Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian di Kings Distro Delitua.

Boyke Hutasoit, Rangga Restu Prayogo

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh citra kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian di Kings Distro. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk dari Kings Distro yang terletak di Jl. Besar Deli Tua, Kec. Deli tua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas Produk secara parsial memberikan pengaruh positif dengan nilai t-hitung sebesar 4,072 > t-tabel sebesar 1,984 maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Artinya ada pengaruh positif antara kualitas produk dengan keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai sig 0,00 < 0,05. (2) citra merek secara parsial memberikan pengaruh positif dengan nilai t-hitung sebesar 2,654 > t-tabel sebesar 1,984 maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Artinya ada pengaruh postiif antara citra merek dengan keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai sig 0,009 < 0,05. (3) Kualitas produk dan citra merek secara simultan memberikan pengaruh positif nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 11,447 maka Fhitung > Ftabel yaitu 11,447 > 3,09 maka Ho ditolak dan Ha diterima, H3 diterima.

Kata kunci: Kualitas Produk, Citra Merek dan Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Akil, R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Umkm Industri Fesyen Distro Di Indonesia (Analisis Sostac Di Sebuah Toko Distro Di Jakarta). KOMUNIKATA57 : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 2(1), 24–36.

http://www.swa.co.id/swamajalah/sajian/detail.thp!cid=1&id=511.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Ilmiah, 5(2), 14–23.

Daya, J. S., Rosa, T., & Tamba, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk “The Sandals” dari PT. Razer Brothers. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 12(1), 86–98. https://doi.org/10.52643/jam.v12i1.2112

Fera, F., & Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1-13.

Fredy Wijaya (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di di Surabaya

Herawati, Dian, S., & Prajanti, W. (2019). Predicted Purchasing Decisions from Lifestyle , Product Quality and Price Through Purchase Motivation. 8(1), 1–11.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. unitomo press.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2015,Marketing Management,15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Lamasi, W. I., & Santoso, S. (2022). The influence of promotion, product quality and brand image towards customer purchase decisions of Wardah cosmetic products. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 11(2), 67–73. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v11i2.1579

Maryati, & Khoiri.M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.

Maslichah. (2013). Komunikasi Pemasaran Modern. Jakarta: Cetakan Pertama.

Naisaniya, F. R., & Saputro, E. P. (2023). Pengaruh Harga, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Produk Rabbani. Value, 4(2), 133–150. https://doi.org/10.36490/value.v4i2.935

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Quality And Competitive Pricing Literature Review : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian , Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(January), 183–188.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan PembelianKonsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). https://doi.org/10.30813/jbam.v10i1.870

Putri, T. A., Marwan, & Rahmidani, R. (2018). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk LA Tulipe di kota Padang. 1, 734–743

Rentanubun, K. V. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hotel. Performa, 8(3), 260–268. https://doi.org/10.37715/jp.v8i3.2969

Rorong, G. A., Tamengkel, L. F., Mukuan, D. D. S., Studi, P., & Bisnis, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Pasar Baru Langowan. Productivity, 2(3), 228–233. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/34769

Schiffman, L. G., Kanuk, L. ., & Wisenblit, J. 2014. Consumer Behaviour. Pearson.

Shimp, A. & Terence. (2014) Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta : Salemba Empat.

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714

Suryani, N. I., & Batu, R. L. (2021). YUME : Journal of Management Pengaruh Kualitas Produk , Ekuitas Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Bogor. 4(2), 254–271. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.787

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi Offset

Tritama, A., Syarief, N., & Pusporini. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk PULL&BEAR Di Grand Indonesia, Jakarta. Korelasi, 2(1), 447–463.

Widjayanti, L., & Suprihhadi, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Daya Saing, 9(3), 862–867. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v9i3.1602

Yulianingsih. (2018). Hubungan Antara Kualitas Produk dan Citra Merek Dengan Keputusan Pembelian pada PT. Hyundai Mobil Indonesia Cabang Serpong-Tangerang. Jurnal Visionida, 4, 23–37.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i2.9682

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics