PENGARUH METODE SERVIS QUALITY (SERQUAL) TERHADAP STRATEGI PEMASARAN OBJEK WISATA ALAM (STUDI KASUS OBJEK WISATA PANTAI WAKKA KABUPATEN PINRANG)

MEGAWATI BEDDU, REZKI NURBAKTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh variabel Servqual terhadap penentuan strategi pemasaran produk wisata pantai Wakka terhadap penentuan strategi pemasaran pada wisata alam pantai Wakka.Pnelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang memberikan gambaran secara jelas dan sistematis mengenai data-data dan fakta-fakta yang ada dilapangan,seberapa besar pengaru servis quality terhadap strategi pemasaran dipantai Wakka.Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, dengan melakukan observasi langsung dan penyebaran quesioner kepada wisatawan dengan tujuan khusus mengidentifikasi tingkat harapan dan tingkat kepuasan wisatawan terhadap objek wisata pantai wakka melalui pendekatan servqual. Hasil penelitian berdasarkan olah data regresi berganda menunjukkan bahwa variable Tangibel (X1) dan variable reabiliy (X2) memiliki arah yang berlawanan sehingga tidak memberi pengaruh dan untuk variable responsive(X3),Assurance (X4) dan emphaty(X5) memiliki arah yang sama .berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa servis quality kurang berpengaruh terhadap strategi pemasaran yang mengakibatkan pantai wakka membutuhkan strategi pemasaran baru dalam mengembangkan pantai Wakka sebagai industri wisata.

Kata kunci : Strategi Pemasaran,Servis Quality,Pantai Wakka

References


Alifiana Hafidian Rizkiyani dan Fuad Achmadi, 2016,Strategi Pemasaran Objek Wisata Dengan Pendekatan Servqual Mix Dan Quality Function Deployment (Qfd) (Studi Kasus Di Objek Wisata Pantai Talang Siring Kabupaten Pamekasan). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIV Program Studi MMT-ITS

El Samen, A.A dan M.Alshurideh. 2012. the impact of internal marketing on internal servis quality : A case study in Jordanian Pharmaceutical Company,Internasional Of Journal Business And Management.Vol 7 No 19. Published By Canadian Center Of Science And Education.

Fandy T,Gregorius,Dadi Adriana,2008,Pemasaran Strategik,penerbit Andi,Yogyakarta

Ghozali,2011 ,Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS semarang penerbit Universitas Diponegoro

I’anatut Thoifah,2015,Statistika Pendidikan Dan Metode Penelitian Kuantitatif,(anggota IKAPI Malang)

Kotler, P & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Sukarni Novita Sari ,Bijak, Majalah Ilmiah Institut STIAMI ISSN 1411-0830 Volume XIII, No. 01, Maret 2016

Sugiyono,2017 metode peneltian bisnis,Bandung Alfa beta

Tony Wijaya 2013,metodelogi penelitian ekonomi dan bisnis teori dan praktik,Yogyakarta,Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i1.513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics