan SAMSAT Drive Thru Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor SAMSAT Kabupaten Buleleng. Locus, 16(1), 62-74.
Santoso, A. (2024). Insentif Perpajakan Selama Dua Dekade: Systematic Literature Review. Jurnal Kendali Akuntansi, 2(2), 254-273.
Sipahutar, H. (2021). Efektivitas Inovasi Kebijakan Pelayanan Publik. In Indocamp.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA.
Sugiyono. (2023). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABETA.
Suryani, I. and Ningsih, T. (2022). The implications of learning the science of kalam and its ideology for children. Jurnal Basicedu, 6(2), 2242-2252. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2419
Untoro, M. (2024). Digitalisasi informasi sebagai penunjang efektivitas pelayanan administrasi koperasi argo mulyo lestari. Parta Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 121-133. https://doi.org/10.38043/parta.v4i2.4588
Widyantika, A. A., Suriata, I. N., & Umbas, R. (2023). Efektivitas Penerapan SAMSAT Drive Thru Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Gianyar. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 25-38.
Yasa, I. K. T. U., & Dewi, N. A. W. T. (2022). Mengungkap Efektivitas Inovasi Layanan SAMSAT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak:(Studi Kasus di Kantor Bersama SAMSAT Badung). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 12(3), 596-605.
Zai, S., Sutipa, E., Eko, Z., & Sukmajati, A. (2021). Pelatihan platform digital bisnis dan aplikasi keuangan pada umkm jaringan muda wonosari – delanggu di masa pandemi covid-19. Budimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 303. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i2.3022
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i3.7392
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.