Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Batubara Periode 2010-2019

Nabilah Putri Syabana

Sari


Persaingan usaha antar perusahaan sangatlah ketat pada era globalisasi saat ini. Perusahaan dituntut agar mampu memaksimalkan nilai perusahaan agar mampu bersaing dengan perusahaan lain. Struktur modal merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk dapat memilih sumber dana yang digunakan untuk melakukan aktivitas operasi perusahaan dan menjadikan perusahaan memiliki kinerja yang baik. Dalam penerapan struktur modal, setiap perusahaan membutuhkan pertimbangan dari beberapa variabel yang mempengaruhi struktur modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel profitabilitas, likuiditas, struktur aset, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan sub sektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2019. Metode Purposive Sampling digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini, dan diperoleh 120 sampel yang terdiri dari 12 perusahaan dengan periode waktu penelitian 10 tahun. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel profitabilitas, likuiditas, struktur aset, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Variabel profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, sedangkan variabel struktur aset dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal, dan variabel likuiditas dan pertumbuhan penujualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Berdasarkan hasil penelitian, pihak investor disarankan untuk berinvestasi pada perusahaan yang memiliki ukuran besar, struktur aset yang besar dan lebih memperhatikan perusahaan yang memiliki profitabilitas yang rendah agar dapat memperoleh struktur modal yang optimal dan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Pihak perusahaan disarankan untuk meningkatkan profitabilitas jika ingin menurunkan proporsi struktur modal, meningkatkan struktur aset dan meningkatkan ukuran perusahaan jika ingin menarik minat investor untuk menanamkan modal pada perusahaan.
Kata Kunci:
Struktur Modal, Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aset, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan



DOI: https://doi.org/10.1234/mirai.v6i1.771

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics