Analisis Pengaruh Harga, Testimoni, Dan Metode Pembayaran Cod Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Di Medan

Chrisna viona, Robin Robin, Hendy Hendy

Sari


Keputusan pembelian merupakan tindakan memecahkan masalah atas pilihan – pilihan yang ada dalam pembelian dengan melalui beberapa faktor keputusan pembelian terlebih dahulu. Harga merupakan faktor yang signifikan dalam menarik konsumen untuk berbelanja online, khususnya di kalangan konsumen yang sensitif terhadap harga.Testimoni adalah pernyataan atau ulasan yang diberikan oleh konsumen mengenai pengalaman terhadap produk atau layanan yang telah digunakan. Metode pembayaran COD menjadi pilihan populer di Indonesia karena menawarkan rasa aman bagi konsumen. Jenis penelitian yang sesuai untuk mengkaji pengaruh harga, testimoni, dan metode pembayaran COD terhadap keputusan pembelian konsumen Shopee di Medan adalah penelitian kuantitatif kausal (explanatory research). Jenis penelitian ini memungkinkan peneliti untuk menguji hipotesis dan menentukan sejauh mana suatu variabel memengaruhi variabel lainnya melalui pengukuran kuantitatif dan analisis statistik. Sampel ini diambil agar hasil penelitian bisa mewakili populasi yang lebih besar dengan lebih efisien. Karena populasi konsumen Shopee di Medan sangat besar dan sulit untuk diidentifikasi secara keseluruhan,Maka hasil jumlah sampel yang dipakai adalah 96 konsumen.Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka penulis membuat beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1. Harga memiliki tidak pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian shopee di Medan. 2. Testimoni memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian shopee di Medan. 3. Metode Pembayaran COD memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian shopee di Medan. 4. Harga, Testimoni, Metode Pembayaran COD secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen shopee di Medan.

Kata Kunci: Harga, Testimonoi, Metode Pembayaran COD, dan Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Amanda, P. R., & Eka, P. S. (2020). Jurnal Widya Jurnal Widya. Jurnal Widya Citra, 1(4), 1–14.

Andrian, et al. (2022). Perilaku Konsumen. In Rena Cipta Mandiri (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Anis Sulalah, Ratna Nikin Hardati, K. U. A., & Program. (2024). PENGARUH ENDORSEMENT, CITRA MEREK DAN TESTIMONI KONSUMEN TERHADAP MINAT PEMBELIAN PADA MS GLOW MALANG. 13(1), 1–23.

Area, U. M. (2023). SKRIPSI OLEH : NETRIANNI SIPAHUTAR FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN Diajukan sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Medan Area Oleh : NETRIANNI SI.

Arif, M., Sari, N., & Zulhilmi, M. (2024). Faktor Penentu Keputusan Pembelian Online pada E- Commerce Shopee di Era Pasca Pandemi COVID-19 : Studi Empiris di Kota Banda Aceh. 3(2), 71–82.

Dr. Meithiana Indrasari. (2019). Pemasaran & kepuasan pelanggan (pertama).

Firdaus. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics Version 26.0. 0 (DOTPLUS Publisher (Ed.); Cetakan Pertama).

Firmansyah, & Nalurita, S. (2022). Pengaruh Marketing Online Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko The Athlete’s Foot. Jurnal Mitra Manajemen. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jmm/article/viewFile/937/908

GUNAWAN, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.

Hardani. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Hendrayani, et al. 2021. (n.d.). Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep). CV. Media Sains Indonesia.

Johan. (2023). HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV . KARYA NUSANTARA PROPOSAL SKRIPSI Diajukan sebagai salah satu syarat untuk Memperoleh gelar Sarjana Manajemen Program Studi Manajemen.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). (2016). Principles of marketing. 16.

Kotler, P. dan G. A. (2014). (2014). Principles of Marketing. 14.

Laras, G. M. D., & Firmanyah, E. (2019). Citra Merek Dan Keputusan Pembelian Konsumen : Kasus Pada Produk Mie Instan. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 6(2), 131. https://doi.org/10.20527/jwm.v6i2.148

Maulida Noorsari (2020). (2020). pengaruh testimoni pembeli dan kualitas barang dalam konteks aplikasi e-commerce. Journal GEEJ, 7(2), 11–31.

Ph.D. Ummul Aiman, S. P. D. K. A. S. H. M. A. Ciq. M. J. M. P., Suryadin Hasda, M. P. Z. F., M.Kes. Masita, M. P. I. N. T. S. K., & M.Pd. Meilida Eka Sari, M. P. M. K. N. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Purwita Sari, M., Aulia Rachman, L., Ronaldi, D., & F Sanjaya, V. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U. Enterpreneuer Dan Bisnis (JEBI), 1(2), 122–129.

Rahayu, R., & Budiyanto. (2023). Pengaruh Harga, Ulasan Produk dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee (Studi Kasus Kepada Konsumen Shopee di Surabaya). Ilmu Dan Riset Manajemen, 1(6), 1978–1520.

Rahmawati, K. (2021). Pelatihan Penjualan Online Menggunakan Marketplace Pada Ukm Di Bantul. Dharma LPPM, 2(1). https://doi.org/10.31315/dlppm.v2i1.4794

Samosir, V. H. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Promosi, Dan Testimoni E-Commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mahasiswa Feb Uma Pengguna Shopee. Universitas Medan Area.

Saputra, R., Ekonomi, F., & Riau, U. I. (2020). KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DISTRO LABEL STORE.

Sari, R. N., Bisnis, F., Ali, U. D., Andriyati, Y., Bisnis, F., & Ali, U. D. (2024). PEMBAYARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 5(1), 24–42.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2020). Uma Sekaran Research methods for business. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8, p. 488).

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Victor, V., & Yu, J. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Nasi Keriting Medan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 13(1), 117–126. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/administrasimanajemen/index

Wibowo, M. M. (2021). Analisis Online Customer Review Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Platform Online Shopee (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee Di Suzuya Marelan). In Eprints.Pancabudi.Ac.Id.

Wijaya, B. (2023). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN PT . SARDANA INDAHBERLIAN MOTOR PROPOSAL SKRIPSI PROGRAM STUDI MANAJEMEN.

Wijaya, W. R., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Restoran ABC di Pantai Indah Kapuk). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 1(3), 82–91.

Wulandari, H. P., & Subandiyah, A. E. (2022). Pengaruh Ulasan Produk, Harga dan Pembayaran Non Tunai (Shopee paylater) terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 9(2), 80–93. https://doi.org/10.54131/jbma.v9i2.138




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.8973

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics