Pengaruh Peran Orang Tua dan Keteladanan Guru terhadap Minat Belajar pada Siswa Kelas X Akuntansi di SMKN 1 Pinrang

Nur Ramayana, Sitti Hajerah Hasyim, Nuraisyiah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran orang tua dan keteladanan guru terhadap minat belajar siswa kelas X Akuntansi di SMKN 1 Pinrang, baik secara simultan maupun parsial, serta menentukan variabel dominan. Variabel bebas adalah peran orang tua (X₁) dan keteladanan guru (X₂), dengan minat belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat. Dari 104 siswa, diambil sampel 51 siswa melalui simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa peran orang tua dan keteladanan guru secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar (nilai signifikan 0,000 < 0,05). Secara parsial, peran orang tua (0,009 < 0,05) dan keteladanan guru (0,004 < 0,05) juga berpengaruh positif dan signifikan. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,363 menunjukkan bahwa 36,3% minat belajar dipengaruhi oleh peran orang tua dan keteladanan guru, dengan keteladanan guru sebagai variabel dominan yang memengaruhi minat belajar

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdulsyani. (2012). Sosiologi Skematika Teoridan Terapan. Jakarta: Bumi Askara.

Alwi, Hasan, et. al., (2001).Kamus Besar Bahasa Indonsia, Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Hawi, A. (2013). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, cet 2. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Narimawati, U. (2008). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif, teori dan aplikasi. Bandung: Agung Media, 9.

Noviyanti, R. (2017). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Minat Belajar Siswapada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kecamatan Mandau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Pratama, Aditya Dicky. (2017). Peran Orang Tus dan Keteladanan Guru Dalam Peningkatan Minat Belajar Pada Siswa SMA Negeri 1 Wiraseda Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Program Sarjana. Surakarta:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Undang-undang Nomor 20 Tahun2003 Pasal 1 Ayat 1

Undang-undang Nomor 14 Tahun2005 Pasal 1 Ayat 1




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i3.7617

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics