Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Toko Azam di Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Agus Dwi Cahya, Ummi Sangidah, Dandi Rukmana

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada UMKM Toko Azam di kecamatan Rantau Rasau. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian konsumen yang membeli produk di Toko Azam di kecamatan Rantau Rasau. Data primer diperoleh dari angket dengan 50 responden dengan perposive sampling. Kemudian data akan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian pada uji t menunjukaan bahwa variabel kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan (Y) dan Variabel harga (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Pada hasil uji F kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi.


Kata kunci:
kualitas produk, harga, keputusan pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ariela, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen KFC Padang Sidempuan. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.

Fatmawati, D., Triastity, R., & Sunarso. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Survei pada Konsumen Lumbung Batik Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 17(2), 317–329.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro.

Janah, M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pad Dewi Hijab. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(April), 20 halaman.

Kaharu, D., & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Cosmic. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN : 2461-0593, 5(3), 1–24.

Kencana, P. N. (2018). The Effect of Price and Product Quality on Customer Satisfaction. PINISI Discretion Review, 2(1), 53. https://doi.org/10.26858/pdr.v2i1.13230

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia (Buku Kedua). Andy, Yogyakarta.

Laila, E. J. &, & Sudarwanto, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(2), 1–9.

Muhammad, A. F., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produkdan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Wingman Denim Bandung the Influence of Product Quality and Price on Purchase Decisions in Consumers Wingman Denim Bandung. 7(1), 1401–1412.

Reven, D., Ferdinand, T., & Manajemen, J. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management

S. Eko, M. scolastika, S. (2017). Perbandingan Metode Partial Least Square (Pls) Dan Principal Component Regression (Pcr) Untuk Mengatasi Multikolinearitas Pada Model Regresi Linear Berganda. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 117–128. https://doi.org/10.15294/ujm.v6i2.11819

Yuniati, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Online. In Issn:0852-8349 (Vol. 18, Issue 1, pp. 27–37).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v6i1.860

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics