Pengaruh Promosi Harga dan Kulalitas Pelayanan Terhadap kepuasan Konsumen Di Hotel TC Osseda

Suarneli Harefa, Otanius Laia, Serniati Zebua, Meiman H. Waruwu Waruwu

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada dan berapa persen pengaruh Promosi Harga dan Kualitas Pepelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel TC Osseda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari konsumen pengguna jasa Hotel TC Osseda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel promosi harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Hotel TC Osseda, dengan nilai signifikan < 0,05 dan memberikan sumbangan sebesar 18%. Variabel kualitas pelayanan juga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada Hotel TC Osseda, dengan nilai signifikan < 0,05 dan memberikan sumbangan sebesar 47,5%. Secara simultan variabel promosi harga dan kualitas pelayanan berpengaruh kuat dan positif terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel TC Osseda dengan nilai signifikan sebesar <0,05 dan memberikan sumbangan sebesar 48%. Promosi harga dan kualitas pelayanan yang baik mampu meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga memberikan kostribusi positif atau keuntungan bagi perusahaan.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Rujukan dari Buku

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Alfisyahri, F., dkk. (2023). Relevansi Antara Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Produk Dengan Tarif Biaya Tol Sebagai Alternatif Pendukung Untuk Kepuasan Pengguna Jalan Tol. CV. Adanu abimata.

Arinawati, E. dan Suryadi, B. (2023). Penataan Produk (C3) Kompetensi, Keahlian: Daring dan Pemasaran. CV. Budi Utama.

Arsawan, I. W. E., dkk. (2021). Buku Ajar Pengantar Bisnis. Nilacakra Publishing House.

Bahrani. (2022). Kualitas Layanan Perguruan Tinggi: Komponen dan Metode. Syiah Kuala University Press.

Barata, A. A. (2023) Dasar-dasar Pelayanan Prima. PT. Alex Media Komputindo.

Brahim, N. E. (2021). Produk Kreatif Dan Kwrirausahaan Akuntansi. CV. Andi Offest.

Dheveyanto, B. (2023). Pengantar Bisnis Ilmu Manajemen. CV. Adanu Abimata.

Febriyanti, P. A. T., dkk. (2023). Niat Konsumen Membeli Kembali Berdasarkan Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan Elektronik Serta Hubungan Timbal Balik. CV. Intelektual Manifes Media.

Ghozali, I. (2018). AnalisisMultivariate Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Griffin, R. W. dan Ebert, R. J. (2007). Bisnis, (Edisi Kedelapan). Erlangga.

Hamid, R. S., dkk. (2023). Ilmu Manajemen Pemasaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Herniwati. (2018). Analisis Laporan Keuangan. EGC.

Hidayat, R., dkk. (2023). Manajemen Pemasaran. CV. Axka Pustaka.

Indrus, S. (2019). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian. Media Nusa Creative.

Kusumastuti. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. CV. Budi Utama.

Kurniawan dan Yuniarto (2016). Metode Penelitian. Kencana.

Muharam, H., Chaniago, H., dan Mujito. (2023). Perilaku Konsumen. Wawasan Ilmu.

Mulya, Yuliana dan Andini. (2019). Exlore Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 1 untuk SMP/MTS Kelas VII. Penerbit Duta.

Nizamuddin, dkk. (2022). Metodologi Penelitian; Kajian Teoritis Dan Praktis Bagi Mahasiswa. Bumi Aksara.

Noor, Z. Z. (2012). Manajemen Pemasaran Stratejik Dilengkapi Dengan Kasus-Kasus Dalam Bidang Bisinis Dan Sektor Publik Tahun 2016. CV. Budi Utama.

Nurhayati. (2023). Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen. Penerbit NEM.

Pertiwi, R. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata (Dilengkapi Dengan Model Penelitian Pariwisata Gedung Heritage Di Bandung Raya). CV. Budi Utama.

Rangkuli, F. (2002). Creating Marketing Plan: Teknik Membuat Marketing Plan Berdasarkan Customer Values & Analisis Kasus. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ridwan, S. (2014). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Kencana.

Rihayatin, T. (2023). Desain Dan Inovasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Pelanggan. CV. Budi Utama.

Sa’adah, L. dan Munir, A. F. (2023). Kualitas Layanan Harga dan Citra Merek Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. LPPM Universitas KH. A Wahab Hasbullah.

Sholikah., dkk. (2021). Manajemen Pemasaran: Saat Ini Dan Masa Depan. Anggota IKAPI.

Siwiyanti, dkk. (2024). Pemasaran Internasional. CV. Tohar Media.

Srisusilawati, P. (2020). Kualitas Pelayanan Dan Strategi Promosi Terhadap Loyalitas Nasabah. CV. Pena Persada.

Sugiyono. (2012). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugyono. (2018). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suharno, B. (2024). Bisnis Sembilan: Langkah Awal Menjadi Enterpreneur Sukses. PT. Alex Media Komputindo.

Sujarweni (2015:228ti, L. (2015). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. CV. Budi Utama.

Suliyanto (2011) Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Tangkilisan, H. N. S. (2005). Manajemen Publik. PT. Grasindo.

Tumanggor, A. dan Machasin. (2022. Strategi Pemasaran Dan Pemberdayaan UMKM Pada Masa Covid-19. Penerbit K-Media.

Waluya. (2007). Metode Penelitian Manajemen Bisnis. CV. Budi Utama.

Zelfiean, L. (2020). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. CV. Penerbit Qiara Media.

Rujukan dari Jurnal

Barus, Y. M., dkk. (2023). Analisis Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Juma Eluk. Management Studies and Enterpreneurship journal. 4(4). 45. https:// doi.org/10.37385/msej.v4i4.2521.

Gulla., dan Roring, F. (2015). Analisis Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Manado Grace Inn. Jurnal EMBA. 3(1). 7. https://journal.emba.org/16.4685/v4i4.3231.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i3.7440

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics