Peran Kredibilitas Labeling “ Tasya Farasya Approved” Dalam Keputusan Pembelian Skincare Somethinc

Dini Pitriani, Harry Nugraha

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kredibilitas labeling “Tasya Farasya Approved” dalam keputusan pembelian skincare Somethinc, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang membentuk kredibilitas label tersebut di mata konsumen. Label tersebut merupakan bentuk rekomendasi dari beauty influencer Tasya Farasya, yang memiliki pengaruh besar dalam dunia kecantikan di Indonesia.Penelitian ini mengkaji peran spesifik kredibilitas label berbasis influencer dalam konteks pembelian produk kecantikan, yang belum banyak dieksplorasi sebelumnya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap 7 informan yang merupakan pengikut Tasya Farasya dan pernah membeli produk Somethinc. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa label “Tasya Farasya Approved” memiliki peran dalam berbagai tahapan keputusan pembelian, dengan faktor pembentuk kredibilitas meliputi trustworthiness, expertise, dan attractiveness Tasya Farasya. Namun, konsumen juga tetap kritis dengan mempertimbangkan faktor lain seperti kandungan produk dan harga. Kredibilitas influencer memegang peranan penting dalam membentuk kepercayaan konsumen dan dan berperan dalam proses pengambilan keputusan pembelian produk skincare somethinc.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abelinda, K. R., Bajari, A., & Mirawati, I. (2024). Peran Label “Tasya Farasya Approved” dan Respon Kognitif dalam Menentukan Keputusan Pembelian Brand Somethinc. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(4), 190–196. https://doi.org/10.62017/arima

Agustini, K. T. (2022). PENGEMBANGAN E-BOOK EKSPLORATIF BERPENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. 1–23.

Dian Sudiantini, Dwi Nurambarwati, Faizah Dwi Julianti, Farhan Febriansyah Putra, Gaida Putri Naraya, & Gea Verina Nazara. (2023). Inovasi Dalam Manajemen Pemasaran Dan Menjaga Relevan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(2), 129–138. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i2.378

Doi, N., & and Hayakawa, H. (2020). Electronic word-of-mouth: a survey from an economics perspective. International Journal of the Economics of Business, 27(2), 303–320. https://doi.org/10.1080/13571516.2020.1747853

Dwityas, N. A., Mulyana, A., Hesti, S., Briandana, R., & Kurniasari, P. M. (2020). Digital marketing communication strategies: The case of Indonesian news’portals. International Journal of Economics and Business Administration, 8(3), 307–316. https://doi.org/10.35808/ijeba/517

Maharani, Z. (2024). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN ELECTRONIC SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI ELEKTRONIC TRUST SEBAGAI MEDIASI. Eprints.Umm.Ac.Id. https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/16281/1/PENDAHULUAN.pdf

Munthe, R., Widiningsih, Y., & Ratnani, I. (2021). Furqan pada Dual System Processing dalam Pengambilan Keputusan. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 2, 226. https://doi.org/10.24014/pib.v2i3.14083

Sugiyono, P. D. (2024). buku metode penelitian kuantitatif , kualitatif dan R&D. penerbit Alfabeta , Bandung.

Velicita, T. M. (2024). ANALISIS RESEPSI KONTEN REVIEW “TASYA FARASYA APPROVED” DI KALANGAN FOLLOWERS-NYA PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Repositoryumn, 15(1), 37–48. https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34761/1/HALAMAN_AWAL.pdf




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i2.9690

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics