Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Gabovira Di Bandar Lampung

Sadam Husein, Driya Wiryawan

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi, maupun lokasi pada keputusan pembelian dengan produk Batik Gabovira di Kota Bandar Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Bandar Lampung yang menjadi pelanggan Batik Gabovira. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan didapat langsung dari responden memakai penyebaran angket untuk 100 responden yang dikumpulkan pada Google Form. Metode analisis dengan diterapkan pada penelitian ini ualah uji validitas, uji reliabilitas, uji simultan (uji F), juga uji parsial (uji T). Analisa dengan dipakai ialah analisis regresi liniear berganda memakai software SPSS For Windows 25. Perolehan penelitian ini memerlihatkan bahwasanya produk, harga, promosi, serta lokasi secara simultan ada pengaruh signifikan pada keputusan pembelian. Batik Gabovira harus meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam memunculkan produk dengan ciri khas tersendiri. Akan tetapi, tetap menjaga kualitas yang harus sesuai dengan produk serta meningkatkan jangkauan penjualan dan promosi yang lebih menarik.
Keywords:
Produk, harga, promosi, lokasi, keputusan pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Al-Dmour, H., Al-Qawasmi, S., Al-Dmour, R., & Basheer Amin, E. (2022). The role of electronic word of mouth (eWOM) and the marketing mix on women’s purchasing intention of children’s dietary supplements. International Journal of Pharmaceutical and Healthcare Marketing, 16(3), 376–391. https://doi.org/10.1108/IJPHM-08-2020-0066

Andreti, J., Zhafira, N. H., Akmal, S. S., & Kumar, S. (2013). The Analysis of Product, Price, Place, Promotion and Service Quality on Customers’ Buying Decision of Convenience Store: A Survey of Young Adult in Bekasi, West Java, Indonesia. International Journal of Advances in Management and Economics, 2(6), 72–78. www.managementjournal.info

Baker, D. A., & Algorta, G. P. (2016). The Relationship between Online Social Networking and Depression: A Systematic Review of Quantitative Studies. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 19(11), 638–648. https://doi.org/10.1089/cyber.2016.0206

Cravens, David W, 1994. Manajemen Strategis, Jakarta: Erlangga

Fanlikhin, E., Wiryawan, D., & Ambarwati, D. A. S. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Konsumen Kerupuk Seblak Queenrawit di Kota Metro). Journal Of Social Science Research, 3(2), 11852–11867.

Febriana, P. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Laziza Chicken Dan Pizza Di Jambangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(1), 744–749.

Ghozali,Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hair, et al. (2014). Multivariate Data Analysis. Edinburgh Gate, England : Pearson Education Inc.

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.

Hurriyati, Ratih (2005), Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung Alfabeta

Indriantoro, Nur, dan Bambang Supomo, 1999, Metodologi Penelitian dan Bisnis, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.756.

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/1134

Martono, & Irani, S. S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Batik Sendang Duwur Lamongan. Jurnal Ilmu Manajemen,2(2),687–699. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/download/10202/9971

Masrin, I., & Yanto, R. P. (2019). Dampak Promosi, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol.10(No.2), 1–15.

Muhammad Irvan Noor Maulana. (2021). Muhamad Irvan Noor Maulana , (2021). Muhamad Irvan Noor Maulana, 5.

Muqarrabin, R., Zebua, Y., & Nasution, S. L. (2022). Analysis of Product Quality, Price, Promotion, and Location Toward Purchase Decision. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 5(2), 720–730. https://doi.org/10.31538/iijse.v5i2.2088

Putri, M. V., & Wiryawan, D. (2024). Economics and Digital Business Review Pengaruh Daya Tarik Wisata , Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Kunjung Pada Taman Wisata Lembah Hijau Di Bandar Lampung. 5(1).

Richardo, Hussin, M., Bin Norman, M. H., & Ali, H. (2020). A student loyalty model: Promotion, products, and registration decision analysis-Case study of griya english fun learning at the tutoring institute in wonosobo central Java. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(3), 122–146.

Rizky Banyu Ayesa, Sri Hartono, B. A. (2020). PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL WULING CONFERO DI SURAKARTA. Edunomika, 04(01), 207–217.

Sekaran, Uma., Bougie, Roger. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis (Edisi Buku 2). Jakarta : Salemba Empat.

Sulistiorini, M. S., & Ali, H. (2017). Customer Satisfaction Model : Product Analysis, Price , Promotion And Distribution ( Case Study at PT Integrasia Utama ).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syardiansah. (2017). Pengaruh Fasilitas , Harga , Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Sewa Lapangan Futsal oleh Mahasiswa ( Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Tingkat IV ). 8(2), 678–688.

Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa, Yogyakarta: BPFE.

Verina Onggusti, J. A. (2017). PENGARUH HARGA, PRODUK, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI HOTEL BUTIK

BINTANG 3 DI SURABAYA. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

volker, Marko, H. (2014). Partial least squares structural equation modeling ( PLS- SEM ) An emerging tool in business research. February. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Widayat, W., & Purwanto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Keberagaman Produk, Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pasar Tradisional Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 123–132. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1458

Widodo, A. S., & Wardani, S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cendo. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 62. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4496

Yusda, D. D. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada House of Shopaholic Di Bandar Lampung. TECHNOBIZ : International Journal of Business, 2(2), 59. https://doi.org/10.33365/tb.v3i2.284




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i2.7731

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics