Implementasi Digital Marketing Berbasis Website Menggunakan CMS WordPress Pada Madani Holidays Tour & Travel

Khesya Sabilah Rizwinie, Haryadi Haryadi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan digital marketing berbasis website pada usaha Madani Holidays Tour & Travel dengan menggunakan Content Management System (CMS) WordPress. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan sistem Waterfall serta pengujian kelayakan website menggunakan validasi ahli dan System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya website yang telah berhasil diimplementasikan dapat diterima oleh pengguna dan layak untuk digunakan sebagai media pemasaran digital dengan perolehan nilai dari ahli media sebesar 97,2% dan hasil uji System Usability Scale (SUS) dengan skor 87,73 yang termasuk ke dalam kategori “Acceptable” pada Acceptability Range, “B” pada Grade Scale dan “Excellent” pada Adjective Rating.

Kata Kunci: Website, Digital Marketing, Content Management System, WordPres

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arifuddin, A. A. Z., Kamaruddin, M. Z., & Usman, A. (2023). Perancangan Website Berbasis Digital Marketing Pada PT Satoimo Sulawesi Sukses. Jurnal Instek Informatika Sains dan Teknlogi, 8(1), 27–35. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/instek/article/view/36 702/ 17049

Arsa, M. F. (2021). Buku Belajar Wordpress Dari Dasar Hingga Mahir. CV. Jejak.

Aryanto, S., Putri Ayuni Agustina, Meyke Erlianda, Anggraeni Eklecia Silaen, Ade Putri Puspitasari, & Meliyanti. (2023). Pengembangan Buku Ramah Cerna Berbasis Human Security sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1846–1860. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6900

Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., Diwyarthi, N. D. M. S., Utami, R. D., Firdaus, A., Mulyana, M., Fitriana, Norhidayati, & Egim, A. S. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale. Journal of Usability Studies, 114–123.

Brooke, J. (2013). SUS: a retrospective. Journal of Usability Studies, 8(2), 29–40.

Cahyo, O. A. T., Setiawan. DImas, & Lenawati, M. (2022). Implementasi Digital Marketing Berbasis WordPress Pada Ichi Hydroponic Store Madiun. Pilar Teknologi: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknologi, 7(2), 18–25. https://pilar.unmermadiun.ac.id/index.php/pilarteknologi/article/vi ew/121/100

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing Seventh Edition. Pearson Education Limited.

Djaeng, D. S., dan Burhanudin, B. (2016). Analisa Kualitas Website STMIK Bina Mulia Palu Menggunakan Framework Webqual. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2(2), 53–63.

Erislan. (2024). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Digital. Mitra Ilmu.

Erwin, Ardyan, E., Ilyas, A., Ariasih, M. P., Nawir, F., Sovianti, R., Amaral, M. A. L., Setiawan, Z., Setiono, D., & Munizu, M. (2023). Digital Marketing (Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0). PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi. org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.209

Komalasari, R., Pramesti, P., & Harto, B. (2020). Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. ALTASIA Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2), 163–170. https://journal.uib.ac.id/ index.php/altasia/issue/view/56/Februari%202020%20%28Edisi%20Khusus%29

Mus, S., Habibah, S., & Wahed, A. (2020). Pengelolaan Website Sekolah Berbasis Wordpress. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. http://103.76.50.195/semnaslpm/article/view

Nasution, O. B., & Rohman, I. Z. (2022). Peran Akun Media Sosial Berbasis Konten Pariwisata Pada Pengambilan Keputusan Wisatawan Untuk Mengunjungi Destinasi Wisata Pada Era Digital. JUMPA Jurnal Master Pariwisata, 8(2), 774–789. http://repositorybaru.stieykpn.ac. id/97/

Noviyanto, F., & Mazari, A. (2014). Pengembangan Aplikasi Generator Modul Pada CMS Untuk Mempermudah Pengembangan Sistem Berbasis Web (Studi Kasus: Cms Lokomedia). Jurnal Penelitian Teknik Informatika, 4(1).

Pamungkas, R., & Azis, M. N. L. (2022). Implementasi Content Management System Wordpress Sebagai Sistem Informasi Publik Berbasis Web. UNIPMA Press. www.kwu.unipma.ac.id

Pamungkas, R., Pratama, Q. R., & Cahyo, O. A. T. (2020). Pemanfaatan Website Desa Dalam Optimalisasi Informasi Publik Kepada Masyarakat di Desa Kiringan. DAYA -MAS: Media Komunikasi Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 32–38. https://da yamas.unmermadiun.ac.id/index.php/dayamas/article/view/43/44

Permatasari, D., & Khabibah, U. (2021). Penerapan Digital Marketing Berbasis Website Dengan Aplikasi CMS Wordpress pada CV. Kuwerasedana Wiratama Situbondo. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), 45–48. https://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/1974/1 548

Putri, A. N. R., Anggara, I. N. Y., & Permana, P. T. H. (2024). Rancang Bangun dan Implementasi E-Commerce Berbasis Website Pada UD. AM Menggunakan CMS Dengan Metode Agile Development. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 70–84. https://doi.org/10.31980/jpetik.v10i1.548

Ramadhani, M. B., Aziza, S. R., Febriana, H. D., & Rachman, A. (2022). Implementasi Design Thinking pada Perancangan Website Yellow Sands Travel Berbasis Wordpress. Prosiding Seminar Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 504–511. https://doi.org/ 10.31284/p.semtik.2022-1.3180

Riyanto, S., & Suhari, Y. (2024). Implementasi System Usability Scale pada Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lokal Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Urnal Ilmiah Elektronika dan Komputer, 17(1), 138–149. https://doi.org/10.51903/elkom.v17i1.17 27

Saputra, I. P. D. A. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Mempromosikan Destinasi Pariwisata. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(1), 345–353. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4 i1.3621

Setemen, K., Erawati Dewi, L. J., & Purnamawan, I. K. (2019). PAON Usability Testing Using System Usability Scale. Journal of Physics: Conference Series, 1165(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1165/ 1/012009

Sidik, A. (2019). Teori, Strategi dan Evaluasi Merancang Website Dalam Perspektif Desain. Universitas Islam Kalimantan.

Siswanti, K., Famukhit, M. L., & Rahayu, D. (2020). Rancang Bangun Website E-Commerce Berbasis Wordpress pada Mebel UD “REJEKI.” Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 87–92. https://doi.org/10.21137/ jpp.2020.12.2.5

Sommerville, I. (2016). Software Engineering Tenth Edition. Pearson.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryawinata, M. (2019). Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Berbasis Web. UMSIDA Press.

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021). UR Press.

Syaputra, J., Rafi, M. F. I., & Suryawan, S. H. (2023). Perancangan Website Company Profile Menggunakan Wordpress Untuk Meningkatkan Marketing Tools Pada PT. Barqun Digital Teknologi. Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Dan Sistem Informasi (PETISI), 1(2), 55–64. https://doi.org/10.30872/petisi.v1i2.1106

Ulumuddin, D. I. I., Haryadi, T., Prabowo, D. P., & Ihwan, A. M. (2022). Adaptasi Digital Marketing berbasis Website untuk Produk UMKM Fatikha Sweet Honey. Jurnal Informatika UPGRIS, 8(1), 52–58. https://journal.upgris.ac.id/index.php/JIU/article/view/11524/5708

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, 1–5.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.9332

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics