Kualitas Layanan dan Harga Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian

Syamsul Alam, Faradilla Aslia A, Bustam Bustam

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengkaji pengaruh dari kualitas layanan dan harga terhadap keputusan pembelian pada toko Ramayana MTC Karebosi Makassar. Penelitian ini mengambil data dengan menyebar kuesioner kepada 96 orang pengunjung toko Ramayana MTC Karebosi Makassar yang melakukan transaksi pembelian. Data dalam penelitian yang berhasil dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode regresi berganda dengan beberapa tahapan analisis seperti uji validitas, reliabilitas, uji liniearitas, uji normalitas. hipotesis yang diajukan dalam studi ini akan dibuktikan dengan melihat hasil uji koefisien determinasi, uji simultan (uji-f) dan uji parsial (uji-t). studi ini menunjukkan kualitas layanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pada Toko Ramayana MTC Karebosi Makassar. Harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pada Toko Ramayana MTC Karebosi Makassar. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian adalah harga produk, maka disarankan agar perlunya memerhatikan harga pesaing, hal ini dimaksudkan agar pelanggannya semakin banyak serta memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Pembelian

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriyanti, P., Surya, D., & Lutfi, L. (2017). Analisis Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Empirik Nasabah Tabungan Tandamata Bank BJB Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(2).

Asdi, A., & Putra, A. H. P. K. (2020). The Effect of Marketing Mix (4P) on Buying Decision: Empirical Study on Brand of Samsung Smartphone Product. Point Of View Research Management, 1(4), 121–130.

Bilgin, Y. (2018). The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148.

Dauvergne, P. (2017). Is the power of brand-focused activism rising? The case of tropical deforestation. The Journal of Environment & Development, 26(2), 135–155.

Fitri, M. (2013). Pengaruh Perputaran Piutang Usaha dan Perputaran Persediaan Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar Di BEI. Universitas Negeri Padang.

Foroudi, P. (2019). Influence of brand signature, brand awareness, brand attitude, brand reputation on hotel industry’s brand performance. International Journal of Hospitality Management, 76, 271–285.

Fournier, S., & Avery, J. (2011). The uninvited brand. Business Horizons, 54(3), 193–207.

Keller, K. L., & Brexendorf, T. O. (2019). Measuring brand equity. Handbuch Markenführung, 1409–1439.

Kurniawaty, E. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan dan Tarif Premi terhadap minat beli yang berdampak pada kepuasan pelanggan di PT Asuransi Cigna Jakarta. Jurnal Kreatif Pemasaran, Sumber Daya Manusia Dan Keuangan, 5.

Ramesh, K., Saha, R., Goswami, S., & Dahiya, R. (2019). Consumer’s response to CSR activities: Mediating role of brand image and brand attitude. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 26(2), 377–387.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2005). Comportamiento del consumidor. Pearson educación.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Themba, O. S. (2021). Online buying impulse: via shopping, sales promotion and trust. Point Of View Research Management, 2(1), 19–25.

Wen, I. (2009). Factors affecting the online travel buying decision: a review. International Journal of Contemporary Hospitality Management.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.1013

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter