Pengaruh Loyalitas Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Ulang Air Mineral Kemasan Galon Aqua

Aola Aufiyatu Annajah, Era Agustina Yamini

Sari


Latar Belakang : Peningkatan perekonomian di Indonesia mendorong persaingan ketat dalam
berbagai industri, termasuk Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK), dengan penjualan AMDK
mencapai sekitar Rp152 triliun pada 2022. Indonesia merupakan pasar AMDK terbesar kelima
di dunia, dengan merek Aqua menjadi pemimpin pasar, namun menghadapi isu terkait kemasan
galon yang diduga mengandung bahan berbahaya, Bisphenol A (BPA). Isu ini telah
mengurangi kepercayaan konsumen, mempengaruhi penjualan, dan mendorong Aqua untuk
melakukan klarifikasi mengenai keamanan kemasannya. Fenomena ini menunjukkan
pentingnya loyalitas merek dan kepercayaan dalam mempengaruhi minat beli ulang di pasar
AMDK. Tujuan Penelitian : Untuk menguji pengaruh loyalitas merek dan kepercayaan merek
terhadap minat beli ulang air mineral kemasan galon aqua. Metode Penelitian : Penelitian
ini menggunakan data kuantitatif dengan data primer melalui kuesioner. Sampel penelitian
dipilih pada masyarakat yang tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta sejumlah 385 responden.
Teknik pengambilan sampel secara non-probabilitay sampling pada Masyarakat Daerah
Istimewa Yogyakarta. Hasil Penelitian : menunjukkan bahwa loyalitas merek berpengaruh
signifikan dan positif terhadap minat beli ulang, kepercayaan merek berpengaruh signifikan
dan positif terhadap minat beli ulang. Sedangkan loyalitas merek dan kepercayaan merek
berpengaruh signifikan dan positif secara simultan terhadap minat beli ulang. Kesimpulan :
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa loyalitas merek Berpengaruh signifikan dan
positif secara parsial terhadap minat beli ulang, kepercayaan merek berpengaruh signifikan dan
positif secara parsial terhadap minat beli ulang, sedangkan loyalitas merek dan keperc

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Alvarez, D. M., dan Rubiyanti, R. N. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Berulang (studi Di Lakukan Pada Konsumen Produk Eiger Di Kota Bandung). eProceedings of Management, 8(3).

Başer, İ., Cintamür, İ., dan Arslan, F. (2015). Examining the effect of brand experience on consumer satisfaction, brand trust and brand loyalty. Marmara Üniversitesi İktisadi ve İdari Bilimler Dergisi, 37(2), 101-128.

Chiang, Yu-Jen. (2016). Examining the Relationships between Destination Image, Place Attachment, and Destination Loyalty in the Context of Night Markets. International Journal of Business and Management. Vol. 11, No. 2; 2016

Delgado-Ballester, E., Munuera-Aleman, J. L., dan Yague-Guillen, M. J. (2003).

Development and validation of a brand trust scale. International journal of market research, 45(1), 35-54.

Fandiyanto, R., dan Kurniawan, R. E. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” Di Coffee Josh Situbondo. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 7(1), 21-42.

Febrini, I. Y., Widowati, R., dan Anwar, M. (2019). Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35-54.

Ghazali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.

Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan,J.N.,&Indriyani,R.(2022).Pengaruh Online Innovation Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Sayur box di Wilayah Jawa Timur Melalui Mediasi Customer Experience dan Customer Trust.Agora,10(2).

Khalis, V. M., dan Komariah, K. (2022). Analisis Kualitas Produk Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(2), 857-865.

Kustini, Nuruni Ika. "Experiential marketing, emotional branding, and brand trust and their effect on loyalty on Honda motorcycle product." Journal of Economics, Business, dan Accountancy Ventura 14.1 (2011).

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global Edition (17th

Editi). Pearson Education : London., 2018.

Kotler Philip, K. L. K. (2016). Marketing management. 15th edition/Philip kotler : Kevin Lane Keller (15th ed.). Pearson Education : Boston., 2016.

Kotler, P., Keller, K. L., dan Chernev, A. (2022). Marketing Management Global

Edition (16th Editi). Peason Education : Harlow., 2022.

Laksono, A. W., dan Suryadi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic Journal of Management Research, 5(1), 8-16.

Leonnard, S. E. (2017). The relationship of service quality, word-of-mouth, and repurchase intention in online transportation services. Journal of process management and new technologies, 5(4).

Mustika, M. A. C. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mixue Ice Cream And Tea di Kota Bandar Lampung. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 2(2), 35-46.

Pandiangan, K., Masiyono, M., dan Atmogo, Y. D. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi brand equity: brand trust, brand image, perceived quality, dan brand loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471-484.

Pather, P. (2017). Brand equity as a predictor of repurchase intention of male branded cosmetic products in South Africa. Business dan Social Sciences Journal 2.1 (2017): 1-23.

Pranata, Z., dan Permana, D. (2021). Identifying the Role of Brand Loyalty in the Relationship between Brand Awareness, Brand Association and Repurchase Intention. European Journal of Business and Management Research, 6(1),

–133.

Riani, O., Wijayanto, G., dan Rosyetti, R. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Brand Loyalty Dan Repurchase Intention Pada Konsumen Produk Maybeline Di Kota Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 4.1 (2023): 104-116.

Sadikin, M. R., dan Aprilianto, E. (2022). Pengaruh Brand Awareness, Brand Trust Dan Brand Loyalty Terhadap Repurchase Intention Smartphone Iphone (Studi Pada Mahasiswa S1 Feb Mercu Buana Jakarta Dan Karyawan Pt Go-Jek Indonesia). Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK), 3(1), 36-

Safitri, T. S., dan Haryanti, D. S. (2023). The Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Celebrity Endorsement terhadap Purchase Intention pada Pelanggan Shampo Clear di Jakarta. E-Jurnal Manajemen Trisakti School of Management (TSM), 3(3), 17-32.

Saputra, R. Y. B., dan Lusia, A. (2023). Pengaruh Brand Loyalty, Brand Trust Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Paket Data Tri Di Solo Raya. Indonesian Journal of Strategic Management, 6(2), 71-82.

Severi, E., dan Ling, K. C. (2013). The mediating effects of brand association, brand loyalty, brand image and perceived quality on brand equity. Asian Social Science. Journal, 9(3), 125.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Tarigan, J., dan Nuvriasari, A. (2023). Pengaruh Loyalitas Merek Pengalaman Pelanggan dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Ulang Produk Skincare Scarlett. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17369-17378.

Tiyasherlinda, G., dan Novitaningtyas, I. (2021). Brand experience, brand commitment, and brand loyalty of Xiaomi smartphone users in Magelang. International Journal of Marketing dan Human Resource Research, 2(4), 189-196.

Uluvianti, L. D., Dirgantara, I. M. B., dan Octavio, D. Q. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Beberapa E- Commerce. Diponegoro Journal of Management, 11(6).

Wahyuni, S. (2020). Metoda Penelitian Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta : UPP STIM YKPN, 2020

Wantara, P. (2015). The relationships among service quality, customer satisfaction, and customer loyalty in library services. International Journal of Economics and Financial Issues, 5(1), 264-269.

Wardhani, M. K., dan Sudarwati, I. A. D. (2021). Keputusan Pembelian Ulang Ditinjau Dari Citra Merek, Media Iklan, dan Brand Trust Pada Produk Imboost Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika–Vol, 5(01).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i3.7395

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics