Pengaruh Reputasi Kolektif, Label Produk, Iklan Media Sosial, Reputasi Merek Dan Keterikatan Emosional Pada Produk Air Mineral

Muhammad Alwi Abdilla, Kurniawati Kurniawati

Abstract


Penelitian ini menginvestigasi pengaruh Reputasi Kolektif, Label Produk, dan Iklan Media Sosial terhadap Reputasi Merek dan Keterikatan Emosional pada produk air mineral kemasan. Dalam penelitian ini, reputasi kolektif dan iklan media sosial diidentifikasi sebagai faktor penting yang berperan dalam mempengaruhi persepsi positif konsumen terhadap merek air mineral kemasan. Penelitian ini melibatkan 210 konsumen aktif yang secara rutin mengkonsumsi air mineral kemasan dan aktif menggunakan media sosial. Data yang dikumpulkan dari para responden dianalisis menggunakan model persamaan struktural (SEM) dengan bantuan software AMOS untuk memahami hubungan antara variabel-variabel tersebut.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Reputasi Kolektif, Iklan Sosial media secara signifikan berpengaruh terhadap Reputasi Merek dan reputasi ini tinggi sehingga mempengaruhi Keterikatan Emosional. sebagai hasilnya, mempengaruhi positif terhadap minat beli konsumen. Temuan ini menyoroti pentingnya memperkuat collective reputation, memperhatikan product label yang jelas, dan mengoptimalkan media sosial advertising untuk meningkatkan persepsi merek dan hubungan emosional dengan konsumen. Implikasi teoritis dan praktis dari penelitian ini menyarankan perusahaan air mineral kemasan untuk meningkatkan strategi pemasaran yang menekankan pada reputasi merek kolektif, efektivitas kampanye media sosial guna mendukung keputusan pembelian yang lebih baik.

Full Text:

Download PDF

References


Adawiyah, D. R., Rakhmadani, A., & Lince, L. (2023). Pengaruh Informasi Produk dan Harga terhadap Urutan Kesukaan Produk Susu Cokelat Siap Minum pada Konsumen Anak-Anak. Jurnal Mutu Pangan : Indonesian Journal of Food Quality, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.29244/jmpi.2023.10.1.1

Agmeka, F., Wathoni, R. N., & Santoso, A. S. (2019). The influence of discount framing towards brand reputation and brand image on purchase intention and actual behaviour in e-commerce. Procedia Computer Science, 161, 851–858. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.192

Ahmadi, A., & Ataei, A. (2024). Emotional attachment: a bridge between brand reputation and brand advocacy. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 16(1), 1–20. https://doi.org/10.1108/APJBA-11-2021-0579

Akbar, M. F., Wijoyo, H., & Wibowo, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Alfamart Pada Toko Alfamart Cabang Cikokol. Economics, Business and Management Science Journal, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.34007/ebmsj.v1i1.9

Aprilianti, O., & Wibowo, S. (2019). Analisis Iklan Pada Media Sosial Instagram Dan Reputasi Merek Terhadap Minat Beli Pada Indihome Buah Batu Kota Bandung Tahun 2019.

Aprilola, R., Alza Az-Zahra, T., & Riorini, S. V. (2024). Pengaruh Emotional Brand Attachment Dan Brand Love Dalam Transisi Dari Kepuasan Menjadi Loyalitas Pada Produk Fast Fashion Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 2024(4), 755–765. https://doi.org/10.5281/zenodo.10531188

Audric Genacius Cokro, J., & Kurniawati. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Brand Apparel Lokal Di Instagram Terhadap Purchase Intention Generasi Z Dengan Customer Trust Dan Perceived Value Sebagai Mediasi. 12(3), 2621–0444. https://journal.unigres.ac.id/index.php/GemaEkonomi/index

Aulia, M., Aswad, M., Ekonomi Syariah, J., Ekonomi dan Bisnis Islam, F., & Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, U. (2022). Pengaruh Islamic Branding, Label BPOM Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Milenial Pada Produk Kosmetik Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4).

Bian, X., & Haque, S. (2020a). Counterfeit versus original patronage: Do emotional brand attachment, brand involvement, and past experience matter? Journal of Brand Management, 27(4), 438–451. https://doi.org/10.1057/s41262-020-00189-4

Bian, X., & Haque, S. (2020b). Counterfeit versus original patronage: Do emotional brand attachment, brand involvement, and past experience matter? Journal of Brand Management, 27(4), 438–451. https://doi.org/10.1057/s41262-020-00189-4

Fakhrus Sanny, A., & Hoyyi, A. (2015). Implementasi Metode Lean Six Sigma Sebagai Upaya Meminimalisasi Cacat Produk Kemasan Cup Air Mineral 240 Ml (Studi Kasus Perusahaan Air Minum). 4(2), 227–236. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/gaussian

Firmansyah Luthfi, Oktrisia Ni Komang, & Meyrandani Nisrina. (2023). Peran Masyarakat Akar Rumput dalam Menangani Permasalahan Sampah Galon Sekali Pakai (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.2

Haniif Novel, A., Victor Kamanda, S., & Hermansyah, T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Aqua (Studi Pada Pelanggan Sinar Mart Jalan R Soeprapto Batam) (Vol. 1, Issue 1).

Hayana, P., Puspita Sari, N., Mauludi, Ti., & Hang Tuah Pekanbaru, U. (2023). Health Education: Clean and healthy living behavior by implementing drinking 8 glasses of mineral water per day at Public Elementary School 7. In ARSY :Aplikasi Riset kepada Masyarakat (Vol. 4, Issue 1). http://journal.al-matani.com/index.php/arsy,

HERMAWAN, N. W., & Soepatini. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Corporate Reputation Yang Dimediasi Oleh Brand Image Pada Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Le Mineral Di Surakarta. 1–21.

Herudiansyah, Gumar., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak. Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Desa Tebedak Ii Kecamatan Payaraman Ogan Ilir, 2, 1–6.

Ji, C., Mieiro, S., & Huang, G. (2022). How social media advertising features influence consumption and sharing intentions: the mediation of customer engagement. Journal of Research in Interactive Marketing, 16(1), 137–153. https://doi.org/10.1108/JRIM-04-2020-0067

Levy, S., & Hino, H. (2016). Emotional brand attachment: a factor in customer-bank relationships. International Journal of Bank Marketing, 34(2), 136–150. https://doi.org/10.1108/IJBM-06-2015-0092

Liu, D., & Varki, S. (2021). The spillover effect of product recalls on competitors’ market value: The role of corporate product reliability. Journal of Business Research, 137, 452–463. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.08.047

Neeman, Z., Ory, A., & Yu, J. (2019). The benefit of collective reputation. In Journal of Economics (Vol. 00, Issue 00). www.ama.org/resources/pages/dictionary.aspx.

Oxi, M., Tarailu, D., Sampaga, K., & Fajariani, N. (2022a). Strategi Pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merk Mox Pada Toko. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1).

Oxi, M., Tarailu, D., Sampaga, K., & Fajariani, N. (2022b). Strategi Pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merk Mox Pada Toko. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1).

Panca Putra, P., & Kurniawati. (2023). Pengaruh Pengalaman Merek Pada Kepuasan, Ketidakpastian Dan Loyalitas Merek: Fokus Pada Industri Sneakers. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 903–914. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15613

Rahmadhani, A. V., & Widodo, A. (2023). Pengaruh Green Brand Image, Green Brand Trust, Green Brand Awareness Dan Green Brand Satisfaction Terhadap Purchase Intention Pada Konsumen Air Mineral Merek Aqua. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 14(3), 393–405. https://doi.org/10.33059/jseb.v14i3.3891

Ramadhani, M., Studi Administrasi Bisnis, P., & Timur, J. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua (Vol. 11, Issue 2).

Rust, R. T., Rand, W., Huang, M. H., Stephen, A. T., Brooks, G., & Chabuk, T. (2021). Real-Time Brand Reputation Tracking Using Social Media. Journal of Marketing, 85(4), 21–43. https://doi.org/10.1177/0022242921995173

Sánchez-Fernández, R., & Jiménez-Castillo, D. (2021). How social media influencers affect behavioural intentions towards recommended brands: the role of emotional attachment and information value. Journal of Marketing Management, 37(11–12), 1123–1147. https://doi.org/10.1080/0267257X.2020.1866648

Shi, F., Gu, Q., & Zhou, T. (2024). Understanding brand reputation: a case study of Chinese wineries. International Journal of Contemporary Hospitality Management. https://doi.org/10.1108/IJCHM-07-2023-1057

Syastra, M. T., & Wangdra, Y. (2018). Analisis Online Impulse Buying dengan menggunakan Framework SOR. JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, 8(2), 133. https://doi.org/10.21456/vol8iss2pp133-140

Utami, D. P., & Trifiyanto, K. (2022). Pengaruh Product Features, Advertising Attractiveness, dan Celebrity terhadap Keputusan Penggunaan Platform Media Sosial Tiktok. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (Vol. 4, Issue 1). https://jurnal.universitasputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index

Virgo Dinata, V., Tjong, ), Fung, S., & Sutisna, N. (2019). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Le-Minerale Pada Toko Retail Kota Tangerang (Studi Kasus Di Pt. Laris Food Indonesia) (Vol. 17, Issue 3). https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/ds

Yu, C., Wang, T., & Gu, X. (2022). Collective reputation cognition, network competence and enterprise innovation performance. Management Decision, 60(3), 567–588. https://doi.org/10.1108/MD-10-2019-1420




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics