Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Proses Keputusan Pembelian Melalui Brand Trust Pada RS Umum Pindad Bandung

Vania Taruli Josephine, Arianis Chan, Margo Purnomo

Abstract


Social media marketing memiliki peran penting dalam strategi pemasaran modern, terutama dalam industri pelayanan kesehatan. RSU Pindad Bandung telah memanfaatkan platform Instagram untuk meningkatkan interaksi dan kepercayaan konsumen, namun efektivitasnya perlu di evaluasi. Dengan mempertimbangkan brand trust sebagai variabel mediasi, penelitian ini menyelidiki pengaruh marketing sosial media Instagram terhadap proses keputusan pembelian layanan kesehatan di RS Umum Pindad Bandung. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif, dengan desain eksplanatori dan jenis penelitian survei yang digunakan. Penelitian ini memiliki 100 orang sebagai responden dari populasi 17.469 pengikut akun Instagram @rspindad, dan. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan penelitian kepustakaan. WMS dan SEM-PLS digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran media sosial memiliki efek positif yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Penelitian menemukan bahwa pemasaran media sosial memiliki efek positif yang signifikan terhadap kepercayaan merek dengan pengaruh tinggi, dan kepercayaan merek memiliki efek positif terhadap proses keputusan pembelian dengan pengaruh sedang. Kepercayaan merek juga berfungsi sebagai faktor intervensi yang signifikan dalam peran mediasi yang sedang dalam pengaruh sosial media.

Full Text:

Download PDF

References


Alkharabsheh, O. H. M., & Ho Zhen, B. (2021). The Impact of Content Marketing, Social Media Marketing and Online Convenience on Consumer Buying Decision Process. CoMBInES-Conference on …, 1(1), 1823–1834. https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4723

Cheung, M. L., Pires, G. D., Rosenberger III, P. J., & De Oliveira, M. J. (2021). Driving COBRAs: The Power of Social Media Marketing. Marketing Intelligence and Planning, 39(3), 361–376. https://doi.org/10.1108/MIP-11-2019-0583

Cohen, J. (1998). Statistical Power Analysis for The Behavioral Sciences (Second Edi). Lawrence Erlbaum Associates, Publishers. https://www.utstat.toronto.edu/~brunner/oldclass/378f16/readings/CohenPower.pdf

Ebrahim, R. S. (2019). The Role of Trust in Understanding the Impact of Social Media Marketing on Brand Equity and Brand Loyalty. Journal of Relationship Marketing, 19(4), 287–308. https://doi.org/10.1080/15332667.2019.1705742

Garti, A., & Develi, E. İ. (2022). Examining The Effect of Tiktok on The Moroccan Consumer Buying Decision Process After The Pancemic. Journal of International Trade, Logistics and Law, 8(2), 1–14.

Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social Media Marketing Efforts of Luxury Brands: Influence on Brand Equity and Consumer Behavior. Journal of Business Research, 69(12), 5833–5841. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.04.181

Hakim, I. N., & Nuryanto, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Digital Canon Di Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 1(2), 10–16. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v1i2.118

Ira, L. (2023). 9 Daftar Rumah Sakit Bandung Terbaik dan Biaya Rawat Inapnya. lifepal. https://lifepal.co.id/media/rumah-sakit-bandung/

Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do Social Media Marketing Activities Enhance Customer Equity ? An Empirical Study of Luxury Fashion Brand. Journal of Business Research, 65(10), 1480–1486. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.014

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In L. Albelli (Ed.), Pearson (17 ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (S. Wall (ed.); 15 ed.). Pearson Education Limited.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25–31. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/view/22571/14869

Lachowicz, M. J., Preacher, K. J., & Kelley, K. (2018). A Novel Measure of Effect Size For Mediation Analysis. Psychological Methods, 23(2), 244–261. https://doi.org/10.1037/met0000165

Lahus, A. S., Lamatokan, A. F., Meot, H. S., Niha, S. S., & Watu, E. G. C. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop. ORGANIZE: Journal of Economics, Management and Finance, 2(2), 107–118. https://doi.org/10.58355/organize.v2i2.21

Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers ’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management, 4, 341–370.

Munawaroh, E., & Rianto. (2022). Brand Trust and Customer Loyality in Service Companies Health. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga, 32(1), 93–102. https://doi.org/10.20473/jeba.V32I12022.93

Ogbeibu, S., Jabbour, C. J. C., Gaskin, J., Senadjki, A., & Hughes, M. (2021). Leveraging STARA Competencies And Green Creativity To Boost Green Organisational Innovative Evidence: A Praxis For Sustainable Development. Business Strategy and the Environment, 30(5), 2421–2440. https://doi.org/10.1002/bse.2754

Othysalonika, Muhaimin, A. W., & Faizal, F. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Makanan Sehat di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 6(3), 1134. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.32

Phlanx. (2024). Instagram Engagement Calculator. In Phlanx.com. https://phlanx.com/engagement-calculator

Ramadhan, R., & Nasir, M. (2023). Analysis of the Influence of Social Media Marketing and Price Discounts on Online Purchase Decisions with Brand Trust as an Intervening Variable in the Tik-Tokshop Application in Soloraya. Eka Prasetya Journal of Management Studies, 9(2), 170–182. https://ejurnal.eka-prasetya.ac.id/index.php/MBEP/

Romadhona, D. N., Sudarwati, & Marwati, F. S. (2023). Keputusan Pembelian Online Pengguna Shopee Ditinjau Dari Celebrity Endors, Brnad Trust, dan Online Customer Review: Studi Kasus Pada Pengguna Shopee di Surakarta. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(4), 1015–1022. https://doi.org/10.47476/reslaj.v5i4.2054

Sari, N. A., & Arifin, D. (2021). Analisis Dimensi Brand Trust Terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Pengguna SimCard IM3 Mahasiswa FEBIS Unikarta. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Indonesia, 21(1), 18–33.

Wibowo, J. F., Setyariningsih, E., & Utami, B. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hp Oppo (Studi Pada Konsumen Oppo Di Mojokerto). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(12), 3579–3592.

Zulfikar, A. R., & Mikhriani. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Trusr Pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 1(2), 279–294.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.6834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics