Pembajakan Produk Digital : Studi Kasus Nintendo Switch

Zikri Fadilah, M. Edwin Syah, Muharman Lubis

Abstract


Industri game telah berkembang menjadi salah satu industri hiburan terbesar di dunia. Emulator game memungkinkan pengguna untuk memainkan game-game dari. Salah satu emulator yang menjadi perhatian adalah emulator Yuzu bersifat open-source. Meskipun emulator ini dapat digunakan untuk keperluan riset, namun juga membuka peluang untuk pembajakan game. Nintendo menuntut Yuzu atas pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) karena membuka proses enkripsi perangkat lunak Nintendo dan menyebabkan pembajakan game Switch. Penyebab utama pembajakan melalui emulator adalah kemajuan teknologi, harga game yang tinggi, dan dukungan dari komunitas tertentu. Kasus ini menunjukkan pentingnya melindungi HAKI di industri game dan mencari solusi yang efektif untuk memerangi pembajakan.
Kata Kunci: Pembajakan digital, pelanggaran HAKI, nintendo, emulator yuzu

Full Text:

Download PDF

References


Irawan, V. (2020). Analisis Yuridis Terhadap Pelanggaran Hak Cipta Permainan Video (Video Games) Berupa Pembajakan Secara Online. JIPRO, 3(2). https://doi.org/10.20885/jipro.vol3.iss2.art3

Maratou, V., Ennami, F., Luz, F., Abdullahi, Y., Medeisiene, R. A., Ščiukauskė, I., Chaliampalias, R., Kameas, A., Sousa, C., & Rye, S. (2023). Game-Based Learning in Higher Education Using Analogue Games. International Journal of Film and Media Arts, 8(1). https://doi.org/10.24140/ijfma.v8.n1.04

Yang, Q., Li, Z., Liu, Y., Long, H., Huang, Y., He, J., Xu, T., & Zhai, E. (2019). Mobile Gaming on Personal Computers with Direct Android Emulation. In Proceedings of the 25th Annual International Conference on Mobile Computing and Networking (MobiCom '19). https://doi.org/10.1145/3300061.3300122

Barbier, B. (2014). Video Games and Heritage: Amateur Preservation?. Hybrid Revue des arts et mediations humaines. https://doi.org/10.4000/hybrid.1107

Johansson, C. (2023). Video Game Preservation and Emulation from Three Perspectives: Developers, Archivists and Gamers. SH DiVa.

Peitz, M., & Waelbroeck, P. (2006). Piracy of digital products: A critical review of the theoretical literature. Information Economics and Policy, 18(4), 449-476.

Kamal, M., & Vogel, X. (2020). THE LEGALITY AND MORALITY OF VIDEO GAME EMULATION. Proceedings of the Southern Association for Information Systems Conference.

Safitra, M. F., Lubis, M., & Fakhrurroja, H. (2023). Counterattacking Cyber Threats: A Framework for the Future of Cybersecurity. Sustainability, 15(18), 13369. https://doi.org/10.3390/su151813369

Situmeang, S. M. T. (2020). CYBER LAW. Bandung: CAKRA.

Nintendo of America Inc. v. Tropic Haze LLC, No. 1:24-cv-00082-JJM-LDA, COMPLAINT JURY DEMAND. (D.R.I. Feb. 26, 2024)




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.6860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics