Analisis Komparatif Kegiatan Mengajar Dosen Akuntansi Melalui Learning Management System dan Zoom Meeting di Masa Pandemi Covid-19

Imarotus Suaidah, Beby Hilda Agustin, Putri Awalina

Sari


Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis perbandingan kegiatan mengajar menggunakan media pembelajaran melalui Learning Management System yang dimiliki oleh perguruan tinggi dengan media pembelajaran melalui Zoom Meeting. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif dimana membandingkan 2 media pembelajaran online. Populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria mahasiswa yang proses pembelajaran online menggunakan Learning Management System (LMS) dan Zoom Meeting. Sehingga didapat sampel penelitian yaitu mahasiswa semester 2 program studi akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri. Instrumen data penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik analisa data penelitian menggunakan uji t independen sample t test.

Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2 tailed) = 0,408> 0,05. Karena nilai signifikansi > 0,05 memiliki arti Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini mempunyai arti tidak ada perbedaan kegiatan mengajar dosen akuntansi menggunakan media pembelajaran LMS dan Zoom Meeting. Nilai rata-rata kegiatan mengajar dosen akuntansi menggunakan media pembelajaran LMS sebsar 24, 21, sedangkan nilai rata-rata kegiatan mengajar dosen akuntansi menggunakan media pembelajaran Zoom Meeting sebesar 24,48. Hal ini dikarenakan baik LMS maupun Zoom Meeting memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa saling melengkapi apabila keduanya digabungkan penggunaannya. Kelebihan Zoom Meeting menyediakan ruang kelas online yang seakan-akan menggantikan proses pembelajaran di ruang kelas offline seperti diskusi interaktif antara dosen dengan mahasiswa dapat diterapkan dengan mengembangkan fitur video conference pada LMS yang dibuat perguruan tinggi, sehingga pembelajaran online dapat lebih efektif mencapai tujuan pembelajarannya.

 

 

Kata Kunci: Kegiatan mengajar, Learning Management System, Zoom Meeting


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adris Setiani (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).

Firman., & Sari Rahayu Rahman. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 02(02), 81-89. doi: 10.31605/ijes.v2i2.659

Gautama, Muhammad Shapiq, Insan Kamil dan Neng Ayu Rahmawati (2020) Analisis Kinerja Dosen Akuntansi Dalam Mengajar Terhadap Mahasiswa Politeknik Negeri Tanah Laut Menggunakan Metode Trend. Jurnal Riset Akuntansi Politala Vol.3 No.1

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. doi: 10.24252/asma.v2i1.13646

Putra Permana Nugraha. (2020). Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom Dan Whatsapp Group Di Era New Normal Pada Warga Belajar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insani. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 7 (2), 162-177. doi: 10.21831/jipsindo.v7i2.34939

Putri H., R., & Wulandari, T. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media E-Learning Dalam Mencapai Pemahaman Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Common, 4(2), 171-190. doi:10.34010/common.v4i2.4436

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta.

Republik Indonesia. (2020). Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (covid-19) Sebagai Bencana Nasional. Jakarta: Keppres.

Setiawan, Dwi Lara, Siti Endang Astuti dan Riyadi (2015) Pengaruh penggunaan e-learning terhadap kinerja dosen dalam kegiatan mengajar. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1., No. 1

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2

Sutini et al. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan E-learning Madrasah Terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 124-136. doi:10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1009

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter