Analisis Budaya Organisasi dan Gaya Komunikasi Karyawan (Studi Kasus pada PT. Xyz)

Adisty Nurkumala, Alda Amelia Majid, Dedi Raianto Rahadi

Sari


Pada sebuah perusahaan budaya organisasi merupakan sebuah alat atau sarana yang memiliki fungsi sebagai sarana dalam peningkatan dan sebagai pedoman bagi sebuah perusahaan serta merupakan nilai-nilai yang diterapkan oleh karyawan dalam berperilaku dan melaksanakan komunikasi dalam pelaksanaan aktivitas sehari-hari, hal tersebut juga berlaku pada PT. XYZ. Namun nyatanya yang terjadi pada PT. XYZ dapat disamakan dengan hal tersebut dimana sesuai dengan observasi sebelumnya yang telah dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa sering terjadi miss komunikasi dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pegawai. Sehingga dengan adanya hal tersebut banyak pekerjaan karyawan yang tidak selesai tepat waktu dan terdapat pekerjaan rangkap yang dilakukan oleh karyawan karena kurangnya kerjasama tim. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk menganalisis hubungan budaya organisasi terhadap komunikasi karyawan pada PT. XYZ. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan informan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah karywan yang bekerja pada PT. XYZ yang berjumlah 5 Orang. Hasil Penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah bahwasannya komunikasi yang berlangsung pada karyawan yang bekerja pada PT. XYZ dibentuk oleh budaya organisasi yang diterapkan oleh PT. XYZ yaitu budaya kolektif yang berorientasi pada kerjasama tim, budaya tidak adanya sistem atasan dan bawahan serta budaya anggapan satu perusahaan seumur hidup.

Kata-kunci: Budaya Organisasi, Komunikasi Organisasi, Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Akbar, M. A. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan: Studi pada Karyawan Bank Jatim Cabang Malang,. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Awadh dan Saad. (2013). Impact of Organizational Culture on Employee Performance. International Review of Management and Business Research, 2(1), 2306-9007.

Dewi, L. (2012). Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Sistem Reward Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga.

Henry, S. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Mahboobeh, G. (2013). The Impact of “Organizational Culture” on “Job Satisfaction” and “Employee Performance.” Evidence From Commercial Banks of the Pune City, 7, 386-397.

Nia Septiana, P. (2014). Komunikasi Organisasi dalam Mensosialisasikan Budaya Organisasi Prinsip 46 Pt. Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk. Kantor Cabang Utama Samarinda. E-Journal Komunikasi, 2(2), 285–399.

Prabawa. (2013). Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus pada PT. TWC Borobudur, Prambanan. Jurnal Universitas Gajah Mada.

Rizza Muhammad, A. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Employee Engagement (Studi Pada Karyawan PT. Primatexco Indonesia di Batang). Journal of Science and Industrial Psychology, 2(1), 2252–6838.

Safaria, Triantoro. 2004. Kepemimpinan. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Sari, T. K. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 1, 3.


Article Metrics

Sari view : 12 times
Download PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.1234/mirai.v6i1.851

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics