Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Jajanan Pasar pada Generasi Gen Z

Filma Festivalia, Haryo Wicaksono, Alda Chairani

Abstract


Perkembangan industri jajanan pasar di Indonesia menunjukkan potensi besar di kalangan Generasi Z, khususnya mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian jajanan pasar di kalangan mahasiswa Generasi Z di Institut Pariwisata Trisakti. Pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda digunakan untuk menguji hubungan antara dua variabel independen (kualitas produk dan harga) dengan variabel dependen (keputusan pembelian). Sampel penelitian terdiri dari 150 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (p < 0,05). Kualitas produk, terutama rasa, bahan, dan penampilan, menjadi faktor utama yang dipertimbangkan Gen Z, sementara harga yang wajar menjadi pertimbangan penting bagi mahasiswa dengan anggaran terbatas. Berdasarkan hasil ini, disarankan bagi produsen untuk meningkatkan kualitas produk dan menawarkan harga yang kompetitif serta promosi menarik. Mahasiswa sebaiknya bijak dalam memilih jajanan pasar yang berkualitas dan sesuai dengan anggaran, serta aktif memberikan umpan balik untuk mendukung keberlanjutan produk lokal.

Kata kunci: kualitas produk, harga, keputusan pembelian, Generasi Z, jajanan pasar.

Full Text:

Download PDF

References


Andriyanty, R., & Wahab, D. (2019). Preferensi Konsumen Generasi Z Terhadap Konsumsi Produk Dalam Negeri. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 280-296

Arifin, A., Basalamah, M. R., & Rizal, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Jajanan Lumpur Arab Legenda di Kota Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02).

Dani, R., Firayanti, Y., & Wulansari, F. (2024). Analisis Penggunaan E-Commerce Shopee terhadap Perilaku Konsumtif pada Generasi Z (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nadhlatul Ulama Kalimantan Barat). Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi, 1(8), 561-580. DOI: https://doi.org/10.62335

Ginanjar, S. E., Shalsabila, D., Noviawati, R., & Faturohman, R. (2024). Keputusan Pembelian Pada Generasi Z ditinjau dari Endorsement. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 255-260. DOI: https://doi.org/10.61722/jiem.v2i2.960

Harsana, M., & Triwidayati, M. (2020). Potensi Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner di DI. Yogyakarta. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana FT UNY, 15(1), 1-24.

Kerti, E. P. (2024). Hubungan Antara Pengetahuan dengan Keputusan Pembelian Kue Tradisional Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Boga. Advances in Social, 2(3), 427-435.

Khairullah, M. (2020). Analisis Pengaruh Variabel Demografis Terhadap Minat Beli Jajanan Tradisional di Kecamatan Kraton Yogyakarta. IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 5(1), 15-31.

Lestari, P. I., & Supriyanto, A. (2022). Keputusan Pembelian Mi Samyang Pada Generasi Z: Ditinjau dari Labelisasi Halal, Halal Awareness, Harga, dan Promosi. Journal of Current Research in Business and Economics, 1(2), 12-22.

Malini, H. (2021). Gaya Konsumsi dan Perilaku Konsumen Generasi Z di Warung Kopi. Prosiding Seminar Nasional SATIESP, 34-44.

Mayasari, I., Sugeng, N. W., & Ratnaningtyas, H. (2021). Peran Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Milenial: Studi Jajanan Tradisional. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 5(2), 135-147.

Montoh, Z. G., & Muskita, S. M. W. (2024). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Ringan Pada Kantin Universitas Victory. Jurnal Ilmiah Multidisplin Terpadu, 8(7), 715-720.

Nugraha, I. N. P., Harta, I. M. B., Haditya, K. R., Dewi, N. M. D. C., & Susanto, P. C. (2021). Persepsi Konsumen Milenial dan Generasi Z Terhadap Eksistensi Terang Bulan Mini Sebagai Produk Jajanan Alternatif. Prosiding Sintesa, 4, 313-318.

Putri, N. M. E., & Sudaryanto, B. (2022). Analisis Pengaruh Price Discount dan Daya Tarik Iklan Pada Aplikasi E-Wallet Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Generasi Z (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(2), 1-13.

Salsabila, A. A., & Hana, K. F. (2023). Preferensi Konsumen Muslim: Eksistensi Makanan Halal Modern Terhadap Minat Beli Jajanan Tradisional pada Generasi Muda. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 22(2), 238-246.

Satoto, E. B., Fatmawati, E., Maulina, L., Firdaus, A., & Anwar, H. (2023). Strategi Pemasaran Pada Bulan Ramadhan: Pembelajaran Dari Pedagang Pasar Tradisional. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 568-581.

Wardani, K. A., Helminaroza., & Nurfaizah, I. (2022). Tren Makanan Sebagai Dampak Globalisasi Terhadap Pertukaran Budaya. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3(0), 445-448.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics