Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Honor Pada Madrasah Aliyah Swasta Darul Hikmah Pekanbaru

Uswatun Khasanah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Honor Pada Madrasah Aliyah Swasta Darul Hikmah Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang guru honor pada Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada seluruh guru honor Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru honor. Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru honor. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kompetensi pedagogik dan motivasi kerja dapat meningkatkan kinerja guru honor. Sementara nilai R square menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dan motivasi kerja dapat mempengaruhi kinerja guru honor sebesar 79,9%.

Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdillah, W. dan Hartono, J. (2015). Metode Analisis Data Kuantitatif. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Penerbit Aswaja Pressindo.

Adi, W. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 4 Tahun 2019.

Ariyati Yannik, S. R. (2020). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Honor Di Sds An- Nahdhah Kota Batam. Program Studi Manajemen, 7(1), 67–79.

Ghozali, I. and Latan, H. (2016), Konsep, Metode Dan Penelitian SPSS, 13th ed., Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kementrian Agama RI. (2021). Data Penilaian Kompentensi Guru. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia.

Lubis, R. P., Pasaribu, F., & Tufty, Z. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerfja Terhadap Kinerja Guru Honor Sma Negeri 15 Medan. Jurnal AKMAMI, 2(2), 258–272.

Madrasah Aliyah Swasta Darul Hikmah Pekanbaru. (2018). Data Arsip Keseluruhan Guru Madrasah Aliyah Swasta Darul Hikmah Pekanbaru. Pekanbaru: Yayasan Nur Iman Pekanbaru

Marlina, M. (2019). Studi Korelasi Disiplin Dalam Pembelajaran Dengan Kinerja Guru. 6(1), 45–49

Rusminingsih, R., & Soliha, E. (2014). Pengaruh kompetensi guru dan karakteristik pekerjaan terhadap kinerja guru. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 73–88.

Sari, P. I., Marbawi, M., & Murhaban, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Honor Pada Smk 1 Lhoksukon. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 4(2), 67. https://doi.org/10.29103/j-mind.v4i2.3377

Siyoto, S. and Sodik, M.A. (2015), Dasar Metodologi Penelitian, edited by AyupNucl. Phys., 1st ed., Vol. 13, Literasi Media Publishing, Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyuni, W., & Susanto, H. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Honor Pada Kompleks Giki 3 Surabaya. JurnalManajerialBisnis,6(1),59–72. https://doi.org/10.37504/jmb.v6i1.480




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i3.7590

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics