Peran Kesadaran Merek Sebagai Mediasi Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sagu Rasa “Hula Jay” Pada Umkm Tagafura Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan
Sari
Hasil Penelitian pengaruh promosi media sosial terhadap keputusan pembelian produk Sagu Rasa Tagafura di Kelurahan Jaya, Kota Tidore Kepulauan, tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Promosi media sosial terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kesadaran merek produk Sagu Rasa Tagafura di Kelurahan Jaya, Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kesadaran merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Sagu Rasa Tagafura di Kelurahan Jaya, Kota Tidore Kepulauan. Promosi media sosial terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Sagu Rasa Tagafura di Kelurahan Jaya, Kota Tidore Kepulauan, dengan kesadaran merek berperan sebagai variabel mediasi.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian Konsumen, Promosi Media Sosial, Kesadaran Merek
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Aaker. 2018. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta : Mitra Utama.
Adila Sn, Aziz N. 2019. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Di Mediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Restoran Kfc Cabang Khatib Sulaiman Padang. 1-ss16.
Aidhaningtyas Ft, Purwanto S. 2024. Pengaruh Promosi Dan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Mediasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wafer Tango Di Wilayah Surabaya. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 4040-4050.
Alma Hb. 2018. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Andriani, Della. (2023). Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Starcross Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli (Studi Pada Generasi Milenial Malang). Jurnal Economina Volume 2, Nomor 3, Maret 2023
Angelyn & Kodrat, D. (2021). The Effect Of Social Media Marketing On Purchase Decision With Brand Awareness As Mediation On Haroo Table. International Journal Of Review Management Business And Entrepreneurship, 1 (1).
Angelyn & Kodrat, D. (2021). The Effect Of Social Media Marketing On Purchase Decision With Brand Awareness As Mediation On Haroo Table. International Journal Of Review Management Business And Entrepreneurship, 1 (1).
Apriany, Ade. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amdk Summit. Jimkes Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 10 No. 1, 2022 Pp. 105-114
Arianty N, Andira A.2021. Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.
Astaivada, Tia, (2023). Pengaruh Promosi Media Sosial, Word Of Mouth Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Jajanan Kuliner Di Pelabuhan Kamal. Jurnal Ilmu Manajamen, Ekonomi Dan Kewirausahaan. Jurnal Jimek Vol 3 No. 2
Ayunita, S. M. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Online Shopthyy Thyy Di Kota Sorong. Jurnal Badati Ilmu Sosial & Humaniora, 42-53.
Azahra F, Hadita. 2023. Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli Kfc Golden City Bekasi Di Sosial Media Instagram. Jurnal Economina, 2(2), 678- 691.
Barus Cs, Silalahi D. 2021. Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 1-15.
Bella Novisa Anggraeni. 2019. Pengaruh Kegiatan Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Merek: Dampak Mediasi Kesadaran Nilai Dan Kesadaran Merek (Studi Kasus Pengguna Kosmetik Wardah). Universitas Islam Indonesia
Cahya Nlpag, Yulianthini Nn. 2023. Pengaruh Citra Merek Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Merek Lifebuoy Di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 103-112.
Clara Silvina Barus, D. S. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jmb), 1-15.
Cleo & Sopiah (2021). The Influence Of Social Media Marketing Activities On Purchase Intention Through Brand Awareness. Irceb: International Research Conference On Economics And Business, July: 220-238.
Deddy Septian. ”Strategi Komunikasi Pemasaran Cafe Tong Susu Pekanbaru. Dalam 2018 Perbankan Syariah, (Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada,. 2016),
Dedhy P, Hudayah S, Rahmawati. 2017. Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Citra Merek, Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. Kinerja, 14(1), 16-23.
Dianamurti It, Damayanti D. 2023. Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Matahari Plaza Ambarrukmo Yogyakarta Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 51-59.
Duffett, R. G. (2017). Influence Of Social Media Marketing Communications On Young Consumers’ Attitudes. Young Consumers, 18(1), 19–39. Https://Doi.Org/10.1108/Yc-07-2016-00622
Durianto D, Sugiarto, Sitinjak T. 2017. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas Merek Dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Effendi M, Eka Apb. 2024. Persepsi Konsumen Dalam Memediasi Hubungan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Industri Kreatif Sektor Kuliner. Ikraith-Ekonomika, 7(1), 210-219.
Engriani M, Fitriana R, Cetty C. 2019. Pengaruh Promosi Media Sosial Line Terhadap Keputusan Pembelian Di Starbucks Mall Taman Anggrek. Ikraithekonomika, 2(3), 140–147.
Ferdinand A. 2005. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister Dan Disertasi Doktor, Edisi 3, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Fransiska H. 2018. Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Dan Hubungan Merek Terhadap Ekuitas Merek Oppo Smartphone. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Gabriel, J., & Kolapo, S. (2015). Online Marketing And Consumer Purchase Behaviour: A Study Of Nigerian Firms. British Journal Of Marketing Studies, 3(7), 1–14.
Godey, B., Manthioua, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., Singh, R. 2016. “Social Media Marketing Efforts Of Luxury Brands: Influence On Brand Equity And Consumer Behavior”. Journal Of Business Research Xxx: Xxx–Xxx
Goyal, A., Kumar, V., & Bansal, S. (2018). Impact Of The Packaging On Consumer Buying Behaviour. Ijabs: International Journal Of Agriculture And Biochemical Science, 7 (2): 1-14.
Goyal, A., Kumar, V., & Bansal, S. (2019). Impact Of The Packaging On Consumer Buying Behaviour. People, Planet And Profit In Sustainable Development & Contribution In It, Media And Management, 1(5), 1–14.
Gundara Mga, Fitriadi Bw, Barlian B. 2022. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Muara Kosmetik Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), 4009-4013.
Hafel, Muhlis (2020). Optimalisasi Pengembangan Kelompok Usaha Sagu Jai Di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Abdidas Volume 1 Nomor 5 Tahun 2020 Halaman 424 - 429 Jurnal Abdidas Community Development Service On Educational And Health Sciences Http://Abdidas.Org/Index.Php/Abdidas
Handayani, Dedi. 2017. Pengaruh Promosi Wisata Bahari Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Pelabuhan Muncar Banyuwangi. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 7(2), 153.
Harianti, Y. (2017). The Effect Of Perceived Social Media Marketing Activities On Brand Loyalty: The Mediation Effect Of Brand And Value Consciousness. Universitas Atmajaya Yogyakarta. Page 1-15. Unpublished Manuscript.
Hartono, H. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Awareness Co.White. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start Up Bisnis, 4 (6): 871-881.
Hendrawan, Kevin (2022) Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Mediasi. S1 Thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Hidayatullah (2017) Pengaruh Citra Merek Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Pt. Asuransi Sinarmas Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta
Hinz O, Schulze C, Takac, C. 2014. New Product Adoption In Social Networks: Why Direction Matters. Journal Of Business Research, 67(1), 2836-2844.
Hutter, K., Hautz, J., Dennhardt, S., Fuller, J. (2013). The Impact Of User Interactions In Social Media On Brand Awareness And Purchase Intention: The Case Of Mini On Facebook. Journal Of Product & Brand Management. Pp. 342–351.
Irawan A, Misbach I. 2020. Pengaruh Viral Marketing Dan Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Management And Business Review, 4(2), 112-126.
Kaldera. 2023. Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Merk Antis Melalui Label Halal Sebagai Variabel Mediasi Berliana Trialda, Murwanto Sigit 2 Department Of Management, Faculty Of Business And Economics, Universitas Islam Indonesia, Sleman, Special Region Of Yogyakarta, Indonesia E-Mail: 19311474@Students.Uii.Ac.Id
Keller Kl. 2013. Strategic Brand Management: Building, Measyring, And Managing Brand Equity. Global Edition (4th Ed.). Person Education.
Keller, K. L. 2013. Strategic Brand Management: Building, Measuring, And Managing Brand Equity Global Edition. Four Edition. Pearson Education Limited. England
Kotler P, Amstrong G. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler P, Keller Kl. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler P, Keller Kl. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotlter P, Armstrong G. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lee M, Johnson C. 2011. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana.
Lukito Wa, D Fahmi A. 2020. Pengaruh Promosi Dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. Journal Of Economics And Accounting, 1(2), 90-95.
Lv, J., Wang, Z., Huang, Y., Wang, T., & Wang, Y. (2020). How Can E-Commerce Businesses Implement Discount Strategies Through Social Media? Sustainability (Switzerland), 12(18). Https://Doi.Org/10.3390/Su12187459
Mahardhika Cs, Dan Tjahyadi Ra. 2022. Pengujian Pemasaran Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian: Peran Kesadaran Merek Sebagai Variabel Mediasi Pada Kosmetik Emina. Jurnal Riset Bisnis, 5(2), 130-142.
Marie1 Al, Widodo Re , Prasetio Ab. 2023. Peran Instagram Sebagai Pemasaran Media Sosial Dalam Membangun Kesadaran Merek Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Salah Satu Kedai Kopi Lokal Top Brand Indonesia. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 28(3), 296-307.
Mc Quail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
Meutia Ki, Hadita, Widjarnarko W. 2021. Dampak Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Miniso. Journal Of Technopreneurship On Economics And Business Review, 2(2), 75-87.
Mulyansyah Gt, Sulistyowati R. 2021. Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097- 1103.
Nasrullah R. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Ningrum, Puri Lm, Ratnasari E. 2023. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Toko Qolsa Metro Tahun 2022. Journal Of Student Research (Jsr), 1(1), 394-403.
Onsardi, Ekowati S, Yulinda At, Megawati. 2021. Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10-19.
Porajow, Kelvin Christian. (2020) Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Di Manado. Productivity, Vol. 1 No. 5.
Priyatna Eh, Kamilah Ra. 2023. Citra Merek Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Club. Digital Business Journal, 2(1), 48-61.
Putra, E. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Stie Pasaman). E-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 8, Nomor 3
Rachmawati Sd, Andjarwati Al. 2020. Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Jne Express Di Surabaya Selatan). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25-29.
Raharjo, S. T. & Samuel, H. (2010). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi Pada Lazada. Jurnal Strategi Pemasaran, 5 (2): 1-6.
Ramadayanti F. 2019. Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 78-83.
Refiani As, Mustikasari A. 2020. Analisis Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada This! By Alifah Ratu. E-Proceeding Of Applied Science, 6(2), 2753-2758.
Rivaldo Y, Wibowo Ea, Hasibuan R, Anggraini D, Arnesih. 2021. Analisis Dampak Kesadaran Merek, Presepsi Kualitas, Dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 1(2), 149-157.
Ruslan R. 2006. Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi, Konsepsi
Safitri, Anisa Noer. 2022. Pengaruh Brand Image, Lifestyle, Dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko 3second. Yume : Journal Of Management Volume 5 Issue 2 (2022) Pages 450 - 458
Sangadji, Sopiah. 2013. Definisi Keputusan Pembelian. Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Andi.
Sangadji, Suwandi (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sagu Rasa Pada Gabungan Kelompok Tani Tagafura Di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Optimal : Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Vol.13 No.2 2019
Santoso T, Bilad R, Shandywan E, Bambang Hh, Tanjung A. 2024. Analisis Pengaruh Harga, Variasi Produk Dan Kesadaran Merk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Aerostreet Di Cikarang Utara. Seminar Nasional Manajemen Bisnis, 2(1), 645-648.
Schivinski, B., & Dabrowski, D. (2015). The Impact Of Brand Communication On Brand Equity Through Facebook. Journal Of Research In Interactive Marketing, 9(1), 31–53. Https://Doi.Org/10.1108/Jrim-02- 2014-0007
Schivinski, B., Dabrowski, D. 2015. “The Impact Of Brand Communication On Brand Equity Through Facebook”. Journal Of Research In Interactive Marketing 9 (1): 31-53
Seo, E. J. And Park, J. W. 2018. “A Study On The Effects Of Social Media Marketing Activities On Brand Equity And Customer Response In The Airline Industry”. Journal Of Air Transport Management 66: 36-41
Setiawan Na, Hamid Uf. 2014. Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata Lokal Di Desa Wisata Jelekong. Trikonomika, 13(2), 190.
Stojanovic, I., Andreu, L., Perez, R. C. 2018. “Effects Of The Intensity Of Use Of Social Media On Brand Equity: An Empirical Study In A Tourist Destination”. European Journal Of Management And Business Economics.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sulistio, A. & Semuel, H. (2015). Pengaruh Promotion Mix Terhadap Brand Awareness Pt Hm Sampoerna Tbk Melalui Produk Terbaru Sampoerna A Platinum. Jurnal Strategi Pemasaran, 5 (2): 1-7.
Tjiptono, F. 2016. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Upadana, Made Wahyu Krisna. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 5, 2020 : 1921-1941 Issn : 2302-8912 Doi: Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2020.V09.I05.P14
Upadana, Made Wahyu Krisna. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 5, 2020 : 1921-1941 Issn : 2302-8912 Doi: Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2020.V09.I05.P14
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.9186
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.