Strategi pemasaran di Desa Wisata Pasar Kamu Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang dengan Metode SWOT

Rizki Abdila, Fahmi Sulaiman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi apa yang tepat untuk meingkatkan promosi dan pemasaran serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke objek wisata Pasar Kamu Denai Lama melalui pendekatan analisis SWOT dengan melibatkan faktor internal dan eksternal. Tehnik pengumpulan data melalui Observasi lapangan, wawancara, dan kuesioner yang ditujukan kepada pengunjung objek wisata ataupun mereka yang pernah datang untuk berkunjung ke Pasar Kamu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menganalisis menggunakan matriks IFAS, matriks EFAS, Matriks IE, matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pasar Kamu berada pada kuadran I, strategi yang cocok adalah strategi memanfaatkan peluang yang ada dengan mendukung kebijakan pertumbuhan (Growth oriented strategy). Disini pengelola wisata bisa memanfaatkan sumber daya yang ada seperti alam dan potensi wisata lainnya, selain itu juga penegelola harus mampu bersaing dan bertahan di tengah semakin banyaknya objek-objek wisata baru yang serupa. Maka dari itu Pasar Kamu harus mampu mempunyai ide-ide dan inovasi baru diantaranya melalaui promosi di berbagai platform digital agar objek wisata nya mampu dan bisa dikenal oleh masyarakat luas sehingga tetap mampu bertahan dan memanfaatkan peliuang yang ada dengan sebaik mungkin agar tetap bisa menjadi yang terbaik diantara objek wisata serupa lainnya.


The aim of this research is to formulate appropriate strategies to increase promotion and marketing and increase tourist visits to the Kamu Denai Lama Market tourist attraction through a SWOT analysis approach involving internal and external factors. Data collection techniques include field observations, interviews and questionnaires aimed at visitors to tourist attractions or those who have come to visit your market. The research method used is descriptive qualitative by analyzing using the IFAS matrix, EFAS matrix, IE matrix, SWOT matrix. The research results show that your market is in quadrant I, a suitable strategy is a strategy to take advantage of existing opportunities by supporting growth policies (Growth oriented strategy). Here, tourism managers can utilize existing resources such as nature and other tourism potential, apart from that, managers must also be able to compete and survive amidst the increasing number of new and similar tourist objects. Therefore, your market must be able to have new ideas and innovations, including through promotions on various digital platforms so that the tourist attraction can be recognized by the wider community so that it can survive and make the best use of existing opportunities so that it can remain the best. among other similar tourist attractions.

References


Asnur, L. (2022). Strategi Pengembangan Sarana dan Prasarana di Daya Tarik Wisata Puncak Tonang Kabupaten Pasaman. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 6(2), 211-218.

Bakri, E., & Negara, T. L. P. W. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Objek Wisata Waterpark Baradatu. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(6), 89-98.

Dewi, P. J. S., Fahmi, M. I., Herachwati, N., & Agustina, T. S. (2022). Perumusan strategi pengembangan desa wisata Tritik kabupaten Nganjuk berbasis analisis SWOT. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(1), 193-203.

Friyani, W., & Henmaidi, H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Di Era New Normal Pada Biro Perjalanan Wisata Di PT. Bintang Jelajah Wisata Bukittinggi. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 2(2), 371-378.

Irianto, D. A. I. (2022). Strategi pengembangan objek wisata tlogo land masa pandemi covid-19/DWIKKY ALFANDI IRIANTO (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang.

Lagalo, A. M. (2021). Potensi Wisata Curung Indah Tegalrejo Gunung Kidul Yogyakarta dengan Pendekatan Analisis SWOT. Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP), 3(1), 1-11.

Maghfiroh, M. F. N., Janari, D., & Purnomo, M. R. A. (2022). Analisis SWOT Untuk Digitalisasi Strategi Pemasaran Usaha Kecil Dan Menengah Kerajinan Bambu. Journal of Appropriate Technology for Community Services, 3(2), 1-11.

Mirayani, N. K. S., Paristha, N. P. T., & Octaviana, N. K. R. (2023). StrategiPengembangan Desa Wisata Kerta Kabupaten Gianyar Provinsi Bali dalam New Normal Era. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(1), 18-31.

Sasmita, Y., Prihantini, C. I., Nursalam, N., Musoffan, M., & Darwis, D. (2022). Analisis Strategi Pengembangan dengan Analisis Swot sebagai Kawasan Wisata Unggulan Daerah (Studi Kasus Kawasan Wisata Jumiang Kabupaten Pamekasan). Mimbar Agribisnis, 8(1), 319-335.

Saputra, G. A., & Nuryani, N. N. J. (2023). Analisis SWOT sebagai Penentu Strategi Pemasaran dalam Memenangkan Persaingan pada Usaha Ambara Fruits Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan. JNANA SATYA DHARMA, 11(1).




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.6957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics