Country Of Origin, Brand Experience, Brand Trust Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Loyalty Sebagai Variabel Intervening

Dewi Masitha, Rachmad Hidayat, Sri Rahayu, Rifda Fitrianty

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh country of origin, brand experience, brand trust terhadap purchase decision melalui brand loyalty sebagai variabel intervening pada pengguna iPhone di wilayah Madura. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna iPhone di wilayah Madura, yakni di kabupaten Bangkalan, kabupaten Sampang, kabupaten Pamekasan dan kabupaten Sumenep dengan menggunakan penyebaran kuesioner online berupa penyebaran link google form dan kuesioner offline berupa penyebaran kertas angket. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan kriteria konsumen yang sudah menggunakan iPhone di wilayah Madura. Penelitian ini menggunakan data primer dalam penyusunannya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan Partial Last Square (PLS) untuk pengujian pengaruh variabel dan menggunakan SPSS untuk analisis pada karakteristik responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa country of origin dan brand experience secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase decision, sedangkan brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision iPhone di wilayah Madura. Copuntry of Origin dan Brand Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, sedangkan brand experience tidak berpengaruh signfikan terhadap brand loyalty. Brand loyalty tidak dapat memediasi brand experience dan brand trust terhadap purchase decision, namun brand loyalty dapat memediasi country of origin terhadap purchase decision iPhone di wilayah Madura.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Anggraeni, T. C., & Kojra, D. A. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Ms Glow. JURNAL JAMAN, 3(2).

Annur, C. M. (2022). Apa yang Membuat Konsumen Setia Pakai iPhone? Ini Surveinya. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/7361c813344ea70/apa-yang-membuat-konsumen-setia-pakai-iphone-ini-surveinya

Chandra, J. W., & Keni, K. (2021). Brand Experience Untuk Memprediksi Brand Attitude Pada Konsumen Sporting Brand. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 23(1).

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Diponegoro.

Hafidzi, M. K., Rizqi, F., & Jumani, A. (2022). Literature Review Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jim.vlil

Hari, A. H., Barata, D. M. W., Hardoko, & Sari, Y. P. (2024). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Yang Dimediasi Oleh Brand Love Pada Gen Z Di Kabupaten Klaten Memilih Merk Sneakers Lokal. Solusi: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 19(2).

Harris, R. M., & Silvianita, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Produk iPhone. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(4). https://doi.org/10.37034/infeb.v5i4.584

Iba, Z., & Wardhana, A. (2024). Operasionalisasi Variabel, Skala Pengukuran & Instrumen Penelitian Kuantitatif. EUREKA MEDIA AKSARA.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (Seventeen). Pearson Education Limited.

Mahmudah, T. ‘Isy. (2023). Pengaruh Brand Liking, Brand Reputation, Dan Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Sepatu Futsal Merek Ortuseight Di Kabupaten Kebumen). Universitas Putra Bangsa.

Muhamad, N. (2025). Apple Jadi Produsen Smartphone Terlaris Global 2024. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/6785e829d2c01/apple-jadi-produsen-smartphone-terlaris-global-2024

Nardo, R., Yuliana, L., Ratnasari, K., Nugraha, J., Lasminingrat, A., Kusuma, H. W., Fauziridwan, M., Sudirman, A., Winata, A., Imron, A., Nursalim, A., Syahputri, A., Oktavianti, P. R. M., Zulbahri, L., Yuhendra, A., & Wardhana, A. (2024). Branding Strategy Di Era Digital (Pertama). EUREKA MEDIA AKSARA. https://www.researchgate.net/profile/Aditya-Wardhana/publication/379311944_BRANDING_STRATEGY_DI_ERA_DIGITAL/links/6604171e390c214cfd14dafc/BRANDING-STRATEGY-DI-ERA-DIGITAL.pdf

Nayumi, S., & Sitinjak, T. J. R. (2020). Pengaruh Country Of Origin Image, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Innisfree Di Mall Kelapa Gading Jakarta Utara. Manajemen Pemasaran, 9(2).

Nurkinasih, I. F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Wardah. Universitas Panca Marga.

Nurohmah, S. (2023). Pengaruh Harga Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Berbasis Syariah Di Kota Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Pamungkas, D. A., & Lshak, A. (2023). Pengaruh Brand Experience, Brand Satisfaction, dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty pada Pengguna Smartphone Xiaomi di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(1).

Putri, A. D. R., & Praswati, A. N. (2024). Pengaruh Brand Equity Dan Brand Experience Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Brand Loyalty Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Iphone Di Surakarta. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2). https://doi.org/10.46306/jbbe. v17i2

Rambing, G. O., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2023). Analisis Brand Image, Brand Trust Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA2, 11(3).

Salim, N. I., & Lahindah, L. (2021). Pengaruh Country Of Origin Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skin Care Merek Innisfree Di Bandung. Journal of Accounting and Business Studies, 6(2).

Santika, D. (2022). Kualitas Hubungan dan Brand Experience: Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pelayanan Administrasi Rumah Sakit di Kota Pontianak. MABIS, 13(1).

Sofiyah, M. (2024). Pengaruh Country Of Origin, Brand Experience, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Kota Sumenep. Universitas Bahaudin Mudhary Madura.

Yudhistira. (2024). 5 Merk Hp Terbaik & Terlaris di 2024 (Versi IDC & Canalys). Bhinneka.Com. https://www.bhinneka.com/blog/merk-hp-terbaik/

Yusup, A. (2023). Pengaruh Produk, Harga, Saluran Pemasaran, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Pada Brand Mitsubishi Motors di PT. Bumen Redja Abadi Kabupaten Magelang). Universitas Tidar.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.8797

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics