Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan Dengan Lingkungan Kerja, Reward, Dan Iklim Organisasi

Sanda Aulia Putri, Musoli Musoli

Sari


Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja, reward, dan iklim organisasi terhadap kinerja karyawan. Pertumbuhan rumah sakit di Indonesia telah mencapai lebih dari seribu rumah sakit yang bisa dibedakan menjadi empat tipe rumah sakit yaitu kelas A,B,C dan D. Pada rumah sakit kelas D yang terdapat pada Rumah Sakit Almah terdapat kinerja karyawan yang kurang memuaskan atau lambat. Kinerja karyawan dapat dipengaruhi beberapa faktor yaitu lingkungan kerja, kurangnya apresiasi atau penghargaan maupun iklim organisasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer melalui penyebaran kuesioner. Sampel penelitian pada seluruh karyawan Rumah Sakit Almah sejumlah 58 responden. Teknik pengambilan sampel secara probability sampling dengan menggunakan sampel jenuh. Menunjukkan bahwa lingkungan kerja, reward, dan iklim organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H1 : lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap H4 : kinerja karyawan, H2 : reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap H4 : kinerja karyawan, dan H3 : iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap H4 : kinerja karyawan. Sedangkan lingkungan kerja, reward, dan iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci:
Lingkungan Kerja, Reward, Iklim Organisasi, Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Bahri, S., 2018. Metodelogi Penelitian Bisnis. Andi, Yogyakarta.

Faida, E. W. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ergonomi Unit Kerja Rekam Medis. Dalam https://perpustakaan.stikeshb.ac.id. Diakses pada 28 Januari 2024.

Ghozali, Imam., 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 23, Universitas Diponegoro, Semarang.

Joni, J. Hikmah, H. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. 17 (1), 13-24.

Kawulur, T. K. Areros, W. A. dan Pio, R. (2018). Pengaruh Reward and Punishment terhadap Loyalitas Karyawan. Jurnal administrasi Bisnis, 6 (2), 68-76.

KPPN Palangkaraya, (2018). SDM (Sumber Daya Manusia). Pilar Penting Atas Keberhasilan dan Kegagalan Organisasi.

Larasati, W. dan Kertamukti, R. (2016). Penanganan Pengaduan Masyarakat Sebagai Pendukung Iklim Organisai. Jurnal Komunikasi, 9 (1), 97-113.

Litwin, G. H. Stringer, R. A., 1968. Motivation and Organizational Climate. Dalam https://books.google.com. Diakses pada 28 Januari 2024.

Mandagi, G. M. Areros, W. A. dan Sambul, S. A. P. (2020). Pengaruh Reward dan Punishment dan Terhadap Loyalitas Karyawan Pada PT. Bank SulutGo Cabang Utama Manado. Productivity, 1 (4), 297-300.

Masruro. A, Musoli. (2022). Pengaruh Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Perawat RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Jurnal Ekonomika dan Bisnis. 9 (2), 227-239.

Musoli, M. (2021). Peran Kepemimpinan Perempuan, Motivasi dan Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM), 6 (1), 64-88.

Nufus, H. (2021). Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Alfamart di Bintaro. Jurnal Tabdir Peradaban. 1 (3), 182-188.

Octorio. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan PT Matahari Department Store (Studi Kasus pada MDS 338 Palembang). Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3 (1), 1-5.

Putri, M. K. Septinar, H. dan Daulany, R. W. (2019). Analisis Pengaruh Pengelolaan Lingkungan terhadap Kondisi Masyarakat Hilir Sungai Musi. Jurnal Geografi, 16, (2), 80-89.

Riadi, M. (2018). Pengertian Dimensi, Faktor, dan Pengukuran Iklim Organisasi. Dalam https://www.kajianpustaka.com. Diakses pada 1 Februari 2024.

Robbins, S. P. dan Judge, T. A., 2015. Perilaku Organisasi. Salemba empat, Jakarta.

Silaen, dkk., 2021. Kinerja Karyawan. Widina Bhakti Persada, Bandung.

Suryadilaga, R. M. Musadieq, M. A. dan Nurtjahjono, G. E. (2016). Pengaruh reward dan punishment terhadap Kinerja (Studi pada Karyawan PT Telkom Indonesia Witel Jatim Selatan Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 39 (1), 156-163.

Widyanignrum, M. E., 2019. manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan pertama. Surabaya: UBHARA Manajemen Press.

Wijaya, L. F. (2021). Sistem Reward dan Punishment Sebagai Pemicu dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 1 (2), 1-11.

Wijayanti., 2017. Metodelogi Penelitian Ekonomi dan Bisnis Teori dan Praktik Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wirawan., 2016. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta, Penerbit: Salemba empat.

.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i3.7406

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics