Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek Dan Getok Tular Elektronik Terhadap Minat Beli (Studi Kasus: Merek Miniso)

Yultonik Yultonik, Fitri Maulidah Rahmawati

Sari


Latar Belakang: Saat ini digitalisasi memegang peranan penting dalam mendukung aktivitas perusahaan. Perkembangan dunia digital di Indonesia sangatlah pesat, ditandai dengan meningkatnya penggunaan media sosial dalam melakukan jual beli produk. Salah satu merek yang menjual produknya di media sosial adalah Miniso. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek dan Getok Tular Elektronik terhadap Minat Beli konsumen pada merek Miniso. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan melalui google form. Alat analisis yang digunakan adalah program SPSS versi 19. Populasi yang diambil mencakup masyarakat Indonesia pengguna media sosial dan e-commerce sebanyak 430 responden. Metode pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data analisis dari statistik deskripsi, uji validitas, uji reliabilitas data dan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (adjusted R2). Hasil Penelitian: Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan kesadaran merek terhadap minat beli dengan thitung > ttabel (2,147>1,966) dan sig. (0,033<0,05), terdapat pengaruh positif signifikan citra merek terhadap minat beli dengan thitung > ttabel (3,257>1,966) dan nilai sig. (0,001<0,05), terdapat pengaruh positif signifikan getok tular elektronik terhadap minat beli thitung > ttabel (21,462>1,966) dan nilai sig. (0,000<0,05), terdapat pengaruh positif signifikan secara simultan antara kesadaran merek, citra merek dan getok tular elektronik terhadap minat beli dengan Fhitung > Ftabel (627,745>2,393) dan nilai sig. (0,000 < 0,05). Kesimpulan: Disimpulkan bahwa kesadaran merek berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap minat beli, citra merek berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap minat beli, getok tular elektronik berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap minat beli, kesadaran merek, citra merek dan getok tular elektronik berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap minat beli.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahmad, S. N., dan Laroche, M. (2017). Analyzing electronic word of mouth: A social commerce construct. International Journal of Information Management, 37(3), 202-213.

Akkaya, M. (2021). Understanding the impacts of lifestyle segmentation & perceived value on brand purchase intention: An empirical study in different product categories. European research on management and business economics, 27(3), 1-11.

Amed, S., Mukherjee, S., Das, P., & Datta, B. (2019). Triggers of positive eWOM: exploration with web analytics. Marketing Intelligence & Planning, 37(4), 433-450.

Benowati, S. G., dan Purba, T. (2020). Pengaruh citra merek dan electronic word of mouth terhadap minat beli kosmetik Wardah di kota Batam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Triangle, 1(2), 356-370.

Büyükdağ, N. (2021). The effect of brand awareness, brand image, satisfaction, brand loyalty and WOM on purchase intention: An empirical research on social media. Business & Management Studies: An International Journal, 9(4), 1380-1398.

Chetioui, Y. H., Benlafqih, H., dan Lebdaoui, H. (2019). How fashion influencers contribute to consumers purchase intention. Journal of Fashion Marketing and Management, 24(3), 361–380.

Diyansari, N., dan Hadi, M. (2021). Pengaruh E-WOM (Electronic Word of Mouth) dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen Dessert Box Bittersweet By Najla. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(2), 61-64.

Euromonitor, (2022). Jumlah Gerai Retail Asing di Indonesia 2022 dalam https://Euromonitor.retailasing.com, diakses tanggal 08 Novemver 2023.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Universitas Diponegoro, Semarang.

Goyette, I., Ricard,L.,Bergeron,J. & Marticotte, F (2010). e-WOM Scale: Wordof-Mouth Measurement Scale for e-Services Context, Canadian Journal of Administrative Sciences,27(1),5-23.

Hakim, L. L., dan Keni, K. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Customer Perceived Value Terhadap Purchase Intention. Jurnal manajemen bisnis dan kewirausahaan, 4(3), 81-86.

Hakim, L., dan Saragih, R. (2019). Pengaruh citra merek, persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen npk mutiara di ud. barelang tani jaya batam. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 37-53.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/14/sebanyak-115-juta-masyarakat-indonesia-menuju-kelas-menengah, diakses tanggal 24 Janurai 2024.

Itasari, A. A., Hastuti, N. H., dan Supriyadi, A. (2020). Pengaruh word of mouth, electronic word of mouth dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. ETTISAL: Journal of Communication, 5(2), 260-271.

Kotler, P., dan Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas Jilid 1. Indeks, Jakarta.

Kusnandar, V., B. (2022). Sebanyak 115 juta Masyarakat Indonesia menuju Kelas Menengah. Databoks.

Kusuma, A. F., dan Wijaya, T. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli: Peran Mediasi Citra Merek. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 30-42.

Manuella, W., dan Sander, O. A. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di Instagram Terhadap Minat Pembelian pada Merek Kosmetik Lokal yang Dimediasi oleh Citra Merek dan Sikap Merek. Milestone: Journal of Strategic Management, 2(2), 91-102.

Miniso. (2023). Home, Brand, produck, News, Store, and Contact dalam https://www.miniso.com/EN/Brand/Founder, diakses tanggal 08 November 2023.

Mulyansyah, G. T., dan Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh digital marketing berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian kuliner di kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1097-1103.

Nikmatulloh, AA, dan Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Minat Belanja Online Di Marketplace Bukalapak (Studi Pada Pengguna Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis , 10 (1), 837-848.

Nuseir, M. T. (2019). The impact of electronic word of mouth (E-WOM) on the online purchase intention of consumers in the Islamic countries–a case of (UAE). Journal of Islamic Marketing, 10(3), 759-767.

Poulis, A., Rizomyliotis, I., dan Konstantoulaki, K. (2019). Do firms still need to be social? Firm generated content in social media. Information Technology & People, 32(2), 387-404.

Purwanto, N., Budiyanto, B., dan Suhermin, S. (2023). Theory of Planned Behavior: Implementasi Perilaku Electronic Word of Mouth pada Konsumen Marketplace. Cetakan 1, April 2022. CV. Literasi Nusantara Abadi. Kota Malang. https://repository.stiedewantara.ac.id/4235/1/Theory%20of%20Planned%20Behavior.pdf, diakses 24 Januari 2024.

Putri, A. Y., dan Firman, F. (2023). The Impact Of Brand Awareness And Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Which Are Both Mediated By Brand Image, On Purchase Intent For Iphone Smartphone Devices. Marketing Management Studies, 3(2), 164-181.

Rahma, Y. P., dan Setiawan, M. B. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Sunscreen Azarine. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 744-752.

Saputra, S., dan Barus, F. M. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Citra Merek Terhadap Minat Belanja Konsumen Di Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 1-11.

Simulasi Kredit. Perbedaan Kelas Bawa vs Kelas Menengah vs Kelas Atas di Indonesia. SimulasiKredit.com. https://www.simulasikredit.com/perbedaan-kelas-bawah-vs-kelas-menengah-vs-kelas-atas-di-indonesia/, diakses tanggal 24 Januari 2024.

Sugiono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Syahira, A. N., & Fatchiya, A. (2022). Efektivitas E-WOM melalui Instagram sebagai Media Pemasaran Viral Agroeduwisata di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 6(3), 379-395.

Wardhana, A., (2022). Brand Marketing: The Art Of Branding. CV. Media Sains Indonesia. Kota Bandung - Jawa Barat. https://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2937/, diakses 18 November 2023.

Wardoyo, W., dan Andini, I. (2017). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasiswa universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12-26.

We Are Social. (2023). Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2023 dalam https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/, diakses tanggal 14 januari 2024.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i3.7396

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics