Pengaruh Praktik Kerja Lapangan, Self Efficacy Dan Kompetensi Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Pada Smk Niba Bogor

Arie Indriani, Jahani Jahani

Sari


ABSTRACT
Introduction/Main Objectives: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh praktik kerja lapangan, self efficacy dan kompetensi terhadap kesiapan kerja siswa SMK NIBA Bogor. Background Problems: SMK NIBA Bogor diharapkan bisa meningkatkan kompetensi atau kualitas kinerja siswa yang mampu mencapai standar dunia kerja. Dalam penyelenggaraan pendidikan pada sekolah kejuruan harus selalu ditingkatkan, terutama penyesuaian mengenai isi pendidikan (kurikulum), sistem pendidikan, metode pembelajaran, sarana belajar, kemampuan profesional guru dan sebagainya, sehingga sekolah mampu memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Novelty: Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 55,3%. faktor-faktor kesiapan kerja siswa dapat dijelaskan oleh pengaruh praktik kerja lapangan, self efficacy dan kompetensi sedangkan sisanya 44,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Research Methods: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 66 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Finding/Results: hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel pengaruh praktik kerja lapangan, self efficacy dan kompetensi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (27,819) > Ftabel (2,750).. Conclusion: Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel praktik kerja lapangan menunjukkan hasil thitung (3.670), variabel self efficacy menunjukkan hasil analisis thitung (0.318), dan kompetensi menunjukan hasil analisis thitung sebesar (5.170) dimana ttabel (1.99656) maka secara parsial variabel praktik kerja lapangan dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, sedangkan variabel self efficacy tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. Variabel yang dominan mempengaruhi kesiapan kerja siswa adalah variabel kompetensi sebesar (0.505).

Keywords:
Praktik Kerja Lapangan, Self Efficacy, Kompetensi, Kesiapan Kerja Siswa

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Agustian. (2018). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dineka Cipta.

Ariyanto, A. &. (2023, Juni). Pembelajaran Kompetensi Dasar Keterampilan, Praktik Kerja Lapangan, Self Efficacy terhadap Kesiapan Kerja Siswa di SMK Negeri Takalar,. UMN Journal Of Technology and Vocational, 204-211. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/UJTV/article/view/2097

Basith, A., & Al-Bari, A. (2022). Penguatan Pendidikan Kewirausahaan dengan Media Micro Learning. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 1-11.

Chotimah, K. (2020). Pengaruh Praktek Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 391-404. doi:10.15294/eeaj.v9i2.32079

Diningtyas, S. M. U., Ariwibowo, P., & Adawiyah, R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kewirausahaan Melalui Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas 11 SMK Teknik 10 Nopember. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 145-155.

Duli, N. (2019). MetodologPenelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Dwijayanti, W. T. (2022, Juli). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin) Program kelas Alfamidi dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK PGRI 13 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1701-1709.

Eliyani. (2018). Ketidaksiapan Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dinamika Cipta.

Fauzi, A. (2022). Metodologi Penelitian. Purwokerto: :CV. Pena Persada.

Fitriana dan Latief. (2019, April). Evaluasi Program PKL FKIP UHAMKA. (Penelitian Evaluatif berdasarkan CIPP), 5(1), 7-16. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1491860&val=10457&title=Evaluasi%20Program%20PKL%20FKIP%20UHAMKA%20%20Penelitian%20Evaluatif%20berdasarkan%20CIPP

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghufron. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gultom. (2019). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Habibah, I. F. (2023). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL), Self-Efficacy dan Internal Locus of Control Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMKN Mojoagung Jombang. Jurnal, 11(2). doi:https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p142-152

Hamalik, O. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara .

Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Hudaniah, Y. G. (2023, Januari). Self efficacy dengan kesiapan kerja pada siswa SMK. Jurnal ilmiah psikologi terapan, 1(1), 40-52. doi: https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1356

Liyasari, N. (2022). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Keaktifan Berorganisasi terhadap Kesiapan Kerja. Business and Accounting Education Journal, 3(1), 20-26.

Myers. (2018). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Noviana. (2019). Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nurlaili. (2018). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurussyifa, R. (2021). Pengaruh Mata Diklat Produktif Akuntansi, Kompetensi Siswa, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan kerja Melalui Mediasi Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 164-177. doi: https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33011

Rosara. (2018). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Bandung: Bumi Aksara.

Sebayang. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sujarweni, W. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogjakarta. Yogjakarta: Alfabet.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada.

Syailla, A. N. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII. Psikoborneo, 5(3), 358-365. Retrieved from file:///C:/Users/ASUS/Downloads/4421-12164-1-PB-1.pdf

Triastuti. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.

Wibowo. (2019). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Yogyakarta: UNY Press.

Wibowo. (2018). Manajemen Pelatihan terhadap Ketenagakerjaan. Yogyakarta: UNY Press.

Wiharja, H. M. (2020, Oktober). pengaruh self efficacy seorang mahasiswa terhadap kesiapan kerja mereka setelah mengenyam pendidikan vokasi. Vocational Education and Technology Journal, 2(1), 11-18. doi:10.38038/vocatech.v2i1.40




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i2.7549

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics