Pengaruh Komunikasi dan Citra Merek Terhadap Kepercayaan Merek Kopi Sachet Nescafe Di Bandar Lampung

Muhammad Zidan Alfarizi, Driya Wiryawan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi dan citra merek terhadap kepercayaan merek kopi sachet Nescafé di Bandar Lampung. Dalam konteks pasar yang semakin kompetitif, penting bagi perusahaan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap merek mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 150 responden yang merupakan konsumen kopi sachet Nescafé di Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur variabel komunikasi merek, citra merek, dan kepercayaan merek. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi berganda untuk menentukan pengaruh signifikan dari komunikasi merek dan citra merek terhadap kepercayaan merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek, demikian pula dengan citra merek. Temuan ini mengindikasikan bahwa perusahaan perlu memperkuat strategi komunikasi merek dan meningkatkan citra merek untuk membangun dan mempertahankan kepercayaan konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan bagi manajer pemasaran dalam merumuskan strategi yang efektif untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan konsumen terhadap produk kopi sachet Nescafé.
Keywords:
Komunikasi merek, citra merek, kepercayaan merek, kopi sachet, nescafé, Bandar Lampung

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Albers, E. M., Marianne Riksen‐Walraven, J., Sweep, F. C., & Weerth, C. D. (2008). Maternal behavior predicts infant cortisol recovery from a mild everyday stressor. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 49(1), 97-103.

Augusty, F. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Chinomona, R. (2016). Brand Communication, Brand Image, and Brand Trust As Antecedents of Brand Loyalty in Gauteng Province of South Africa. African Journal of Economic and Management Studies , Vol. 7, No. 1, pp. 124-139.

Del Rio, A. B., Vazquez, R., & Iglesias, V. (2001). The effects of brand associations on consumer response. Journal of consumer marketing, 18(5), 410-425.

Etemadi, F. M., Poor, A., & Zendehdel, A. (2016). The Effect of Brand. International Journal of Avanced Studies in Humanities and Social Studies (IJASHSS) , Vol. 5, Issue: 4, pp. 336-346.

Garavand, A., Mohseni, M., Asadi, H., Etemadi, M., Moradi-Joo, M., & Moosavi, A. (2016). Factors influencing the adoption of health information technologies: a systematic review. Electronic physician, 8(8), 2713.

Ghozali, I. (2011). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS) Edisi 3, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Groucutt, J. (2005). Foundations of marketing. Basingstoke: Palgrave Macmillan.

Hunt, S. D., & Morgan, R. M. (1994). Organizational commitment: one of many commitments or key mediating construct?. Academy of management journal, 37(6), 1568-1587.

Hoek, J., Dunnett, J., Wright, M., & Gendall, P. (2000). Descriptive and evaluative attributes: what relevance to marketers?. Journal of Product & Brand Management, 9(6), 415-435.

Horppu, M., Kuivalainen, O., Tarkiainen, A., & Ellonen, H.-K. (2008). Online Satisfaction, Trust and Loyalty, and The Impact of The Offline Parent Brand. Journal of Product & Brand Management , Vol. 17, Issue: 6, pp. 403-413.

Indarjo, M. (2002). Proses Pengembangan Komitmen Hubungan Jangka Panjang.

Irawan, H. (2003). Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Keller, K. L., & Lehmann, D. R. (2006). Brands and branding: Research findings and future priorities. Marketing science, 25(6), 740-759.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran Jilid 2 (Edisi Kesebelas). Jakarta: Prenhallindo.

Louis, D., & Lombart, C. (2010). Impact of Brand Personality on Three Major Relational Consequences (Trust, Attachment, and Commitment to The Brand). Journal of Product & Brand Management , Vol. 19 Issue: 2, pp 114-130.

Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relational Marketing. Journal of Marketing , Vol. 58, page 20-38.

Puspita, P.M, (2021). Pengaruh Komunikasi Merk Dan Citra Merk Terhadap Kepercayaan Merk Kopi Kini Di Bandar Lampung

Reast, J. D. (2005). Brand Trust and Brand Extension Acceptance: The Relationship. Journal of Product & Brand Management , Vol. 14, Issue: 1, pp. 4- 13.

Runyan, R. C., & Droge, C. (2008). A categorization of small retailer research streams: what does it portend for future research?. Journal of Retailing, 84(1), 77-94.

Sahin, A., Zehir, C., & Kitapçı, H. (2011). The effects of brand experiences, trust and satisfaction on building brand loyalty; an empirical research on global brands. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 24, 1288-1301.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen (Edisi 7). Jakarta: PT Indeks.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i2.7535

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics