Pengaruh Key Opinion Leader Dan Social Media Marketing Di Tiktok Terhadap Brand Awareness Pada Produk Kecantikan Skintific Di Kalangan Mahasiswa Bisnis Digital Unimed.

Anjel Monika Lumban Toruan, Sabda Dian Nurani Siahaan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Key Opinion Leader dan Social Media Marketing terhadap Brand Awareness produk kecantikan Skintific di kalangan mahasiswa Bisnis Digital UNIMED. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda, melibatkan 120 responden yang pernah melihat promosi Skintific melalui media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Key Opinion Leader maupun Social Media Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap Brand Awareness. Hasil analisis menunjukkan bahwa Key Opinion Leader dan Social Media Marketing memiliki pengaruh positif terhadap Brand Awareness, dengan nilai koefisien regresi masing-masing sebesar 0,404 dan 0,487. Key Opinion Leader memiliki nilai thitung sebesar 4,099 (Sig. 0,031), sementara Social Media Marketing memiliki thitung 4,902 (Sig. 0,000). Secara simultan, keduanya berpengaruh signifikan dengan fhitung sebesar 55,103 (Sig. 0,000). Nilai R² sebesar 0,485 mengindikasikan bahwa 48,5% variasi Brand Awareness dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Temuan ini menegaskan bahwa Key Opinion Leaderaborasi dengan Key Opinion Leader serta strategi pemasaran media sosial yang tepat sangat efektif dalam membangun kesadaran merek di kalangan konsumen muda.

Kata kunci: Key Opinion Leader, Social Media Marketing, Brand Awareness, Skintific, TikTok

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aaker, D. A. (2010). Building Strong Brands (Edisi Revisi). London: Pocket

Books.

Aaker, D. A. (2018). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. New York: Free Press.

Adrianto, M. P., & Kurnia, N. (2021). Kredibilitas Key Opinion Leader dalam Membentuk Kepercayaan Konsumen terhadap Brand. Jurnal Riset

ManajemenRisetdanKomunikasi.https://www.researchgate.net/publication/3

_edibilas_Influencr_dalam_Membentuk_Kepercayaan_Konsumen _terhaap_Brand

Agustin, N., & Amron. (2020). Pengaruh Key Opinion Leader Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada TikTok Shop. KINERJA Jurnal Ekonomidan Bisnis, 5(1), 49-61

Akbar, M. F., Ati, H. D. L., & Sukarson, A. (2024). Peran TikTok dalam Meningkatkan Brand Awareness di Kalangan Milenial dan Gen Z.Journal

MediaPublicRelations,4(1),52–5https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1594

Albertyano, G. G., & Purwanto, S. (2023). Pengaruh Key Opinion Leader Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kacang Dua Kelinci di Kota Surabaya. SEIKO: Journal of Management & Business.

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Analisis Umpan Balik Pelanggan terhadap Kualitas Pelayanan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 45-60.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyani, H., Widiawati, A., & Asbara, N. W. (2024). Pengaruh Brand Awareness dan Online Customer Review terhadap Minat Beli Konsumen pada

Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia. Jurnal Manuver: Akuntansi Dan Manajemen, 1(3), 304–313.

Bilgin, Y. (2018). The Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image, and Brand Loyalty. Business and Management Studies:An International Journal, 6(1),128148. https://doi.org/10.15295/ mij.v6i1.229

Bismo, A., Sylvia, & Halim, W. (2022). Pengaruh Key Opinion Leader Terhadap Customer Engagement Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Pada Jockey Indonesia. Jurnal Bisnis Darmajaya, 8(2), Desember.

Compas.co.id. (2024). Tren Penjualan Paket Kecantikan Periode Q1 2024. Retrievedfrom.https://compas.co.id/article/tren-penjualan-paket kecantikan-periodeq1-2024

Damayanti, S., Chan, A., & Barkah, C. S. (2021). Pengaruh Social Media MarketingTerhadap Brand Image MyPangandaran Tour and Travel. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3).

Deriyanto, A., & Qorib, M. (2021). Peran Media Sosial TikTok dalam Pemasaran Produk Fashion. Jurnal Riset Pemasaran, 7(2), 75-85.

Deva, A. S., & Rokhmat. (2024). Pengaruh Content Marketing, Viral Marketing, dan Key Opinion Leader Marketing terhadap Purchase Decision pada

Pengguna Social Commerce TikTok Shop di Yogyakarta. Co-Value: Jurnal Ekonomi,Koperasi & Kewirausahaan.

Didit, D., Arifin, S., & Purwanto, F. (2020). Studi Tentang Persepsi Nilai, Kepuasan Dan Retensi Pelanggan Kapal Penyeberangan Ujung Kamal. Jurnal Baruna Horizon, 3(1), 45-60.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial TikTok: Key Opinion Leaderaborasi Key Opinion Leader dan Konten Kreatif. Jurnal Pemasaran Digital, 5(2), 123-135.

Eliza, & Sinaga. (2018). Pengaruh Key Opinion Leader yang Memiliki Pengetahuan Mendalam Terhadap Informasi Produk. Jurnal dari Uyuun & Dwijayanti.

Faisal, A., & Ekawanto, I. (2021). The Role Of Social Media Marketing In

Increasing Brand Awareness, Brand Image And Purchase Intention.

IMAR: Indonesian Management and Accounting Research, 20(2), 186

https://doi.org/10.25105/imar.v20i2.12554

Faisal, M. A., & Ekawanto, R. (2022). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Kesadaran Merek, Citra Merek dan Niat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 8(2),234243. https://doi.org/10.31843/j bi.v8i2.4779

Fauzi, V. P. (2018). Social Media Marketing untuk Meningkatkan Brand Image. Universitas Negeri Gorontalo.https://repository.ung.ac.id/geet/karyailmi h/8803/Social-Media-Marketing-Untuk- Meningkatkan Brand Image.pdf

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Glucksman, M. (2017). Key Opinion Leader Marketing: Bentuk Pemasaran Digital Yang Mengandalkan Tokoh Terkenal. fisipol.ugm.

Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2009). Basic Econometrics (5th ed.). McGraw Hill.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Education.

Hasan, M., Andaleeb, S. S., & Akter, R. (2023). Brand Image and Customer Loyalty: A Study of Mediating Effects in the Service Sector. SAGE Open, 13(1), 115. https://doi.org/10.1177/21582440241239457

Hasanudin, & Amalia, A. R. (2023). The Effect Of Key Opinion Leader, Instagram, And Digital Campaign Through Brand Image On Brand

Awareness In Evoria Products. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 8(2), 1094–1111.

Hayati, N., & Sudradjat, A. (2022). Pentingnya Konten Berkualitas dalam

Menarik Perhatian Pengguna di TikTok. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 6(1), 45-60.

Irawan. (2008). Dimensi SERVQUAL (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy).

Irdasyah, R. R., Risqiani, R., & Margaretha, F. (2022). The Influence Of Social Media Marketing Activities, Brand Awareness, Brand Image Against Purchase Intention. JER Jurnal Economic Resources, 9(1), 402-416.

Junaidi, A. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis Digital. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Karuehni, I., Peridawaty, P., Nahan, N., Toendan, R. Y., & Tunjang, H. (2024). The Effectiveness Of Social Media Marketing In Building Brand Awareness For Startups. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies,5(4),Desember. Tersediadihttps://journal.unm. c.id/index.php/JE3S/index

Kellin, T., & Rusdi, F. (2024). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Melalui Key Opinion Leader (KEY OPINION LEADER) Dalam Meningkatkan Brand Awareness SH-RD Indonesia. Prologia, 8(2), 318–327.

Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2000). Foundations of Behavioral Research.

Wadsworth Publishing.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Kurniati, N. Y. (2023). Pengaruh Key Opinion Leader Marketing Terhadap Brand Awareness Suatu Produk. Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 14(5), 537–548.

Lydda, J. Y. E., Saerang, D. P. E., & Arie, F. V. (2023). The Influence of Product

Placement and Key Opinion Leader Marketing Towards Brand Awareness in Manado. Jurnal EMBA, 11(1), 98–107.

Meltwater. (2022). What is a Key Opinion Leader (KEY OPINION LEADER)? Diakses dari https://www.meltwater.com/en/blog/key-opinion-leaders

Muzakki, F. D. P. (2024). Pengaruh Key Opinion Leader Marketing dan Content Marketing Terhadap Brand Awareness Produk Avoskin. UPN Veteran Jawa Timur.

Muzakki, F. D. P., & Andarini, S. (2024). Pengaruh Key Opinion Leader Marketing dan Content Marketing Terhadap Brand Awareness Produk Avoskin: (Studi pada Instagram @avoskinbeauty). Jurnal Administrasi

Bisnis (JAB), 14(1), 70–75. https://doi.org/10.29313/bcscm.v3i3.9612

Nadhiro. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness

Pada Followers Instagram Warunk Upnormal. Commercium, 2(2), 88–92.

Nazila, A. T., Henryanto, A. G., & Kenang, I. H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing On Instagram Terhadap Brand Awareness Dan Purchase Intention Produk Mangkok Nusantra. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 7(4), 433–444.

Novila, F. (2018). Social Media Marketing untuk Meningkatkan Brand Image. Universitas Negeri Gorontalo.

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Edisi ke-5). Jakarta: Salemba Medika.

Pamungkas, I. (2023). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness pada Perusahaan Kopi Kenangan. Jurnal Pendidikan. dan.Konseling,.7(1),.2427.https://journal.universitasp hlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11355

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1990). SERVQUAL: A Multiple Item Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Prasetya, D. (2024). Efektivitas Key Opinion Leader Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness di Industri Kecantikan. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science and Technology, 1(1), 1–10.

Prasetya, D. (2024). Efektivitas Key Opinion Leader Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness di Industri Kecantikan. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(4), 1887–1896.

Putri, A., & Dewi, B. (2023). Pengaruh Konten Berkualitas Terhadap Kesadaran Merek di Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 45–60.

Putri, N. A., & Putra, H. B. (2024). The Effect Of Social-Media-Key Opinion Leader Popularity On Purchase-Intention Of A Fashion-Product Through Emotional Attachment. Jurnal Mantik, 7(4), 3282–3291.

Rahmandika, Y. F., Listyowati, & Purwanto, H. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Reyvina, R., & Tjokrosaputro, M. (2024). The Effect Of Social Media Marketing On Awareness And Brand Image Of Local Fashion Through Consumer Brand Engagement. International Journal Of Application On Economics

And Business(IJAEB),2(2),34173429.https://doi.org/10.24912/ijaeb.v2i2 34173429

Rosalina, S. S., & Lidya, L. (2021). Аnаlіsа Pеngаruh Іnfluеncеr Mаrkеtіng Tеrhаdаp Brаnd Аwаrеnеss Shopее. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 28(2), 124–134.

Rosmayanti, M. (2023). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue. Journal on Education, 5(3), 81268137. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1600

Saputra, I. G. B. K., & Wardana, I. M. (2023). The Role Of Brand Awareness Mediating The Influence Of Social Media Marketing On Purchase

Intention. International Journal Of Asian Business And Management (IJABM), 2(4), 559–576. https://doi.org/10.55927/ijabm.v2i4.5752

Shimp, T. A. (2022). Brand Awareness: Kemampuan Konsumen Untuk Mengingat Merek Atau Produk Tertentu.

Siagian, M. S., & Kurnia. (2023). Pengaruh Key Opinion Leader terhadap Brand

Awareness melalui Media Sosial. Bandung Conference Series:

Communication Management, 3(3), 972–983.

https://doi.org/10.29313/bcscm.v3i3.9612

Sitorus, S. A., et al. (2022). Brand Marketing: The Art of Branding. Bandung:

Media Sains Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sylvia et al. (2019). Key Opinion Leader Marketing Terhadap Brand Awareness Shopee dengan Penggunaan Instagram. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 6(4), 788–791.

Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing

Untuk Meningkatkan Brand Image. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268

Wardhana, A., et al. (2019). Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 112–120.

Widianti, K., & Judisseno, R. K. (2020). Strategi Pemilihan Key Opinion Leader dalam Membangun Brand Awareness pada Event Rebranding OLX.

Seminar Nasional Riset Terapan Administrasi Bisnis & MICE, 1(1), 1 10.

Yoshita, R. (2023). Pengaruh Terpaan Sales Promotion Dan Intensitas Melihat Online Customer Review Pada Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific. Interaksi Online, 11(4), 184–192.

Yuwana, & Lestari. (2024). Pengaruh Key Opinion Leader Marketing dan Brand

Awareness Terhadap Pemasaran Scarlett Whitening di Masa Depan. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis.

Zhang, Y., et al. (2021). Keunggulan Algoritma TikTok dalam Viralitas Konten. Jurnal Media Sosial dan Komunikasi, 9(3), 200–215.

Zhou, R. (2024). Understanding the Impact of TikTok's Recommendation Algorithm on User Engagement. International Journal of Computer Science and Information Technology, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i2.9681

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics