Analisis Pengembangan Bisnis Tanaman Hias Dengan Pendekatan Model Bisnis Canvas (Studi Kasus Pada UMKM Tanaman Hias CV Kebun Bunga Urban)
Sari
Hasil analisis menunjukkan bahwa dibutuhkan pengembangan di 9 (Sembilan) elemen model bisnis kanvas. Berfokus pada kegiatan kreatifitas penambahan variasi tanaman hias dan pemasaran digital mulai dari menambah koleksi tanaman hias, varian baru, vertical garden, penjualan souvenir, memiliki database pelanggan, bermitra dengan tim IT, membentuk tim marketing online dan administrasi, membuat sistem informasi penjualan berbasis digital yang akan mempengaruhi elemen elemen lainnya sehingga mampum membentuk brand bagi kios tanaman hias Tanduk Rusa yang pada gilirannya akan meningkatkan aliran pendapatan. Saran manajemen usaha kios tanaman hias Tanduk Rusa agar melakukan peningkatan pada elemen value proposition, channels, dan key partnership untuk pengembangan model bisnis yang sudah ada
Kata kunci: UMKM; Ekspor; tanaman hias; model bisnis kanvas; analisis swot
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Badan Pusat Statistik. (2023). Data Rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Ekspor Bulanan Tahun 2023 - https://www.bps.go.id/publication/. 25 Oktober 2023
Portal Informasi Indonesia. (2023). Ekspor Tanaman Hias. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/2818/genjot-ekspor-tanaman-bunga-indonesia - 2 November 2023
Indonesia Eximbank. (2023). Ekspor Tanaman Hias Indonesia Naik 69,7% Selama Pandemi. https://www.indonesiaeximbank.go.id/news/detail/ekspor-tanaman-hias-indonesia-naik-69-7-selama-pandemi. 12 Oktober 2023
Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. (2023). Menko Perekonomian dan Mentan Lepas Ekspor Tanaman Hias di Bawah Guyuran Hujan. https://hortikultura.pertanian.go.id/menko-perekonomian-dan-mentan-lepas-ekspor-tanaman-hias-di-bawah-guyuran-hujan/. 21 September 2022
Faradella, B. F., & Putri, F. D. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kenaikan Penjualan Tanaman Hias Kios Rachel Di Desa Rembang, Kabupaten Kediri.Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 456–460.
Alexander Osterwalder & Yves Pigneur. (2012). Business Model Generation. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.
Arman, Elizamiharti, & Saf'an, M. (2019). Analisa dan Perancangan Aplikasi Penjualan Tanaman Hias Berbasis Online Sebagai Media Promosi Bagi Salman KS Flowers. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, Volume 10 Nomor 1 Mei, 64-76.
Slávik, Š., & Bednár, R. (2014). Analysis of Business Models. Journal of Competitiveness, 6(4), 19–40. https://doi.org/10.7441/joc.2014.04.02
Amit, R. and Zott, C. (2012) Creating Value through Business Model Innovation. MIT Slogan Management Review, 53, 41-49.
Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, M., & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 112–121. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.40965
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i3.7618
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.