Dampak Ketersediaan Infrastruktur Jalur Laut terhadap Perekonomian Masyarakat di Kelurahan Tanjung Kota Bima

Dewi Nur Anjani, Sunaini Rofi'ah

Sari


Penelitian ini menganalisis dampak ketersediaan infrastruktur jalur laut, khususnya pelabuhan kecil di Kelurahan Tanjung, Kota Bima, terhadap perekonomian masyarakat setempat menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Pelabuhan Tanjung berfungsi sebagai penghubung utama antara Kota Bima dan wilayah lain seperti Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi, mendorong pertumbuhan usaha mikro di sekitarnya, termasuk pedagang kaki lima, toko kelontong, dan penginapan. Meskipun demikian, penurunan volume arus barang di pelabuhan selama beberapa tahun terakhir telah mengurangi pendapatan masyarakat yang bergantung pada aktivitas pelabuhan. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun pelabuhan memiliki peran penting dalam ekonomi lokal, dampaknya masih terbatas. Diperlukan perhatian lebih lanjut dari pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur pelabuhan dan memberikan dukungan yang lebih besar bagi usaha mikro di sekitar pelabuhan untuk memastikan kesejahteraan ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik Kota Bima. (2023). Kecamatan Rasanae Barat dalam Angka 2023.

Notteboom, T., Pallis, A., & Rodrigue, J.-P. (2021). Port Economics, Management and Policy. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429318184

Park, J. S., & Seo, Y.-J. (2016). The impact of seaports on the regional economies in South Korea: Panel evidence from the augmented Solow model. Transportation Research Part E: Logistics and Transportation Review, 85, 107–119. https://doi.org/10.1016/j.tre.2015.11.009

Witte, P., Wiegmans, B., & Ng, A. K. Y. (2019). A critical review on the evolution and development of inland port research. Journal of Transport Geography, 74, 53–61. https://doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2018.11.001

Wu, Z., Woo, S.-H., Lai, P.-L., & Chen, X. (2022). The economic impact of inland ports on regional development: Evidence from the Yangtze River region. Transport Policy, 127, 80–91. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2022.08.012




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i3.7414

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics