Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Salon Kuku (Survei Pada Pengikut Instagram @PulchraNails_)

Sri Ayu, Harry Nugraha, Harry Nugraha

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat beli dalam meningkatkan pembelian berulang. Dalam penelitian ini terdapat dua variable: Komunikasi Pemasaran (X) dan Minat beli (Y). Dalam era digital, media sosial menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau konsumen secara luas dan personal. Penggunaan sosial media Instagram kini semakin meningkat, membuat hampir banyak perusahaan menggunakan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran untuk mengiklankan produk dan jasanya. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah populasi terbatas yaitu semua orang yang mengikuti media sosial Instagram PulchraNails, dengan sampel sebanyak 68 responden yang dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode kuisioner yang disebarkan kepada pelanggan salon kuku PulchraNails_. Untuk menganalisis data ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi dan uji t. hasil uji t menunjukan bahwa promosi di media sosial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian jasa pada salon kuku PulchraNails_, dapat dilihat dari nilai t hitung lebih besar daripada t tabel. Koefisien determinasi sebesar 35,1% yang berarti variable promosi memiliki kontribusi yang cukup dalam menjelaskan minat beli konsumen. Sisanya 64.9% dijelaskan oleh variabel lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah promosi di media sosial berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada salon kuku PulchraNails_.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aziza, N. (2023). Metodologi penelitian 1 : deskriptif kuantitatif. ResearchGate, July, 166–178.

Kotler ; keller, K. (2016). Marketing Management (Global).

Kotler, P., Armstrong, G., & Balasubramanian, S. (2024). Principles of Marketing. In Pearson.

Nurjanah, I. (2022). PENGARUH HARGA, KUALITAS, DAN PROMOSI PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN UNTUK CAT RAMBUT MEREK L’OREAL DI FANNY SALON CILAMPENI. Widyatama Repository, 11(1), 1–14. http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/15216

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Supriyadi, Nur, P. M., & Soeriawibawa, R. D. T. (2020). Pengaruh Penanganan Pelanggan (E-Recovery) dan Kepuasan Pelanggan Elektronis (Customer E-Stastisfaction) Terhadap Intensitas Pembelian Ulang Secara Online (Online Repurchase Intention). Frima, 6681(3), 604–616.

Ubaidilah, M., & Widiarti, P. W. (2023). Pengaruh Terpaan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Akun Media Sosial Instagram @Promodazzle the Effect of Promotion Exposure on Consumer Buying Interest on Social Media of @Promodazzle’S Instagram Account. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(3), 273–284. https://doi.org/10.21831/lektur.v5i3.19177

Zusrony, E. (2021). Perilaku konsumen di Era Modern. In R. A. Kusumajaya (Ed.), Jakarta: Indeks. Yayasan Prima Agus Teknik. https://digi-lib.stekom.ac.id/assets/dokumen/ebook/feb_af4fc26370d71743c5796f1b81bfa97f73ce1c73_1652928345.pdf




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i2.9710

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics