Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Variasi Menu Terhadap Keputusan Pembelian Di Seulawah Kupi Dikompleks Mmtc Medan

Rika Manda Sary Br. Ginting, Riza Indriani

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Variasi Menu Terhadap Keputusan Pembelian Di Seulawah Kupi dikompleks MMTC Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan sampel sebanyak 140 pelanggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Dengan cara menyebar kuisioner pada responden dan mengumpulkannya kembali. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji valisitas dan reabilitas, uji asumsi klasik analisis regresi, uji t dan uji f serta koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS Ststistic 30.0 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian ini uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 21,3 % terhadap Keputusan Pembelian.Variabel Variasi Menu mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 29,5% terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Kualitas Pelayanan dan Variasi Menu secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 49,9%.

Keywords: Kualitas Pelayanan, Variasi Menu, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adam, M. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa (I. Fahmi (ed.). Alfabeta.

Amaria, H. (November 2022). Pengaruh Lokasi Dan Suasana Warkop Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Warkop Waras Desa Kuningan Kabupaten Blitar). Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 394-401.

Arianto, N., & Patilaya, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dankelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salt N Pepper Pada Pt Mitra Busana Sentosa Bintaro. urnal Kreatif: Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan.

Arkam, M. M. (April 2020). Pengaruh Lokasi dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian di Warkop Suka Kopi Lesehan. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 17-25.

Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu.

JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB), 117-

Bahri. (2019). Modul Pengantar Kewirausahaan. CV Qiara Media.

Cintani, & Noviansyah. (2020). Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. SInar Kencana Multi Lestari. KOLEGIAL: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 29-44.

Clarita, N., & Khalid, J. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Cfc Grande Karawaci. Jurnal Manajemen, 37-53.

Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 104-112.

Fuadi, S., Wijayanti, E., & Suyadi. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Si Harga Indihome Pada Pt. Telkom Metro. 144-157.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi Kedelapan). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program IBM SPSS (edisi sembilan). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

hair, j. e. (2010). Multivariate Data Analysis. New Jersey: Pearson Education Limited.

Hasanuddin, M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 49-65.

Hidayat, A. A. (2021). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisi Data: Contoh Aplikasi Studi Kasus (2 Ed). Salemba Medika.

Imanulah, R., Andriyani, I., & Melvani, F. N. (1 Januari 2022). Pengaruh Citra Toko, Varian Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Restoran Pancious Soma Palembang. Journal Ekombis Review, 285295.

Kelvinia, Putra, M. U., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : Jwem, 85-98.

Kotler, P., & Gery, A. (2016). Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (t.thn.). Marketing Management. Person Education, Inc.

Marita, W. E. (2015). Pengaruh Struktur Organisasi Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penerapan Business Entity Concept Akrual. Jurnal Akuntansi, 18-40.

Masduki, I., Siregar, M., & Rambe, B. H. (2023). Analysis Of The Relationship Between Organizational Fairness, Service Quality, Location, And Facilities On Purchasing Decisions At The Labong Coffee Shop. Journal Of Economic, Business and Accounting, 1846-1854.

Novetania, R., & Lestari, B. (2022). Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Alcedo Kafe Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 223-228.

Nurlia, L. (2020). Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung Di Minimarket Menggunakan Metode Regresi Linier. JURSISTEKNI (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), 1-12.

Permana, A., Aima, M. H., Ariyanto, E., & Nurmahdi, A. (2019). Pengaruh

Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dosen di Universitas Bina Bangsa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Dinamika Manajemen (JDM), 47-56.

Pravitasari , R., & Suja'i, I. S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe De Savvah Tulungagung. Journal Economina, 828-835.

Puspitaningrum, Y., & Damanuri, A. (2022). Analisis Lokasi Usaha Dalam Meningkatkan Keberhasilan Bisnis Pada Grosir Berkah Doho Dolopo Madiun. Journal of Economics and Business Research, 289-304.

Putra, Y. F., & Muhlis. (2020). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Warkop 89 Mamuju. Movere Journal, 125-139.

Ramadhayanti, A. (2019). Aplikasi SPSS untuk Penelitian dan Riset Pasar. Elex Media Komputindo.

Rumajar, M. D., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Atmosfher Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warkop Kemang Manado. Jurnal EMBA, 266-275.

Saota, S., Buulolo, P., & Fau, S. H. (2021). Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Ud. Trialvela Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan . Jurnal Ilmiah Mahasiwa Nias Selatan, 135-142.

Saputri, R. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. 46-53.

Sarjono, H., & Julianita, W. (2019). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengatar, Aplikasi Untuk Riset. Selemba Empat.

Sholihat, A., & Rumyeni. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Krema Koffie . JOM FISIP, 1-15.

Sianturi, A., Nasution, A. P., & Sumitro. (2020). Pengaruh Lokasi Usaha, Promosi, Kualitas Layanan Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brastagi Supermarket Rantauprapat putusan Pembelian Pada Brastagi Supermarket Rantauprapat. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 238-249.

Silaen, S., & Widiyono. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Bandung: In Media.

Simanjorang, E. F. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Pada Warkop On Mada Rantauprapat. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 91-101.

Siswono, D., & Sim. (2016). Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan DI Rodex Travel Surabaya. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Arsitektur Usakti, 374-380.

Sugiarto, E. (2016). Analisis Emosional, Kebijaksanaan Pembelian Dan Perhatian Setelah Transaksi Terhadap Pembentukan Disonansi Kognitif Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda Pada Ud. Dika Jaya Motor Lamongan.

Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen , 374-380.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi Kedua). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (t.thn.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi Kedua). 2021: In Alvabeta CV.

Susilaningtyas, W. H., Budiono, K., & Fansuri, H. ( Juni 2024). Pengaruh Harga, Word Of Mouth, Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Warkop Cak Kebo Sumbersari Kabupaten Jember. Jurnal Manajemen Bisnis dan Manajemen Keuangan, 19-30.

Suwarman, U. (2017). Riset Pemasaran Dan Konsumen. Jakarta: Salemba Empat.

Tamama, M., Arifin, R., & Hufron, M. (t.thn.). Analisis Pengaruh Lokasi, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sarijan Coffee 2. Riset Manajemen, 140-148.

Tarjo. (2021). Metode Penelitian Administrasi (Cetakan Pertama ed). Aceh: Syiah Kuala University Press.

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Yogyakarta.

Tjiptono , F., & Chandra, G. (2016). Service Quality & Satisfiction (edisi 4). Penerbit Andi.

Tjiptono, F. (2015). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta.: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2016). . Service & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Strategik, Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service Quality & Satisfaction (Edisi 4). Penerbit Andi.

Wahyuni, M. (2021). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS Versi 25. Bintang Pustaka Madani.

Wardana, W. (2018). Strategi Pemasarann (1 Cetakan). Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.8712

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics